Dalam setiap film, kita pasti selalu menemukan hal yang menjadi ikon dari film tersebut. Contohnya adalah Iron Man dengan armor canggihnya, Batman dengan peralatan modern dan kendaraan yang keren atau juga senjata yang digunakan oleh salah satu karakter. Misalnya, tameng yang biasa digunakan oleh Captain America yang menjadi ciri khas seorang Steve Rogers. Terbuat dari salah satu bahan terkuat yaitu Vibranium, membuat para penggemar sedikit bertanya seberapa kuatkah bahan atau senjata tersebut.

Hal inilah yang kemarin sempat menjadi sedikit bahan perdebatan di kalangan para pecinta film, khususnnya para pecinta Marvel dan Star Wars. Salah seorang netizen di Twitter dengan akun @itsbananaaa, mencoba mencari tahu apakah bahan vibranium yang digunakan oleh tameng sang Capt, bisa hancur oleh tebasan dari Lightsaber. Dia pun me-mention aktor dari kedua film tersebut, Mark Hamill dan Chris Evans.

Jawaban dari sang pemeran Luke Skywalker bisa dibilang cukup diplomatis dengan mengatakan bila hal tersebut terjadi di Marvel Universe, tentu saja vibranium lebih unggul dari Lightsaber. Tapi, jika Universe yang digunakan adalah Star Wars, Luke Skywalker bisa saja menghancurkan tameng tersebut menjadi berkeping-keping dengan Lightsaber. Chris Evans pun menanggapi jawaban dari Mark Hamill dengan mengatakan dia sekarang memiliki bintang (sabit) ninja dari bahan Vibranium. Secara tidak langsung dia ingin mengatakan bahwa Vibranium memang lebih unggul dari Lightsabe yang menggunakan tenaga Kristal Kyber.

Kristal Kyber alias Kristal hidup, merupakan Kristal langka yang sangat “dekat” dengan the Force. Kristal ini tumbuh secara alami di beberapa tempat di sekitar galaksi dan digunakan sebagai senjata termasuk juga Lightsaber dan Death Star. Sedangkan Vibranium, pertama kali muncul di bumi akibat dari jatuhnya sebuah meteor sekitar 10.000 tahun yang lalu. Vibranium mampu menyerap gelombang suara dan getaran lain, termasuk enegri kinetik. Untuk alasan tersebut, bahan dari tameng Captain America tersebut lebih diunggulkan.

Namun kembali, kita tidak mungkin untuk membandingkan kristal fiksi yang berasal dari Universe miliki Star Wars dengan bahan fiksi dari Marvel Cinematic Universe. Keduanya memiliki fungsi dan kekuatannya masing-masing. Mungkin Avengers bisa meminjam Lightsaber milik para Jedi untuk mengalahkan Thanos karena, vibranium saja tidak mempan untuk melawan Thanos dan semua Infinity Stones. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Vibranium memang lebih kuat dari Lightsaber? atau malah Lightsaber mampu untuk menghancurkan Vibranium?

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.