Legendary Pictures memang tidak asing untuk memproduksi berbagai film-film besar dan juga memproduksi film-film yang menghasilkan franchise yang luar biasa ke layar lebar. Contohnya adalah trilogi Jurassic World dan juga berbagai cerita dari dunia monster seperti Godzilla dan Kong : Skull Island. Dan sekarang, Legendary Pictures saat ini sedang bersiap untuk proyek terbarunya.

Berdasarkan pengumuman dari acara Anime Expo 2018 kemarin di Los Angeles, California, Sunrise dan Legendary Pictures akan bekerja sama untuk memproduksi franchise sci-fi yang sangat terkenal di Jepang dan di seluruh dunia, Gundam. Mereka akan mengumumkan akan mengembang sebuah film Live-action berdasarkan adaptasi franchise tersebut. Detail ceritanya sendiri masih dirahasiakan. Cale Boyter dari divisi kreatif Legendary Pictures akan menjadi pengawas proyek gabungan ini.

Franchise Gundam sendiri sudah dimulai sejak tahun 1979. Karena kepopuleran yang sangat luar biasa, membuat gundam menghasilkan puluhan miliar dolar untuk berbagai bentuk merchandise dan juga berbagai lisensi seperti TV Shows, manga, game, plastic model, mainan, novel, dan juga berbagai bentuk media lainnya. Bahkan, Gundam juga muncul sebagai cameo dalam film karya Steven Spielberg yang penuh denga budaya kultur pop, Ready Player One.

Secara teknis, film ini bukan usaha pertama dari Hollywood untuk membawa seri Gundam ke layar lebar. Hollywood memiliki kisah yang panjang dalam usaha mengangkat cerita Gundam ke industry Hollywood ini. Kemunculan mecha ikonik, RX-78-2, dalam film Ready Player One bisa dibilang menjadi debut Gundam di industry film barat. Tapi, ini merupakan sebuah langkah yang besar untuk sebuah seri yang paling populer di seluruh dunia, yang mungkin akan menjadi pekerjaan yang berat untuk Legendary dan Sunrise.

Selain membuat film dengan tema dunia monster, Legendary juga sudah berpengalaman dalam membuat film bertema robot. Seperti yang sudah kita tahu, Legendary sukses dengan film robot raksasa Pacific Rim dan juga sekuelnya. Dengan pengalaman tersebut, rasanya Legendary bisa untuk mencoba mengadaptasi seri robot yang sangat populer ini dimana usaha-usaha sebelumnya, selalu menemui kegagalan.

Jika proyek gabungan ini berhasil dilakukan maka, film live-action Gundam ini akan menjadi film Gundam pertama yang pernah dirilis di Amerika atau Jepang. Meskipun detil cerita masih tertutup rapat, kita bisa sedikit membayangkan jika mereka akan mencoba mengadaptasi cerita original Mobile Suit Gundam. Seri Gundam ini mengambil latar waktu abad universal, sebuah era dimana pertumbuhan populasi manusia di bumi sudah tidak lagi mencukupi sehingga harus dipaksa pindah ke  koloni luar angkasa. Orang-orang yang tinggal di kolono tersebut menginginkan kebebasan mereka dan akhirnya mengajukan perang melawan orang-orang yang ada di bumi. Dengan berbagai pertempuran dan tragedi yang sudah banyak terjadi, membuat orang-orang menjadi sangat sensitif terhadap manusia lainnya.

Yang perlu dicatat adalah karena akan didistribusikan secara global maka, Legendary dan Sunrise harus sedikit memberikan “pengenalan” terlebih dahulu tentang kultur populer masyarakat Asia dalam film tersebut. Meskipun sulit, rasanya hal ini bisa dicari jalan tengahnya oleh kedua rumah produksi ini. contohnya adalah Pacific Rim dan juga Ready Player One.

Selain cerita asli Mobile Suits Gundam, mereka juga bisa mengadaptasi dari seri populer Gundam Wing yang cukup populer di kalangan penggemar barat. Ditayangakan pada 1995, Gundam Wing sempat menjadi film Gundam yang memiliki trilogi. Dalam ceritanya juga masih menceritakan tentang koloni manusia di luar angkasa. Meskipun nilai baik dan buruk dalam kisah ini sangat tidak terlalu jelas. Ceritanya sendiri terinspirasi dari perang dunia kedua.

Untuk skala yang lebih kecil, mereka bisa mengadaptasi cerita Mobile Suits Gundam : The 08th MS Team, yang mana cerita ini mengambil universe yang sama dengan film pertama. Yang membedakannya adalah sudut pandang cerita yang lebih memfokuskan pada orang-orang yang ada di bumi, lengkap dengan cerita romansa antar perwira dari kedua kubu.

Selain kisah-kisah yang terjadi di dalamnya, Gundam juga terkenal akan berbagai karakter yang menjadi pilot untuk menjalankan robot yang biasa disebut mobile suits/mecha. Para karkater yang menjadi pilot gundam tersebut sangatlah populer baik di Jepang maupun di seluruh dunia. Bahkan, gundam memiliki fanbase sendiri yang sangat kuat. Kita nantikan ya Geeks proyek film produksi gabungan Hollywood dan Jepang di film Gundam ini !

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.