15 Spesies Ini Lebih Kuat Dari Bangsa Saiya

0
912

Dalam dunia Dragon Ball, bangsa Saiya digambarkan sebagai mahluk yang luar biasa kuat, bahkan mungkin sebagai bangsa yang paling kuat di seluruh alam semesta. Fakta bahwa mereka akan semakin kuat apabila menghadapi sebuah pertempuran mungkin akan membuat orang percaya bahwa mereka berpotensi menjadi spesies terkuat di Dragon Ball. Meskipun fakta tersebut mungkin benar, tetapi alam semesta itu sangatlah luas, mungkin benar jika bangsa Saiya adalah ras pejuang yang kuat, tetapi mereka bukanlah yang terkuat. Bahkan ada 15 spesies lain yang dianggap lebih kuat daripada bangsa Saiya dalam frenchise Dragon Ball.

Dalam franchise-nya sendiri Goku, Vegeta dan beberapa bangsa Saiya lainnya selalu berhasil mengatasi sebagian musuhnya yang kuat, kecuali beberapa dewa. Ini tentu saja membuat orang percaya bahwa bangsa Saiya adalah ras terkuat di dunia Dragon Ball, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Tentu saja bangsa Saiya akan semakin kuat dengan seiring berjalannya waktu, jadi untuk kali ini, kita akan menampilkan beberapa spesies yang lebih kuat dalam francihse Dragon Ball pada beberapa momen tertentu.

 


Namec


https://i.ytimg.com/vi/3ucXNML0gRQ/maxresdefault.jpg

Dimulai dengan Bangsa Namek atau yang lebih khusus lagi, Piccolo, yang dalam franchisenya dapat terus mendekati kekuatan yang hampir sama dengan Goku dan Vegeta yang terus berkembang. Meskipun saat ini Piccolo mungkin tidak lebih kuat dari Goku dan Vegeta, namun ada satu titik dimana Piccolo mampu melampaui kekuatan Super Saiya dalam saga Android/Cell. Piccolo sudah menjadi Namekian yang sangat kuat sebelum menyerap Nail, tapi setelah itu dia berhasil menjadi Super Namekian, yang kekuatannya mampu mengalahkan Frieza dalam bentuk kedua.

Picollo terus berlatih dengan kekuatan barunya untuk menjadi lebih kuat, dan fusion Namekian kedua-nya telah meningkatkan kekuatannya bahkan lebih. Selama saga Android, Piccolo memperoleh kekuatan besar ketika bergabung dengan Kami, Gabungan tersebut meningkatkan kekuatan Picollo bahkan lebih dari yang di bayangkan karena keduanya merupakan satu mahluk dalam dunia Namec. Menurut Kuririn, kekuatan Piccolo setelah bersatu dengan Kami mampu menyaingi Super Saiya, dan sementara itu Goku dan Vegeta sudah lama melampaui titik tersebut, itu masih bisa dikatakan bahwa seorang Namecian mampu melampaui kekuatan bangsa Saiya.


Majin


https://assets1.ignimgs.com/thumbs/userUploaded/2017/10/12/dbzmajin-1507823941484.png

Siapa sebenarnya Majin Buu?Yah, kami tidak begitu tahu siapa dia sebenarnya. Dalam film Dragon Ball Z, tidak pernah diterangkan dimanakah Buu berasal, hanya saja  Buu telah ada sejak zaman dulu. Beberapa spekulasi mungkin bermunculan bahwa sebenarnya Buu adalah sesosok inkarnasi yang sangat jahat, dari ras yang sudah lama punah, bahkan ada juga yang menganggap bahwa Buu adalah penciptaan dari beberapa dewa kuno, namun semua itu masih belum terbukti sampai sekarang. Yang kita tahu sampai saat ini bahwa Buu, bahkan dalam bentuknya yang tanpa menyerap tubuh dan kekuatan orang lain adalah sosok yang sangat kuat, yang bahkan hanya bisa dikalahkan oleh kekuatan setiap orang di Bumi ditambah dengan Goku dengan mode Super Saiya 3.

