Dengan dirilisnya film Solo : A Star Wars Story, membuat cerita dari kisah Star Wars semakin besar lagi dengan semakin luasnya jalan cerita. Dengan keberadaan cerita yang mengisahkan masa lalu dari Han Solo sudah saatnya beberapa karakter ikonik Star Wars lainnya mendapatkan film solonya sendiri. Kira-kira siapa saja yang pantas mendapatkan sebuah film solonya, simak pembahasannya di bawah ya Geeks!

 


Jar Jar Binks


Mungkin terdengar konyol untuk sebuah ide pembuatan film solo dari karakter Jar Jar Binks ini. Pihak Lucasfilm menyukai karkater ini dalam episode The Phantom Menace tapi, kemudian “jatah” tayangnya dikurangi sedikit demi sedikit dalam setiap film di preqduel trilogi Star Wars dikarenakan banyaknya fans yang membencinya.

Ada banyak cerita yang bisa diceritakan dari kisah Jar Jar ini. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi kepadanya setelah kejadian di Eposode III. Bukan cuman itu, cerita mengenai Jar Jar ini juga bisa diambil dari kisah novel Star Wars yang ditulis oleh Chuck Wending. Di akhir buku ketiga trilogi Aftermath, diceritakan Jar Jar tua hidup di jalanan Naboo, dibuang oleh masyarakat dan ditinggalkan hanya untuk menghibur anak-anak yang lewat.


Jabba


Ide untuk membuat folm solo dari makhluk lambat berlendir ini juga tentu bukan sebuah ide yang bagus. Tapi ternyata, sutradara kawakan Guollermo del Toro menyukai ide untuk membuat film ini dan dialah orang yang tepat untuk menggarap film ini jika filmnya jadi dibuat.

Del Toro pernah mengungkapkan bahwa dia bertemu dengan Kathleen Kennedy dan tim dari Lucasfilm untuk mendiskusikan kemungkinan dirinya untuk menulis atau menyutradarai sebuah film spin-off dan cerita yang dia mau di masa depan. “aku akan membuat sebuah film yang mirip seperti kisah Godfather dengan Jabba the Hutt yang berusaha untuk memegang kendali. Satu, karena karakter ini (Jabba) mirip denganku, dan aku menyukai dia. Aku suka ide dari mafia Hutt, sebuah cerita yang sangat rumit. Aku suka karakternya.”


Yoda


Inilah kiranya sebuah film spinoff yang sudah dinantikan para fans Star Wars sejak lama. Sejak dirinya diperkenalkan, karkater Yoda sudah menjadi salah satu dari sekian banyak karkater misterius di dalam kisah ini. Dirinya merupakan satu-satunya makhluk alien yang tidak memiliki nama ras resmi.

Bahkan, dalam prequel, ketika semuanya mendapatkan cerita orijinal mereka sendiri, karakter Yoda masih belum mendapatkan jatahnya. Master Yoda sudah menjadi pemimpin dari ordo Jedi dari awal seri Star Wars. Jadi, tentu saja ada ruang kosong untuk diceritakan bagaimana Master Yoda berlatih di masa awal dan kemudian menjaqdi seorang pemimpin.


Darth Vader


Kamu pasti suka bukan dengan ide ini? Meskipun, karakter Darth Vader sudah muncul di enam film seri Star Wars tentunya bukan sebuah ide yang buruk untuk menceritakan kisah dari Anakin Skywalker ini dalam sebuah film solo. Ada jarak waktu yang cukup lama antara Episode III dan Episode IV. Hal ini, bisa dimanfaatkan menjadi sebuah kisah yang potensial.

Cerita tersebut memang sudah diisi sedikit dialam Rogue One dan juga dalam komiknya. Tentunya akan menjadi sebuah cerita yang sangat bagus untuk melihat masa transisi dari seorang Anakin yang keras kepala di prequel menjadi seorang yang dingin dan penuh pehitungan. Bisa juga pihak Lucasfilm mengadaptasi cerita masa lalunya dari buku atau komik.


