Kematian dari orang tua Batman memang sebuah tragedy yang sangat menyakitkan tapi, DC Comics telah memperlihatkan bahwa jika orang tua Bruce Wayne masih hidup seluruh dunia mungkin akan hancur. Dalam sebuah skala kecil, hal ini mengamini bahwa dunia membutuhkan seorang pahlawan seperti Batman.

Tentu saja, Bruce Wayne bisa saja mendapatkan kehidupan yang sangat bahagia dengan orang tuanya hidup dan bahkan bisa melihat dia menikah dengan Seline Kyle. Hal itu terjadi saat Booster Gold memberikan hadiah pernikahan untuk mereka dengan mengubah takdir Martha dan Thomas Wayne. Kedua orang tua Bruce tidak jadi mati di gang tempat seharusnya mereka mati. Lalu, apa yang terjadi?

Akibat dari berubahnya jalan waktu tersebut Gotham menjadi kacau balau. Dick Grayson mengoperasikan Catcowl sebagai seorang ksatria malam yang dilengkapi dengan persenjataan berat, bukan seperti Batman yang kita kenal. Dia pun berperang dengan para gangster sipil yang telah bertransformasi akibat racun yang disebar oleh Joker.

Akibat lain dari racun joker tersebut, para pahlawan super berubah menjadi tidak waras atau dalam sebuah misi yang kemudian berubah kacau. Salah satunya adalah Hal Jordan alias Green Lantern yang akhirnya bunuh diri dengan menggunakan cincinya. Dick pun berusaha untuk membunuh Booster. Bukan karena Booster seorang penjahat tapi, karena dia memiliki kekuatan dan harus segera dibunuh sebelum dirinya teracuni oleh racun Joker dan berubah jadi gila.

Tidak ada yang bisa menghentikannya karena, seluruh Justice League sudah dibunuh tanpa adanya Batman yang selalu menyiapkan strategi perang. Dan ancaran dari Jokerisasi pahlawan diperlihatkan di halaman pertama Batman #45. Tanpa kehadiran sosok Batman juga membuat Ra’s berhasil menguasai seluruh Eurasia.

Seperti yang pernah disebutkan bahwa kematian dari kematian orang tuanya, bisa memberikan dampat yang sangat luar biasa daripada ketika mereka hidup. Menyadari apa yang sudah dilakukannya telah menyebabkan kekacauan, Booster berhasil mengubah kembali timeline dengan mengembalikan takdir seperti yang kita ketahui. Jika Martha dan Thomas Wayne hidup, dunia bisa hancur karenanya. Dengan kematian mereka, Batman lahir untuk memastikan dunia terus berputar.