Ini saja sudah cukup untuk membuktikan bahwa spesies Majin Buu lebih kuat dari kekuatan bangsa Saiya, tetapi ada sedikit bukti lain yang menarik untuk di analisis tentang spesies Majin ini. Dalam beberapa video game Dragon Ball dikisahkan The Majins diciptakan ketika Buu berbentuk seorang wanita,dan melahirkan seorang anak yang sangat buruk rupa, hal tersebut memicu penciptaan seluruh ras. Bangsa Majin sendiri terbukti sangatlah kuat, tetapi karena sebagian besar penampilan mereka hanya ada dalam video game, sehingga sangat menyulitkan seberapa besar sebenarnya kekuatan mereka, namun faktanya bahwa bangsa Majin ini sangat sulit dikalahkan dan bahkan lebih kuat daripada kekuatan Saiya.


Angels


https://otakukart.com/wp-content/uploads/2017/08/dragon-ball-super-update-complete-universe-rankings-and-angels-identities-unveiled-1024x577.jpg

Dalam alam semesta multiverse Dragon Ball, ada dewa pencipta, The Supreme Kai, dan dewa penghancur. Bersama-sama mereka menjaga keseimbangan alam semesta, tetapi ada satu perbedaan utama selain dari sifat kekuatan mereka. Dimana The Supreme Kai dilahirkan dalam keillahian, sedangkan dewa penghancur dipilih untuk di beri kekuatan, dan untuk mengasah dan menggunakan kekuatan mereka dengan benar, mereka di beri guru atau petugas yaitu seorang Malaikat/Angel.

Malaikat merupakan mahluk dengan kekuatan besar yang melayani dewa penghancur. Asal muasal ras mereka tidak begitu jelas, tetapi yang diketahui bahwa sejumlah besar malaikat terkait satu sama lain, karena mereka merupakan keturunan dari Grand Priest, kepala semua malaikat dan petugas Zeno sendiri. Jadi bagaimana kekuatan mereka? Fakta bahwa kekuatan malaikat lebih besar dari dewa penghancur, ini tentu saja membuktikan bahwa kekuatan malaikat lebih tinggi daripada Dewa Saiya yang paling kuat. Dan dapat dikatakan bahwa malaikat memiliki kekuatan yang lebih besar dari Saiyan.


Beerus


http://d1vr6n66ssr06c.cloudfront.net/wp-content/uploads/2018/01/Dragon-Ball-FighterZ-Beerus.jpg

Seperti yang baru saja kami sebutkan, perbedaan utama antara Dewa Penghancur dan The Supreme Kai adalah sumber keillahian mereka. Supreme Kai memang dilahirkan sebagai dewa, sedangkan Dewa Penghancur dipilih untuk posisi itu. Mereka mendapatkan posisi ini dengan membuktikan kekuatan mereka, dan jika mereka cukup kuat, mereka akan di beri kekuatan peghancur. Beerus dan saudaranya adalah spesies asing yang sama, ras yang mirip kucing dengan potensi kekuatan yang sangat besar. Fakta bahwa dua anggota Beerus di pilih menjadi dewa penghancur sudah cukup membuktikan sebarapa kuat spesies mereka.

Anggota lain dari spesies ini adalah Dyspo, yang merupakan salah satu prajurit terkuat dari Pride Troopers. Berjuang untuk kadilan alam semesta 11, Dyspo memperoleh kekuatan besar dalam bentuk lightpeed, yang memungkinkannya untuk bergerak lebih cepat dari semua karakter Dragon Ball yang pernah ada. Jelas dengan fakta ini semua anggota Beerus merupakan spesies yang jauh lebih kuat dari bangsa Saiya.


Shinjin


https://static1.srcdn.com/wordpress/wp-content/uploads/2018/02/Dragon-Ball-Kais.jpg

Selain namanya yang sama yaitu The Kais dan The Supreme Kais mereka juga memliki ikatan yang lebih, karena mereka juga merupakan bagian dari spesies yang sama yaitu, Shinjin. The Shinjin adalah ras yang lahir dari keillahian dan dilatih untuk bertindak sebagai Kai atau The Supreme Kai yang bertugas untuk mengawasi wilayahnya masing-masing. Dalam kasus Raja Kai, dia bertugas melatih prajurit untuk memastikan kelangsungan hidup manusia.

