Buat kamu para pecinta hal yang berbau misteri, keseruan yang ada di film horror tentunya bisa menjadi sebuah candu untuk menontonnya berkali-kali, dengan cerita mistis yang dibungkus dengan tegang bahkan sadis, membuat film horror menjadi sebuah primadona bagi para penikmatnya. Diantara banyaknya judul-judul film horror, sebagian ada yang diadaptasi dari sebuah novel atau bahkan dari kisah nyata (Urban Legend) yang terkenal. Tapi, tahukah kamu jika ada beberapa judul film horror yang diangkat dari cerita di internet? Simak ulasannya di bawah ya Geeks.

 


The Midnight Man


The midnight man dipercaya berasal dari sebuah ritual tua pemanggil arwah. The Midnight Game memiliki instruksi-instruksi yang harus diikuti seperti menyalakan sebuah lilin pada waktu tertentu dan jangan sampai ada yang meniup lilin tersebut. Juga menciptakan sebuah lingkaran perlindungan yang ditaburi oleh garam jika hal sebelumnya tidak berhasil.

Dengan dua buah film pada 2013 dan 2016 yang mencoba untuk menangkap apa yang di posting di sebuah forum beberapa tahun sebelumnya, masing-masing film tersebut mencoba untuk memperlihatkan versinya sendiri dari sebuah cerita tentang sekelompok orang yang mengundang the Midnight Man ke rumah mereka.


Blair Witch


The Blair Witch Project, yang dirilis pada tahun 1999 lalu, bercerita tentang sang antagonis sebelum dirinya menjadi seorang legenda sihir. Dan dikarenakan kesuksesan dari filmnya tersebut, beberapa jalan ceritanya diambil dari internet. tujuannya adalah untuk menjadi “saluran” bagi cerita seram orang lain dan menambahkan pengalaman sendiri, yang dimana para warganet merasa ikut tergabung dalam cerita tersebut.

Berbagai teori tentang kekuatannya, apa yang diinginkan dari para tukang camping liar, dan sejarah dari siapa penyihir tersebut dulunya sebelum kekuatan supranaturalnya mengambil alih dirinya sudah sejak lama beredar di internet.


2am : The Smilling Man


Berbeda dengan dua film sebelumnya, film ini sebenarnya merupakan sebuah film pendek. Karya dari Michael Evans yang dirilis pada 2013 lalu ini berhasil meraih satu juta penonton dalam waktu tiga hari sejak pertama dirilis. Meskipun ceritanya sangat simple hanya mengenai seorang yang sedang berjoget pada jam 2 malam namun, dibalik itu terdapat sebuah keseraman dibalik senyumnya tersebut.

Cerita aslinya berkisah tentang pengalaman seorang pria yang sedang berjalan pulang pada malam hari. Pria tersebut kemudian berpapasan dengan the smiling man, yang berdansa di jalan dalam keadaan yang tidak bisa kalian bayangkan, sebelum dirinya mengejar pria tersebut dengan semua keabnormalan seringainya. Cerita ini berhasil divisualkan dengan menunjukan betapa anehnya hal tersebut.


Slenderman


Slenderman tentunya sudah tidak asing untuk kalian yang senang berselancar di internet. Slenderman sudah menjadi sebuah ikon di dalam sejarah budaya pop. Sebuah film pun dibuat tentang sosok Slenderman ini. Slenderman dikisahkan merupakan sesosok makhluk kurus, tinggi, dan tidak memiliki wajah, dan senang untuk menculik anak kecil.

Kepopuleran dari Slenderman meningkat saat dua orang remaja berusaha untuk membunuh temannya sebagai sebuah persembahan pada tahun 2014 lalu. Insiden-insiden lain juga bermunculan seperti kebarakan rumah dan juga kasus bunuh diri yang semuanya berkaitan dengan sosok Slenderman. Hal tersebut kemudian dilihat sebagai sebuah kesampatan bagi Hollywood dan setahun berikutnya munculah film tentang Slenderman.


Candyman


Penuh adegan Gore dan sangat underrated. Film Candyman merupakan versi pria dari cerita Bloody Marry, yang akan muncul jika dirinya dipanggil sebanyak lima kali saat bercermin. Tentunya membuat kalian berpikir bahwa lebih baik tidak mencobanya, bukan?

Namun, bagi seorang mahasiswa yang skeptic bernama Helen Lyle, mencari Candyman menjadi sebuah hal yang memacu dirinya. Sama halnya seperti mencoba untuk melakukan legenda Bloody Marry, seorang pria yang berasal dari dimensi lain dengan sebuah pisau di tangannya dan bisa dipanggil hanya dengan memanggilnya membuat Helen penasaran dari keaslian cerita yang tersebar dari mulut ke mulut tersebut. Filmnya sendiri memeiliki plot cerita yang diadaptasi dari the Forbidden karya Clive Barker tapi, kebersinambungan dengan legenda urban tersebut tentunya tidak bisa diacuhkan untuk dibuat cerita film.


Urban Legend


Sama seperti judulnya, Urban Legend membungkus kisah-kisah yang sudah lama diturunkan di sekolah selama bebeberapa generasi. Semua cerita-cerita seram dari legenda urban semuanya ada di film ini. film Urban Legend secara cerdas menyatukan cerita=cerita seram yang sudah diceritakan bertahun-tahun dan kemudian dibungkus dengan kreativitas cerita dari mereka sendiri.


The Rake


Film The Rake sudah memiliki banyak film pendek dengan berbagai versi yang coba disuguhkan. The Rake merupakan sebuah makhluk berbentuk seperti humanoid yang tak kasat mata. Namun, the Rake tidak sama dengan Slenderman. The Rake lebih condong kepada sesosok monster.

The Rake merupakan fenomena lain internet yang banyak disukai oleh para komunitas pecinta horror bawah tanah.  Sangat menarik untuk melihat bagaimana sosok monster tersebut sudah diadaptasi ke layar lebar dengan berbagai versi, dengan menemukan sesuatu pendekatan yang baru dan inovatif dari para pembuat film. Versi layar lebarnya sendiri akan dirilis pada 18 Juni mendatang.


Channel Zero


Mengambil cerita langsung dari froum popular di reddit dan kemudian melakukan melakukan kesepakatan dengan penulis matair tersebut, TV series ini sekarang berkembang menjadi tiga bagian seperti di dalam cerita onlinenya. Dimulai dari Candle Cove yang terkenal. Menceritakan tentang sebuah kisah dari sebuah komentar dari sebuah threads, cerita asli Candle Cove adalah tentang sebuah program TV yang hanya diingat oleh grup dewasa tertentu, dengan menghadirkan boneka yang menyeramkan dan konten-konten yang menganggu yang bahkan tidak pantas untuk disiarkan di TV.

The Channel Zero berada diantara seseuatu yang bisa kita tertawai dan hal yang sebenarnya menganggu. Memperlihatkan sebuah anak kecil yang terbuat dari gigi dan sebuah band yang berisikan boneka bajak laut yang bisa berjalan bisa membuat kalian berpikir hal tersebut terasa aneh, tidak usah khawatir itu wajar untuk hal ini.

Itulah delapan film dan TV Series yang diambil dari cerita horror di internet. ada yang seram tapi, ada juga yang aneh, cenderung penuh adegan berdarah-darah. Tentunya hal itu menjadi sebuah hal yang menyenangkan untuk diikuti bagi para pecinta horror. Kadang cerita horror buatan amatir bisa lebih baik dan lebih seram dari para penulis yang sudah berpengalaman.

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.