Iron Man memang menjadi superhero dengan armor kuat yang terpopuler dalam Marvel Universe. Namun, perlu kamu tahu nih Geeks, Iron Man bukanlah satu-satunya karakter super kuat yang memperoleh kemampuannya dari baju zirah berteknologi canggih. Marvel juga menciptakan beragam karakter lain, baik superhero ataupun supervillain, dengan kemampuan serupa.

Menariknya, karakter alternatif Iron Man ini ternyata ada pula yang memiliki kekuatan lebih besar dibandingkan Tony Stark. Bahkan, beberapa di antaranya juga memiliki hubungan yang erat dengan sosok jenius tersebut. Nah, berikut ini adalah 15 alternatif dari Iron Man yang bisa kamu temukan dalam Marvel Universe.


15. Toni Ho (Rescue Armor)


Toni Ho merupakan seorang ilmuwan sekaligus putri dari Ho Yinsen. Buat kamu yang lupa dengan nama Ho Yinsen, pria yang satu ini merupakan karakter yang membantu Tony Stark dalam proses pembuatan armor Iron Man generasi pertama.

Armor yang dikenakan oleh Toni disebut dengan Rescue Armor. Baju ini dibuat dengan berbasiskan pada armor buatan Tony Stark yang ditujukan untuk Pepper Pots. Namun, ada beberapa perubahan yang ditambahkan oleh Toni, termasuk di antaranya adalah kemampuan mengeluarkan force field.


14. Diamondback (Hammer Industries Power-Suit)



Justin Hammer dikenal sebagai pebisnis yang ingin menyaingi Tony Stark dengan mengembangkan armor canggihnya sendiri. Kreasi Hammer Industries bisa dilihat pada film Iron Man 2. Meski, pada film itu diperlihatkan kalau armor ini sebagai produk gagal.

Namun, siapa sangka kalau Diamondback menggunakan armor Hammer Industries dalam pertarungannya melawan Luke Cage? Penampakan armor ini bisa kamu lihat pada serial Luke Cage season 1. Terlihat kalau armor ini membuat Diamondback memiliki kekuatan besar untuk bisa menyaingi Luke Cage.


13. Obadiah Stane (Iron Monger)



Obadiah Stane dengan Iron Monger menjadi alternatif Iron Man berikutnya dalam Marvel Universe. Kekuatan yang diperlihatkan oleh villain yang satu ini bisa kamu lihat pada film Iron Man. Sekilas, armor ini memiliki kemiripan desain dengan Hulkbuster yang lebih mengandalkan raw power.


12. Anton Vanko (Crimson Dynamo)



Namanya memang mirip dengan Ivan Vanko yang jadi villain di film Iron Man 2. Apalagi, Anton memang digambarkan sebagai orang tua dari Ivan. Keduanya juga sama-sama punya armor yang bisa dibilang versi alternatif dari Iron Man. Nah, armor yang dikenakan oleh Anton memiliki nama Crimson Dynamo.

Armor ini buatan Anton sendiri dan memiliki kekuatan yang tak kalah dengan Iron Man. Apalagi, kekuatan utama dari Crimson Dynamo ini memiliki kemiripan dengan Magneto. Hanya saja, dalam pertarungan melawan Iron Man, Anton ternyata tak mampu membuat Crimson Dynamo mengalahkan Tony Stark.


11. Frank Castle (War Machine)



Marvel memperlihatkan versi lain dari War Machine ketika armor buatan Tony Stark itu dikenakan oleh Frank Castle alias The Punisher. Dalam cerita komik The Punisher, terlihat bahwa Frank Castle punya kekuatan lebih mengerikan ketika mengenakan War Machine. Bahkan, dia mencoba bertarung dengan gerombolan superhero Marvel ketika mengenakan armor ini.


10. Peter Parker (Spider Armor)



Dalam event Civil War di cerita komik, Tony memberikan armor buatannya kepada Spiderman. Armor ini memiliki kemiripan dengan Iron Man. Dalam film, armor ini muncul pada film Homecoming serta Avengers: Infinity War. Lewat kostum canggih ini, Peter bisa melakukan beragam atraksi yang lebih berbahaya dibandingkan kostum sebelumnya.