Meskipun sudah sejak lama The King Kais lebih kuat dari Goku, namun Shinjin sejati yang bisa kita anggap lebih kuat dari Saiya adalah Kai tertinggi. Seperti yang pernah kita lihat ketika Shin melihat kekuatan Gohan dalam mode Super Saiya 2, itu mengesankannya, karena itu melampaui apa yang dia harapkan dari seorang manusia.Fakta bahwa Kai Agung sendiri tidak cukup kuat untuk mengalahkan Majin Buu dan harus meminta bantuan manusia, membuktikan bahwa Kai agung tidak lebih kuat dari Saiya. Namun Shin dan Kai Agung diperkenalkan dalam kisah terakhir Dragon Ball Z, yang berarti bahwa saat itu Goku dan Saiya lainnya berada pada kekuatan terkuat mereka, jadi itu dapat membuktikan bahwa sebelumnya The Shinjin merupakan bangsa yang lebih kuat dari bangsa Saiya.


 Android


https://i.ytimg.com/vi/98N2ik9U72o/maxresdefault.jpg

Terlepas dari kenyataan bahwa karakter ini merupakan karakter buatan, mereka masih bisa dianggap sebagai spesies dalam alam semesta Dragon Ball, dan secara keseluruhan mereka jauh lebih kuat dari rata-rata orang Saiya bahkan mungkin bisa dikatakan lebih kuat dari Goku dan Vegeta. Ada cukup banyak Android yang ditampilan di seluruh franchise Dragon Ball, dan sebagian besar di tampilkan pada serial Dragon Ball Z. Dalam filmnya sendiri Goku harus menghadapi orang-orang seperti Android 8 dan Android Pita Merah lainnya di masa kanak-kanaknya, tetapi yang paling terkenal tentu saja Android 16-20 dan juga Cell, bahkan beberapa diantaranya mampu mengalahkan Saiya.

Android 17 dan 18 terlalu kuat untuk Trunks masa depan dan sebagian orang-orang Saiya yang harus ditangani sebelum pelatihan ekstensif, kekuatan mereka datang dari sumber energi internal tak terbatas mereka. Cell juga membuktikan bahwa Android lebih kuat dari Saiya oleh fakta bahwa Gohan harus mencapai transformasi Super Saiya baru sebelum akhirnya mampu mengalahkan Cell, ini menunjukan bahwa Super Saiya biasa tidak cukup untuk mengalahkan semua Android.


Dragon


http://sf.co.ua/13/07/wallpaper-2912308.jpg

Meskipun mungkin Dragon tidak membuat banyak penampilan di frachisenya saat ini, Dragon Ball tidak akan lengkap tanpa adanya Dragon. The Dragon adalah jenis dewa dalam dunia Dragon Ball, yang akan mengabulkan keinginan bagi mereka yang mencari kekutaan mereka. Ada tiga Dragon yang telah kita lihat selama franchise sampai saat ini yaitu Shenron, Porunga dan Super Shenron, masing-masing dengan kekuatan yang berbeda, dan yang terakhir mampu memberikan keinginan tanpa aturan.

Kekuatan ghaib Super Sheron dan bahkan Naga yang lebih rendah, selama beberapa seri membuktikan bahwa mereka lebih kuat daripada Saiya dalam beberapa hal. Mungkin Naga tidak memiliki kekuatan bertarung untuk menghadapi orang-orang seperti Goku atau Vegeta, namun mereka memiliki kekuatan ghaib untuk menghilangkan bangsa Saiya. Ya, ada fakta bahwa Naga hanya memiliki kekuatan penciptanya, dan dengan demikian tidak dapat mengabulkan keinginan untuk membunuh mahluk yang lebih kuat dari penciptanya tetapi ada saat dimana ketika Kami lebih kuat dari Goku ketika masih kecil. Namun dengan keberadaan Super Shenron, yang kemampuannya dapat memberi keinginan tanpa batas memberi tahu kita betapa hebatnya kekuatannya, atau lebih tepatnya kekuatan penciptanya.


