Geeks tentunya sudah tahu mengenai kabar yang mengejutkan hari ini, tentang sutradara dari Guadrians of the Galaxy, James Gunn. yang dipecat oleh Disney dan Marvel. Hal ini mengagetkan banyak kalangan termasuk para fans Marvel. Mereka tidak menyangka bahwa hal seperti ini akan terjadi kepada sutradara yang berhasil membawa GOTG ke jalur kesuksesan.

Deadline melaporkan. James Gunn kemudian membuat sebuah pernyataan terbaru tentang pemecatannya dari sutradara GOTG Vol. 3. Dia menyatakan bahwa dia berusaha provokatif dan dia sangat kaget melihat reaksi orang-orang. Sang sutradara kemudian meminta maaf atas kesalahannya tersebut dan mengatakan bahwa cuitan tersebut tidak merefleksikan dia secara personal.

“kata-kataku (cuitan) dari hampir satu dekade lalu, benar-benar kesalahan dan sebuah usaha provokatif yang tidak baik. Aku sudah menyesal mengenai hal tersebut sedari dulu, bukan hanya cuitan tersebut sangat bodoh, tapi juga sangat tidak lucu, sangat tidak sensitif, dan tentunya bukan provokatif yang aku harapkan, tapi juga karena cuitan tersebut tidak mencerminkan diri saya secara personal hari ini atau beberapa waktu yang lalu.”

Selain meminta maaf dia juga mengatakan dia mengerti dan menerima keputusan yang dibuat oleh Marvel Studios dan Disney hari ini. Gunn menyebutkan dia bertanggung jawab penuh untuk semua perbuatannya beberapa waktu lalu dan berjanji akan menjadi orang yang lebih baik lagi di mata publik mulai sekarang. Gunn juga menyebutkan dia akan memperjuangkan hak kesetaraan.

terlepas dari apa yang sudah terjadi, aku mengerti dan menerima keputusan bisnis yang diambil hari ini. Bahkan setelah beberapa tahun kemudian, aku bertanggung jawab penuh untuk apa yang aku lakukan dahulu.  Yang aku bisa lakukan sekarang, selain meminta maaf dari hati yang terdalam, adalah berusaha menjadi diri yang terbaik, menerima, mengerti, berkomitmen pada kemerataan, dan berpikir lebih jauh tentang pernyataan umum diriku dan obligasi diriku untuk kepentingan publik. Untuk semua yang berada di dalam industry saya dan diluar industri ini, sekali lagi aku minta maaf. Cinta untuk semua.

James Gunn hari ini diberhentikan oleh Disney dan Marvel Studios perihal apa yang dia cuitkan di akun Twitter pribadinya, pada hampir sedekade yang lalu. Cuitan tersebut diangkat kembali oleh para konservatif sayap kanan, yang sudah merasa kesal dengan James Gunn yang selalu menyerap GOP dan presiden Donald Trump. Diantara puluhan cuitan masa lalunya tersebut juga ada cuitan yang mengandung lelucon yang menjurus kepada pemerkosaan, pefodil, dan homophobia.

Menanggapi hal tersebut Chairman Walt Disney Studios, Alan Horn, kemudian mengumumkan kalau James Gunn sudah berhenti dari proyek film GOTG Vol. 3. Disney juga sudah membuat sebuah pernyataan yang diungkapkan langsung oleh Horn.

sikap ofensif dan pernyataan yang ditemukan pada feed miliki James merupkan hal yang  tidak bisa ditolerir dan sangat berlainan dengan nilai yang dimiliki oleh Studio, dan kami sudah memutus kontrak bisnis dengan yang bersangkutan.

Gunn merupakan salah satu pengkritik Donald Trump yang paling lantang dan keras. Ketika dia tidak setuju dengan keputusan yang dibuat oleh Trump, dia akan membicarakannya seharian. Dia juga sempat dikritik oleh para penonton dan fans-nya karena terlalu terbawa arus politik. Masih belum diketahui siapa yang akan menggantikan Gunn untuk saat ini. Masih belum diketahui juga apa dampak untuk film GOTG kedepannya. Tahun depan film ini akan memulai proses produksi untuk perilisan tahun 2020. Ceritanya juga masih dalam tahap pengembangan, kemungkinan dalam beberapa waktu kedepan kita bisa mendapatkan informasi mengenai hal ini.

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.