9. Boris Bulliski (Titanium Armor)



Titanium Armor merupakan kostum canggih buatan Uni Soviet yang dikenakan oleh Boris Bulliski. Kostum ini menggunakan bahan yang sama dengan Iron Man. Hanya saja, penampilannya jauh lebih besar dengan bodi tampak lebih kekar dibandingkan Iron Man. Namun, ukuran besar itu membuat mobilitas Titanium Armor lebih rendah dibandingkan Tony Stark.


8. Arno Stark (Iron Man 2020)



Arno Stark merupakan penerus Tony Stark. Hanya saja, sejak kecil, Arno harus menderita masalah kesehatan, hingga akhirnya dia menciptakan armor yang mirip dengan Iron Man. Desain armor buatan Arno memiliki kemiripan dengan Iron Monger, tapi punya performa lebih efisien.


7. Riri Williams (Ironheart)



Superhero muda Riri Williams mendapatkan kekuatan supernya lewat teknologi yang dibuat berdasarkan Iron Man. Armor Ironheart yang digunakan oleh Riri dibuat dengan mengambil desain Mark 41 dan dibuat di garasi rumahnya. Bahkan, setelah event Civil War II yang berimbas pada komanya Tony Stark, Riri tampil menggantikan Stark.


6. Dough Johnson III (Detroit Steel)



Detroit Steel merupakan armor robot yang dibuat oleh Hammer Industries. Robot ini dihasilkan oleh Justine serta Sasha Hammer dalam rangka balas dendam atas kematian Justin Hammer yang disebabkan oleh Tony Stark. Armor ini memiliki kekuatan yang besar, bahkan digambarkan memiliki kemampuan tak terkalahkan dan bisa mengalahkan Iron Man dengan cuup mudah.


5. Brendan Doyle (Mauler)



Mauler merupakan armor yang dibuat oleh Cordco Inc sebagai senjata untuk melawan Tony Stark dan pertama kali dikenakan oleh Aaron Soames. Namun, pada satu kesempatan, Brendan Doyle mencurinya dan menggunakan armor ini untuk menjalani beragam misi sebagai mercenary. Namun, pada akhirnya, Brendan harus menyerah dan memberikan armor ini kepada Tony pada event Armor Wars.


4. Carl Walker (Force)



Clay Wilson jadi sosok jenius lain yang bisa menciptakan armor super dalam Marvel Universe. Armor buatan Wilson diberi nama Force dan dipakai sebagai sarana Wilson menjadi supervillain. Namun, karena keterbatasan sumber daya, Wilson bergabung menjadi anak buah Justin Hammer.

Hammer pun menggunakan tenaga Wilson untuk membasmi kompetitornya. Namun, pada akhirnya, terjadi konflik antara Wilson dengan Hammer. Hingga akhirnya, Wilson memilih untuk memalsukan kematiannya dan hidup dengan identitas baru Carl Walker.


3. Ivan Vanko (Whiplash Armor MK II)



Ivan Vanko menjadi musuh utama Stark dalam film Iron Man 2. Armor berbentuk eksoskeleton menjadi armor yang dikenakan oleh Ivan untuk bertarung melawan Tony yang menggunakan armor Iron Man. Selanjutnya, dia bergabung dengan Hammer Industries untuk mengembangkan Mark II Whiplash Armor.


2. Walter Newell (Stingray)



Walter Newell menjadi supervillain yang kemudian beralih jadi superhero lewat armor super buatannya. Armor bernama Stingray milik Walter membuatnya bisa mengarungi lautan secara bebas mirip seperti Namor. Tidak hanya itu, armor ini juga memberikan kekuatan super serta kemampuan mengeluarkan listrik untuk melumpuhkan musuh.


1. Steve Rogers (Civil Warrior)



Terakhir, kamu bisa menemukan Steve Rogers dalam balutan armor canggih yang membuatnya jauh lebih kuat dibandingkan Iron Man. Versi terbaru dari armor Steve Rogers bisa kamu lihat pada Contest of Champions. Namun, perlu diketahui, versi Rogers yang satu ini berasal dari dunia alternatif ketika terjadi Civil Wars.

Dalam event tersebut, Tony Stark meninggal dunia dan menjadi klimaks Civil War. Akibatnya, Rogers merasa bersalah dan memutuskan untuk membuat armor sendiri yang dibuatnya dari sisa-sisa armor Iron Man yang ditemukannya di laboratorium milik Stark. Tak ketinggalan, dia juga menempatkan arc reactor yang dipasangnya pada tameng.

2 KOMENTAR

Comments are closed.