Bangsa Frieza


http://nerdreactor.com/wp-content/uploads/2017/06/Golden_Frieza_laughs.jpg

Planet Vegeta dihancurkan oleh Frieza karena satu alasan utama yaitu Frieza takut pada Saiya. Atau lebih tepatnya, Frieza takut kemampuan mereka untuk menjadi lebih kuat dalam setiap pertarungannya, berpikir bahwa suatu hari akan muncul seorang Saiya dan menjatuhkan tahtanya, apalagi munculnya rumor legenda Super Saiya, itu cukup bagi Frieza untuk menghancurkan seluruh planet dan mencegah kekuatannya di tantang. Dengan kekuatannya yang besar Frieza mampu menghancurkan seluruh planet Saiya dengan mudah.

Walaupun akhirnya Frieza harus kalah setelah menghadapi kekuatan Super Saiya, tapi ini mungkin membuat kita percaya bahwa ras-nya tidak lebih kuat daripada Saiya, terutama karena dia dan ayahnya dengan mudah dikalahkan oleh Super Saiya Trunks. Tapi itu karena kekuatan Frieza adalah hasil dari kekuatan yang alami, dan ketika akhirnya dia dilatih dalam Resurrection F dalam Dragon Ball Super, dia akhirnya mampu memperoleh kekuatan yang lebih besar dari kekuatan Super Saiya menggunakan Godly Ki. Dengan Kata lain Frieza mampu melampui kekuatan Saiya bahkan ketika mereka memiliki kekuatan dewa.


Universe 6 Saiyans


https://i.ytimg.com/vi/KM9f7irvovk/maxresdefault.jpg

Di alam semesta 6 Dragon Ball Super, kami diperkenalkan ke ras alernatif Saiya, dimulai dengan Cabba. The Saiyans of universe 6 sangat berbeda dari Saiyans of universe 7, dimulai dengan fakta bahwa mereka tidak menyadari apa itu Super Saiya. Meskipun hal ini mungkin menuntun kita untuk percaya bahwa Saiya alam semesta 6 lebih lemah dari Saiya alam semesta 7, ada titik penting lain yang dapat mengubah hal ini. Saiya alam semesta 6 bukanlah pejuang yang haus perang , suka perang dan agresif, mereka adalah orang-orang baik hati yang menggunakan kekuatan besar mereka untuk membela dan membantu orang lain.

Karena perbedaan dalam kepribadian dan nilai-nilai ini, Saiya alam semesta ke 6 tidak membutuhkan bentuk Super Saiya, tetapi itu tidak berarti mereka tidak memiliki akses ke sana. Bahkan, kemampuan mereka untuk dengan cepat memahami bentuk Super Saiya memberi kita informasi seberapa besar potensi mereka, yang kami yakini jauh lebih besar dari Saiya alam semesta ke 7. Mungkin dengan sifat lembut para bangsa Saiya alam semesta ke 6 membuatnya dengan mudah memperlajari Super Saiya, bahkan dalam pertandingan Tournament of Power, hanya dalam waktu singkat mereka mampu berubah dalam mode Super Saiya 2. Ini cukup untuk membuktikan bahwa kekuatan mereka lebih kuat dari bangsa Saiya alam semesta ke 7.


Half Saiyan


https://i.ytimg.com/vi/iRES1z2_QzM/maxresdefault.jpg

Yang satu ini agak bersifat teknis, karena setengah Saiya masih saja orang Saiya, tetapi kita masih bisa menganggap mereka subspecies. Setengah Saiya memiliki beberapa perbedaan utama yang membuat mereka berpotensi lebih kuat daripada orang Saiya yang berdarah murni. Ini adalah bagian manusia dan sifat alami mereka adalah hibrida yang membuat mereka lebih kuat daripada darah murni. Faktanya, Vegeta sendiri mengatakan bahwa Half-Saiyan akan sangat berbahaya karena kekuatan mereka dapat berpotensi tidak terkendali.

