Banyak musuh yang harus dihadapi oleh Green Lantern Corps yang bertugas sebagai polisi di jagat raya DC Universe. Pada cerita terbaru Hal Jordan and Green Lantern #45, mereka harus menghadapi kelompok penumpas kejahatan yang selalu bertindak ekstrem dalam melakukan tugasnya, yakni Darkstars. Bahkan, Green Lanterns juga harus mendapatkan tindakan penghianatan salah satu anggotanya yang berasal dari bumi, yakni Guy Gardner.

Hal ini tentunya sangat mengejutkan. Apalagi, Guy Gardner merupakan karakter yang banyak disukai oleh para fans Green Lantern. Bersama dengan Hal Jordan, John Stewart, serta Kyle Rayner, keempat manusia bumi ini bahu-membahu dalam mengamankan jagat raya dari gempuran para super villain. Namun, dengan aksi penghianatannya ini, tak menutup kemungkinan kalau empat sekawan ini bakal berhadapan menjadi musuh di medan pertempuran.

Aksi penghianatan dari anggota Green Lanterns yang membelot ke Darkstars bukanlah yang pertama dilakukan oleh Guy. Sebelumnya, telah ada Tomar-Tu yang bergabung demi menegakkan ‘keadilan’ versi Darkstars. Bahkan, Tomar-Tu adalah sosok yang melakukan pendekatan secara langsung kepada Gardner agar mau bergabung bersama dirinya dalam bendera Darkstars. Tanpa pikir panjang, Gardner secara langsung menerima ajakan dari Tomar-Tu.

Namun, ada hal yang juga harus diperhatikan. John Stewart yang merupakan pimpinan Green Lantern Corps adalah sosok yang jenius dalam meracik strategi perang. Tak menutup kemungkinan kalau aksi Gardner ini merupakan perintah rahasia yang diberikan oleh Stewart. Apalagi, dengan memiliki agen di tempat musuh, Green Lantern bisa menghadapi ancaman dari Darkstars dengan relatif lebih mudah.

Kalau aksi pembelotan ini memang hanya berupa tipuan agar bisa menjadi mata-mata, tentu hal ini akan menarik. Namun, bagaimana kalau ternyata Gardner benar-benar berkhianat?