Baru saja fans seri Gotham merasakan kelegaan yang selega-leganya pasca diumumkannya Gotham diperjanjang hingga musim kelima, tiba-tiba baru-baru ini, mereka dikejutkan dengan kabar bahwa season 5 nanti, hanya akan menampilkan 10 episode saja. Kabar ini diungkapkan oleh pemeran Selina Kyle aka Catwoman, Camren Bicondova di sesi Q&A Instagram Live beberapa waktu yang lalu.

“Gotham resmi diperpanjang hingga musim kelima. Musim ini nantinya hanya akan berjumlah 10 episode dan setahuku akan ditayangkan perdana di A.S bulan Januari 2019″

Seperti yang telah dikatakan di awal, tak ayal kabar pengurangan episode ini sangatlah menghebohkan seluruh penggemar Gotham. Padahal sebelum-sebelumnya, terdengar kabar bahwa jumlah episode yang nantinya akan ditayangkan oleh musim terakhir dari seri yang digawangi oleh Bruno Heller ini, adalah 13 episode.

Dan memang umumnya, jumlah 13 tersebut adalah jumlah yang ideal untuk membuka atau menutup seri. Sehingga dnegan di-“korting” 3 episode, maka total jumlah episode Gotham nantinya hanyalah 98 episode saja. Wah tanggung banget gak tuh Geeks? Sayangnya sejauh ini, belum diketahui lagi alasan pemotongan episode ini.

Terlepas semenjak debut di bulan September 2014 seri ini banyak fans-nya, namun pada akhirnya, perolehan rating yang berbicara. Dan semenjak musim pertama hingga musim keempat kemarin, rating Gotham kian lama kian mengalami penurunan. Oleh karenanya, tidaklah heran apabila seri ini kerap terancam di-cancel.

Dan mungkin setelah bersabar selama 4 tahun, FOX akhirnya sampai ke titik puncaknya. Alhasil kini, mereka apun tidak ada pilihan lain selain menyudahi saja seri ini. Sangat disayangkan memang. Namun ya seri ini jugalah yang membuat mereka menjadi seperti ini.

Maksudnya, kalau saja mereka tetap konsisten dengan konsep awal mereka, yaitu mengisahkan masa muda Komisaris Polisi Gotham Jim Gordon (Ben McKenzie) besrta partnernya, Harvey Bullock (Donal Logue) dan tidak berubah  haluan menjadi kisah perjalanan Bruce Wayne (David Mazouz) menjadi Batman, kami yakin kekonsistensian ini bisa membuat seri ini bertahan lebih lama lagi.

Tapi ya sudahlah. Nasi telah menjadi bubur. Kini ya, kita nikmati saja musim terakhirnya di awal tahun mendatang. Semoga saja mereka bisa keluar dengan sangat heboh. Amin.

Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)