Semua orang setengah Saiya yang di tampilkan dalam Dragon Ball Z menunjukan hal tersebut, karena ada beberapa titik dimana nasib dunia berada ditangan setengah Saiya. Toriyama mengatakan bahwa Saiya yang lebih lembut adalah Saiya yang mampu menghasilkan S-Cells lebih banyak, dan semakin banyak S-Cells yang mereka miliki semakin besar kemungkinan mereka bisa berubah menjadi Super Saiya. Karena manusia umumnya lebih lembut dari orang Saiya, setengah Saiya berpotensi memiliki dorongan kekuatan dari bagian manusia mereka, itulah mengapa Gohan adalah orang pertama yang mencapai Super Saiyan 2, dan mengapa Goten dan Trunks bisa menjadi Super Saiya pada usia muda. Tentu saja, jika mereka sekuat itu saat muda, maka mereka berpotensi lebih kuat dari Goku atau Vegeta.


Demons


https://i.ytimg.com/vi/UXpTTe1sqDc/maxresdefault.jpg

Sangat sedikit informasi mengenai ras yang satu ini, dan hanya sebagian besar informasi berasal dari Dabura. Namun ada lebih banyak contoh setan dalam Video Game Dragon Ball, serta beberapa latar belakang dari beberapa karakternya. Tapi mari kita mulai dengan Dabura di Dragon Ball Z, dimana ketika dia berada dibawah kendali Babidi, dan kita dapat melihat seberepa besar kekuatannya. Bahkan Gohan mengalami kesulitan untuk mengambil Dabura, baik karena kekuatannya dan ludah ghaibnya, yang dapat mengubah apapun menjadi batu. Meskipun mungkin ia tidak lebih kuat dari beberapa Saiya, Dabura dan Iblis lainya terbukti lebih kuat daripada beberapa Saiya, dan kemungkinan besar akan mampu melampaui kekuatan Goku dan Vegeta sebelum tingkat kekuatan mereka berada di dalam Buu Saga.

Selain Dabura, satu-satunya iblis penting lainnya yang ditampilkan dalam franchise Dragon Ball adalah saudara perempuannya, yaitu Towa, yang kekuatannya setara dan mungkin lebih besar daripada Dabura. Towa telah digambarkan lebih kuat dari Xeno Trunks (Trunks yang ditampilkan dalam game Xenoverse) dan Goku selama Saga Buu. Dia juga telah mengambil Majin Buu, yang menunjukan betapa kuatnya dia, dan seberapa kuat ras iblis dapat melebihi beberapa Saiya dalam hal kekuatan.


Bangsa Babidi


https://i.ytimg.com/vi/i5rR0sb93nQ/maxresdefault.jpg

Babidi juga merupakan salah satu ras yang masih sedikit informasinya, tetapi dari beberapa hal yang kami ketahui dalam seluruh franchisenya, bisa dikatakan Babidi lebih kuat dari bangsa Saiya dalam beberapa hal. Seperti halnya dengan bangsa Naga, ras ini tidak begitu kuat dalam hal kekuatan bertarung, bahkan tubuh mereka sangatlah kecil dan lemah. Namun keahlian mereka adalah kekuatan ghaib yang dapat mengendalikan seseorang.

Mungkin dia tidak dapat mengalahkan Majin Buu dalam pertempuran, namun dia dapat mengambil alih pikiran Majin Buu, dan membuatnya untuk kembali berbuat jahat. Bahkan bukan hanya Majin Buu, Vegeta pun pernah di ambil alih pikirannya oleh Babidi. Tentu hal ini membuktikan bahwa Babidi mampu mengambil alih pikiran orang-orang kuat dan mengendalikannya untuk mengalahkan bangsa Saiya.


