Seluruh penjahat di komik rata-rata memiliki tujuan yang hampir sama yaitu mengambil alih dunia atau memusnahkannya. Walau ada beberapa dari mereka memilih untuk merampok bank agar menjadi kaya dan mendapatkan kekuasaan daripada menguasai planet. Salah satu contohnya adalah Magneto yang ingin membuat dunia menjadi lebih baik bagi mutant bukan mengusaia dunia demi mutant.

Tentu menjadi penjahat mempunyai citra yang buruk dimata masyarakat. Apalagi rencana mereka untuk menaklukan dunia yang meresahkan masyrakat sehingga memaksa banyak dari superhero untuk berjuang mengkandaskan rencana itu. Namun ada beberapa dari mereka yang berhasil menaklukan dunia walau bersifat sementara. Dan berikut adalah Villian dan Superhero yang pernah menaklukan planet.


Maestro


Image result for Maestro marvel

Dalam komi The Incredible Hulk : Future Imperfect(1992) oleh Peter David dan George Perez, Bruce Banner belajar tentang bagaimana hal-hal buruk bisa terjadi ketika dia menjadi Hulk. Setelah perang nuklir memusnahkan sebagian besar kehidupan di bumi, termasuk hampir seluruh superhero, Hulk berubah menjadi gila dan mengambil alih bumi. Hulk disini bukan seperti yang para kalian ketahui. Hulk disini berubah jahat dengan kekuatan yang lebih kuat dan ia memiliki kecerdasaan Bruce Banner.

Tentunya sifat tersebut tidak pantas sebagai seorang pemimpin. Setelah itu Hulk mulai menyebut dirinya menjadi Maestro dengan sikap yang sangat jahat. Hulk dari era modern Marvel Universe pergi ke masa depan untuk bertarung dengan Maestro. Pada pertempuran pertama Hulk berhasil dikalahkan oleh Maestro. Namun Hulk membawa Maestro ke masa lalu saat ledakan gamma yang menciptakannya sehingga Hulk berhasil mencegah kelahiran Maestro dan masa depan yang kelam tidak pernah terjadi.


Ultron


Related image

 

Saat Ultron menyerang di Age Of Ultron(2013) karya Brian Michael Bendis, ia mulai membersihkan seluruh dunia. Seluruh superhero terkejut dan nyaris tidak bisa melarikan diri. Avengers yang masih hidup menemukan fakta bahwa Ultron telah menang melalui serangan di masa depan. Akhirnya mereka kembali ke masa lalu untuk menghentikan hal tersebut, tapi mereka malah menemukan bumi yang dikuasai oleh robot.

Akhirnya Wolverine melakukan perjalanan waktu dan membunuh Hank Pym sebelum dia menciptakan Ultron. Tentu saja hal ini akan mengubah masa depan. Dan ternyata benar masa depan berubah menjadi sama kelamnya. Kree/Skrull tiba di bumi dan Morgan le Fey memiliki kekuasaan. Jadi, Wolverine harus kembali lagi ke masa lalu untuk mencegah dirinya membunuh Hank Pym. Mereka kemudian menyakinkan Hank Pym untuk merubah kode Ultron agar dia tidak menguasai Bumi di masa depan.


Superman


Image result for superman injustice

Kalian  tahu bahwa Superman adalah sosok pahlawan yang baik dan makluk terkuat di planet ini. Dalam video game Injustice : Gods Among Us(2013) pada permulaan story mode, Joker melakukan hal yang tidak bisa diprediksi. Ia menggunakan racun ketakutan Scarecrow untuk mengelabui Superman agar dia berpikir bahwa Doomsday menyerang. Superman berhasil mengalahkannya, namun yang dia kalahkan bukanlah Doomsday melainkan Lois Lane . Lois Lane meninggal bersamaan dengan anak Clark yang belum lahir.

Joker juga menggunakan bom nuklir untuk menghancurkan Metropolis. Hari itu tentu menjadi hari paling buruk bagi Superman. Dia juga membunuh Clown Prince menggunakan tangan kosong. Bertahun tahun kemudian, Superman berubah menjadi diktator yang kejam. Sementara Batman berusaha untuk melawannya secara diam diam. Hingga memaksa Batman untuk memanggil bala bantuan dari alternatif lain untuk mengalahkan Superman termasuk meminta bantuan pada Superman lain yang baik hati.


Apocalypse


Image result for apocalypse marvel comics

Dalam Marvel Universe, sebuah malapetaka akan hadir jika seorang penjelajah waktu muncul. Saat Age Of Apocalypse (1995) pembaca diberikan gambaran tentang apa yang teradi jika Apocalypse muncul di masa depan. Pada awalnya pemerintahan Apocalypse hanya sebatas Amerika Utara namun pemerintahannya terus menyebar hingga seluruh dunia dikuasai olehnya.

Ketika Phonix dan Cyclops berbulan madu, pikiran mereka dibawa ke masa depan oleh Mother Askani di The Adventures of Cyclops and Phonix (1994). Scott dan Jean menghabiskan 12 tahun untuk membesarkan Nathan Summer yang sebelumnya telah dibawa ke masa depan. Di lain pihak, Apocalypse mencari Nathan dan berharap dapat mengambil tubuh mutant tersebut. Sayangnya Apocalypse dapat dikalahkan dan Stryfe mengambil alih dunia.


