Kejadian dipecatnya James Gunn dari kursi sutradara Guardians of the Galaxy Vol. 3 membuat banyak fans terkejut. Mereka tidak menyangkan hal tersebut akan terjadi. Hal ini membuat kursi sutradara untuk film tersebut  menjadi “tidak berpenghuni”. Padahal, Gunn sudah menyelesaikan seluruh naskah skrip untuk film tersebut dan akan memulai proses shooting pada Januari 2019 yang kemudian akan dirilis sesuai jadwal yaitu pada tahun 2020.

Dengan kesuksesan dari franchise Guardians of the Galaxy, mencari pengganti sosok Gunn secepat mungkin harus menjadi prioritas bagi Disney. Tapi, tentu saja mencari pengganti Gunn dengan cepat mungkin bukan sebuah pekerjaan mudah. Apalagi, James Gunn selalu merahasiakan berbagai karakternya, yang artinya tidak ada satupun penulis Marvel lain yang mengetahui dialog untuk film ini. Mengganti sosok Gunn juga bisa jadi menimbulkan berbagai pendapat khususnya dari para fans. Jika memang harus diganti, siapa saja sutradara yang bisa menggantikan James Gunn?


Taika Waititi


Sutradara film Thor: Ragnarok ini bisa menjadi kandidat kuat yang bisa menggantikan posisi James Gunn di kursi sutradara film GOTG.  Kaya humor dan gaya yang fantastis menjadi salah satu kelebihan dari seorang Taika Waititi. Hal ini bisa dilihat dari kesuksesan film Thor: Ragnarok. Film ini merupakan film Thor tersukses dari trilogi film Thor dengan mengumpulkan pendapatan kotor 850 juta Dollar Amerika dari budget yang disediakan sebesar 180 juta Dollar Amerika.

Para cast dari Thor: Ragnarok dan para kru pun senang bisa bekerja dibawah arah seorang Taika Waititi. Dengan keakraban yang pernah dia buat dengan semua elemen di film Thor: Ragnarok, dia juga bisa membawa keakraban tersebut ke film GOTG yang tentunya sangat terguncang dengan hilangnya sosok James Gunn.  Sebagain pasti menginginkan sosok pengganti Gunn, haruslah mampu menirukan apa yang sudah dilakukan oleh Gunn. Tapi, Waititi adalah seorang yang memiliki keinginan yang kuat dan percaya diri. Dia bisa saja sudah memiliki ide untuk GOTG Vol. 3 nanti. Lebih jauh, Chris Hemsworth dan Taika sudah berbicara banyak tentang keinginan mereka untuk membuat film keempat Thor secara bersama.


Emily Carmichael


Mari kita anggap Taika Waititi tidak mampu atau tidak bisa untuk mengganti posisi Gunn. Pilihan lainnya bisa kita berika kepada Emily Carmichael, yang pernah dipertimbangkan untuk menjadi sutradara Captain Marvel. Meskipun Carmichael belum pernah menjadi sutradara film blockbuster buatan Marvel, karya film pendeknya pernah mendapatkan berbagai penghargaan dan film-filmnya tersebut mendapatkan kritikan positif.

Dia pernah menulis untuk beberapa film besar seperti, Pacific Rim Uprising dan Jurassic World 3.  Dalam sebuah wawancara dengan majalah Variety, Carmichael menyebutkan bahwa dia sedang mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari film yang dia impikan selama ini. Apakah itu film Marvel? Kita masih belum tahu.


Michelle MacLaren


Setelah Tika Waititi dan Emily Carmichael, nama yang bisa menggantikan James Gunn adalah Michelle Maclaren, yang juga pernah disebut-sebut akan menukangin film Captain Marvel. MacLaren dulu adalah sutradara film Wonder Woman sebelum akhirnya tugas tersebut diambi alih oleh Patty Jenkins. Dia pernah muncul di TV series Breaking Bad dan Game of Thrones. Maclaren juga pernah bekerja sama dengan Chriss Pratt untuk film Cowboy Ninja Viking. Jadi, dia bisa masuk ke dalam list pengganti Gunn.


Peyton Reed


Marvel mungkin juga mempertimbangkan orang yang pernah memiliki sejarah mengerjakan film Marvel sebelumnya. Selain Waititi, sutradara film Ant-Man, Peyton Reed bisa menjadi pilihan lain. Peyton Reed selalu menyisipkan humor-humor yang ringan dan segar yang mirip dengan apa yang ditampilkan di GOTG.

Peyton berhasil “membangkitkan” kembali film Ant-Man setelah sebelumnya film ini ditinggalkan oleh Edgar Wright. Sayangnya, film Ant-Man and The Wasp gagal mendapatkan pujian dari para penonton domestic yang mengindikasikan akan yang dilakukan Reed, mungkin tidak sama dengan apa yang diharapkan oleh para penonton Marvel. Menunjuk Peyton Reed mungkin akan menjadi sebuah perjudian besar bagi GOTG 3.


Nama Lain?


Marvel mungkin memang menjadi orang yang mampu memadukan antara humor dan aksi yang keren. Jika begitu, sutradara Kingsman, Matthew Vaughn bisa jadi salah satunya, meskipun rasanya sangat sulit untuk menyamakan tone yang sudah dibuat oleh Marvel dengan karya Kingsman miliknya. Tapi, jika dilihat dari film Kingsman, dia mampu menyeimbangkan antara humor dan berbagai adegan yang membuat jantung berdegup kencang. Dia juga pernah menjadi sutradara untuk film X-Men: First Class.

Kemungkinan yang sama juga juga bisa diberikan kepada Jordan Vogt-Roberts. Dia merupakan sutradara dari film Kong: Skull island. Tapi, sayangnya dia sudah berkomitmen untuk menggarap film Metal Gear Solid. Jadi, rasanya sulit untuk memasukan nama Vogt-Roberts ke dalam list.

Nama selanjutnya adalah, Jennifer Yuh Nelson, seorang artist storyboard yang melakukan debut sutradaranya di film Kung Fu Panda 3. Nelson juga mendapatkan kesempatan untuk menggarap film live-action Darkest Minds. Nama terakhir adalah Gary Ross. Dia juga memiliki banyak pengalaman untuk menggarap film-film bertema komedi dan aksi. Karya terbarunya adalah Oceans Eight yang sudah dirilis pada 8 Juni lalu.

Yang paling penting bagi pengganti James Gunn nanti adalah sutradara tersebut harus paham bahwa Guardians of the Galaxy bukanlah film Marvel biasa. Film ini bisa menjadi film yang bisa menentukan masa depan dari MCU. Tapi, menjadi bagian dari Marvel tentunya akan menaikan pamor dari nama orang tersebut dan menjadi sebuah pilihan yang bagus.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.