Metalmen


https://i.ytimg.com/vi/QyxGmjkMGoM/maxresdefault.jpg

Metalmen diperkenalkan melalui alam semesta ke-6, dimana salah satu anggotanya adalah Auta Magetta. Auta Magetta adalah Metalmen yang ditampilkan dalam beberapa seri, tetapi hanya dengan melihatnya saja tentu orang sudah mengetahui bahwa Metalmen memiliki beberapa ciri dan karakter. Ciri-cirinya yaitu kekuatan besar, kecepatan, dan daya tahan yang semuanya sudah lebih cukup untuk membuat Vegeta berubah menjadi Super Saiya ke batas absolutenya. Faktanya, Auta Magetta hanya kalah melawan Vegeta, itu pun karena dia keluar dari batas, yang berarti kita belum melihat kekuatan penuhnya.

Auta Mageta pada dasarnya adalah robot yang dibangun untuk pertempuran, dia memiliki tubuh logam yang memberinya kekuatan yang lebih tinggi daripada milik Saiya. Satu-satunya alasan dia dikalahkan adalah karena kelemahan aneh orang-orangnya, kepekaan dan kerapuhan mental mereka. Karena Metalmen sensitive mereka kehilangan keinginan untuk bertarung jika seseorang menghina mereka, tapi terlepas dari kelemahan ini, kami memiliki cukup bukti bahwa Metalmen lebih kuat dari bangsa Saiya.


Neo Machine Mutant Tuffle (Baby)


https://img00.deviantart.net/2f96/i/2017/028/3/e/baby__dragon_ball_gt___by_dradek_by_dradek-da3kcg4.png

Kali ini kita akan membahas serial Dragon Ball GT, dimana karakter Baby muncul dalam serial ini. Baby sendiri berasal dari ras Tuffle yang  sebelumnya merupakan penguasa planet Saiya, ras Tuffle merupakan bangsa yang sangat maju, sebelum akhirnya jumlah mereka berkurang karena di singkirkan oleh bangsa Saiya. Mereka-pun berniat membalas dendam kepada bangsa Saiya. Ras Tuffle akhirnya menciptakan penemuan untuk menghasilkan Baby, seorang penjahat di GT yang memiliki kemampuan untuk mengambil alih orang lain, termasuk Vegeta.

Walaupun Baby secara teknis merupakan sebuah ciptaan, namun dalam beberapa bentuk dia masih merupakan seorang Tuffle. Sama seperti Babidi kemampuan Baby ini mampu mengendalikan orang-orang kuat, bahkan Vegeta mampu dikendalikannya dan membuat Vegeta kembali jahat. Dengan kemampuannya tersebut sudah cukup baginya untuk membuktikan bahwa dirinya lebih kuat dari Saiya.


Jiren


http://cdn.collider.com/wp-content/uploads/2018/02/dragon-ball-super-jiren.png

Dan terakhir adalah Jiren the Grey, yang spesiesnya mungkin atau mungkin sebenarnya bukan Grey, kami tidak begitu yakin. Tidak banyak yang diketahui tentang Jiren selain dari masa lalu tragisnya dan kekuatan yang ia peroleh untuk mengatasi trauma-nya. Kita juga tahu bahwa dia adalah pejuang legendarie\s yang diyakini melampaui kekuatan dewa, tetapi kita tidak yakin apakah kekuatan ini adalah kekuatan yang dimiliki oleh setiap spesiesnya. Informasi yang terakhir adalah fakta bahwa seluruh desanya terbunuh ketika dia masih sangat muda, yang berarti mereka tidak sekuat seperti saat ini.

Namun dengan kekuatan Jiren saja, ini membuktikan bahwa salah satu anggota dari spesiesnya mampu lebih kuat dari bangsa Saiya. Fakta bahwa Jiren adalah musuh terkuat yang pernah dihadapi Goku. Jiren memiliki kekuatan fisik dan jiwa yang konyol yang menempatkannya setingkat dengan para dewa, bahkan mungkin di luar itu. Faktanya, Jiren begitu kuat sehingga Goku harus mengembagkan bentuk/ tehnik baru hanya untuk mengimbangi Jiren.

Ridwanto Rizki

Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here