The Justice Lords


Image result for The Justice Lords

Apa yang terjadi jika Justice League berubah menjadi penjahat? Maka The Justice League(2001) A Better World menjadi jawabannya. The Leagues mencari realtias alternatif yang menemukan diri mereka menjadi penjahat dan disebut sebagai The Justice Lords. Dunia mereka menyimpang ketika Lex Luthor memenangkan pemilu dan Flash terbunuh.

Akhirnya The League yang melintasi waktu tersebut merebut kembali dunia. Mereka memaksakan kehendak mereka itu demi kebaikan rakyat yang pada dasarnya mereka justru menghancurkan dunia. Saat The Lords mengembalikan Justice League ke dunia mereka ketika telah dikalahkan oleh orang baik yang sebenarnya yaitu sekumpulan pahlawan versi Lex Luthor.


The Joker


Image result for The Joker comic

Dalam beberapa penampilan tentu Joker tampak tertarik mengambil alih dunia. Dia kebanyakan menciptakan kekacauan terutama saat Batman datang. Dia suka mencuri uang di bank dan walau begitu bukan berarti dia tidak suka untuk menguasai dunia. Andai dia memiliki kekuatan , pasti menguasai dunia adalah misi utama. Sayangnya, hal tersebut berubah ketika Joker bertemu dengan Mister Mxyzptlk. Membuat Joker dapat mengubah realitas.

Dimulai dengan Superman #160 (2000) oleh Jeph Loeb dan Ed McGuinness. Joker membentuk sebuah realitas yang gila. Banyak orang tidak bersalah di bunuh secara brutan dengan cara yang aneh. Batman mendapatkan cara yang paling buruk dari semuanya yaitu dibunuh, dihancurkan kemudian dibangkitkan lagi untuk dibunuh kembali. Karena kekacauan yang dia perbuat, Superman bergabung dengan Mxyzptlk dan Spectre untuk menipu Joker agar menyerahkan kekuasannya. Akhirnya realitas dapat dipulihkan namun Batman mendapatkan sebuah pengalaman yang mengerikan.


The Red Skull


Image result for the red skull comics

Apa yang terjadi jika seluruh penjahat bergabung? Menurut Mark Millar, mereka akan memusnahkan para pahlawan dan mengambil alih bumi. Di masa depan yang diceritaka pada Old Man Logan (2008) oleh Mark Millar dan Steve McNiven. Sebuah flashback mengungkapkan bahwa Worlverine tertipu bahwa X-Men sedang diserang. Dengan percaya diri dia bertarung melawan Sabertooth dan Omega Red. Tapi dia terlambat menyadari bahwa dirinya telah ditipu oleh Mysterio dan dia baru saja membantai seluruh rekannya.

Itu juga mengungkapkan bahwa peristiwa serupa terjadi di seluruh dunia, dan semuanya telah diatur dengan baik oleh Red Skull. Bertahun-tahun kemudian, dunia telah terbagi dalam  beberapa teritori. Masing-masing dipimpin oleh para penjahat sehingga menjadi sebuah mimpi buruk bagi mereka yang tinggal disana. Kesempatan hidup juga kecil, banyak geng bertebaran untuk meneror warga sekitar. Sementara Red Skull hidup dengan begelimang harta, sampai dia harus terbunuh oleh Wolverine.

 


The Marvel Zombie


Image result for the marvel zombie

Saat Ultimate Fantastic Four(2005) karya Mark Millar, Reed Richards membuat kontak dengan dirinya versi realita yang lain. Awalnya dia menghubungi 616 Reed Richards, namun dia terperangkap. Reed malah menemukan fakta bahwa ia telah berkomunikasi dia versi Zombie. Hal terburuk lainnya yang diketahui adalah dunia telah dirusak oleh segerombolan zombie. Semua umat manusia telah musnah, hanya beberapa dari mereka yang selamat dan bersusah payah bertahan hidup. Ketika para zombie telah kehabisan makanan, dia merencanakan untuk melompat ke masa lalu dan memakan manusia.

Ultimate Reed mempelajari bawah virus zombie berasal dari realtias alternatif yang lain. Ketika seseorang terinfeksi dan jatuh ke bumi, hanya butuh beberapa hari sebelum virus itu menyebar. Setelah Ultimate Reed kabur dari dunia zombie, Galactus telah sampai dan dikalahkan oleh pasukan zombie sehingga mereka mendapatkan kekuatan kosmik. Sementara manusia yang masih tersisa bersembunyi di Asteroid M, mereka dapat kembali ke bumi setelah para zombie pergi menyerang planet lain.

Nah Geeks! walau bumi berhasil direbut oleh para penjahat, namun tetap saja kebaikan selalu menang. Kepemimpinan mereka yang sementara namun membuat derita yang cukup berkepanjangan tentu membuat trauma tersendiri tapi untung saja para pahlawan dapat menuntaskan itu dengan cara kembali ke masa lalu dan mencegah para penjahat sebelum bertindak menguasai bumi.