Obi-Wan


Keinginan para fans Star Wars untuk membuat film tentang kisah sang ksatria Jedi legendaris, Obi-Wan Kenobi, akhirnya terwujud. Pihak Lucasfilm akan segera merealisasikan keinginan tersebut dengan dibuatnya film solo tentang Obi-Wan yang diperkirakan akan mulai memasuki masa produksi pada tahun depan. Ewan McGregor sudah ditunjuk untuk memerankan karakter tersebut.

Obie-Wan menjadi orang yang sangat terluka ketika religion dan ordo yang dia pertahankan dengan sekuat tenaga harus hancur, dan semua teman-temannya dan para masternya pun dibunuh. Dalam sinopsis di film solo Obi Wan yang akan tayang, dikisahkan Obi sedang dalam masa pengasingan diri dan muncul kembali ketika mendengar kabar ada segerombolan penjahat yang menganggu para petani di tempat tinggalnya, Tatooine.


Knights Of The Old Republic


Knights of the Old Republic merupakan sebuah karakater favorit para fans dalam permainan video dari cerita Star Wars. Karkater ini sayangnya belum mendapatkan adaptasi apapun. Dengan mengambil latar waktu sekitar 4000 tahun sebelum kejadian manapun di cerita Star Wars,  gamenya menceritakan tentang kejadian dari para kesatria Jedi dan Sith lama.

Salah satu nilai plus terbesar dari cerita ini adalah cerita ini sangat juh dari cerita yang sudah ceritakan oleh kisah Star Wars sejauh ini. Bukan menceritakan sebuah cerita karakter, melainkan sebuah dongeng atau kisah yang sangat masif seperti dalam timeline filmnya. Film ini bisa dibungkus menjadi seperti film Lord of the Rings atau Game of Thrones.


Lando


Film Solo yang saat ini sedang tayang di bioskop, film ini cukup mendapatkan antusias yang positif dari berbagai pihak. Karakater Lando yang kalem dan santai ini berhasil memikat hati para penonton. Satu hal yang kemudian muncul dari film ini adalah keinginan para penonton dan para fans untuk dibuatkan film solo tentang dirinya.

Donald Glover berhasil menghidupkan karakter dari Lando dan berbagai pujian pun mengalir kepada dirinya. Dengan mengambil latar waktu 10 tahun sebelum kejadian di Episode IV, hal itu membuat ruang yang bisa dimanfaatkan untuk mengisahkan cerita seorang Lando muda. Glover mengatakan hal ini dalam press tour untuk film Solo. “Ini akan sangat keren untuk melihat Frasier (nama sebuah sitkom di NBC) di luar angkasa. Semua karakter tersebut sangat spesifik dan mereka mempunyai sudut pandang yang sangat spesifik jadi, pasti akan selalu menyenangkan untuk melihat mereka menjelajah ke sebuah planet yang berlainan dari apa yang mereka lakukan…. Dan semuanya sepertinya akan sangat seru untuk ditulis, pasti.”


Pasukan Kylo Ren


Satu hal yang paling menggugah perhatian dari plot sequel trilogi sejauh ini adalah kesatria Ren. Dalam menceritakan kisah The Force Awakens, sutradara J.J. Abrams berbicara sangat meyakinkan tentang mereka dan peran dari Kylo Ren sebagai pemimpinnya. Tapi, pada saat filmnya dirilis, mereka memang ada dalam sebuah scene namun sangatlah sebentar. Hanya sekitar lima detik saja dan bahkan rasanya sangat sulit untuk mengenali mereka.

Dari apa yang sudah diungkapkan berdasarkan film The Last jedi dan juga beberapa buku dan komiknya, sepertinya ksatria tersebut merupakan seorang Ben Solo yang kemudian memilih jalan kegelapan. Dalam The Last Jedi bahkan diberikan petunjuk bahwa para ksatria tersebut menurut Luke merupakan puluhan murid yang dibawa oleh Ben Solo ketika dia menghancurkan sebuah kuil. Kisah bagaimana Ben yang lebih memilih jalan kegelapan masih belum sepenuhnya sampai saat ini dieksplor.

Itulah delapam karakter yang dirasa harus dibuatkan spinoff atau film solonya. Apakah kamu setuju bila delapan karakter tadi mendapatkan film Spin-offnya? Atau kalian punya pilihan lain? Tulis komentar kalian di bawah ya Geeks!

 

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.