DC Universe tidak hanya dipenuhi dengan superhero yang berasal dari planet lain atau memperoleh kekuatannya secara misterius. Ada pula deretan superhero serta super villain yang merupakan para dewa. Sebagai dewa, tentu saja kekuatan mereka jauh lebih kuat dibandingkan superhero biasa. Nah, dari sekian banyak dewa yang ada di jagat raya DC, berikut ini adalah daftar 20 dewa yang paling kuat:


20. Hercules



Dibandingkan versi Hercules lain, Hercules dalam DC Universe, bisa dibilang sedikit lebih lemah. Bahkan, banyak dewa yang punya kekuatan lebih besar dibandingkan demigod yang satu ini. Namun, hal itu tidak membuatnya sebagai dewa terlemah. Hercules tetap dikenal sebagai dewa terkuat di DC Universe, mengingat dia adalah putra dari Zeus.


19. Grail



Grail menjadi sosok dewa terkuat berikutnya yang ada dalam DC Universe. Grail dikenal sebagai putri kandung dari pasangan assassin Amazonian bernama Myrina dengan Darkseid. Perpaduan kekuatan besar yang dimiliki oleh kedua orang tuanya, membuat Grail punya power yang tak kalah kuat. Apalagi, sejak kecil, Grail telah dididik menjadi seorang pembunuh. Sebagai bukti kekuatannya, Grail bisa mengalahkan Hercules.


18. Big Barda



Big Barda dulunya dikenal sebagai pemimpin dari Female Furies yang mengabdikan kekuatannya pada Darkseid. Setelah bertemu dengan Mister Miracle alias Scot Free, Big Barda beralih haluan. Dia menjadi salah satu superhero perempuan terkuat di DC Universe. Bahkan, kekuatannya tak kalah kalau dibandingkan dengan Wonder Woman ataupun Superman.


17. Wonder Woman



Wonder Woman alias Diana menjadi salah satu dewa terkuat selanjutnya di DC Universe. Kekuatannya tak perlu diragukan, apalagi dia merupakan keturunan dari Zeus. Ditambah lagi, Wonder Woman punya senjata ampuh Lasso of Truth yang tak hanya kuat dan tak bisa putus, tapi juga bisa membuat lawannya tidak dapat berbohong.

Secara keseluruhan, Wonder Woman dikenal sebagai superhero terkuat kedua di Justice League setelah Superman. Dia tidak hanya punya kekuatan super, tapi punya kemampuan bela diri, ilmu sihir, serta memiliki kemampuan menyusun strategi yang ampuh. Dengan segala kemampuannya tersebut, Wonder Woman pernah mengalahkan Superman, lho.


16. Orion



Orion memiliki kekuatan super kuat karena dikenal sebagai anak kandung dari Darkseid. Hanya saja, Orion tidak mengikuti jejak Darkseid yang menjadi sosok villain di DC Universe. Hal itu terjadi karena Orion dibesarkan oleh Highfather. Alhasil, Highfather berusaha membesarkan Orion untuk bisa mengalahkan Darkseid.

Hasilnya, Orion memiliki salah satu kekuatan terbesar di DC Universe. Dalam beragam kesempatan, Orion kerap bertarung bersama dengan para superhero. Dia pernah mengalahkan Superman. Selain itu, Orion juga membuat putra kandung Darkseid lain, yakni Kalibak, babak belur dan hampir tewas.


15. Ares



Dewa Perang Ares menjadi musuh bebuyutan dari Wonder Women. Keduanya berulang kali terlibat dalam pertempuran. Sebagai dewa perang, Ares memiliki kekuatan yang sangat kuat. Dia bisa mengeluarkan proyeksi energi, telepati, superhuman strength, mind control, dan lain-lain. Apalagi, Ares merupakan sosok immortal.


14. Hermes



Hermes memiliki kekuatan utamanya pada kecepatan. Tidak heran kalau di Olympus, dia berperan sebagai god messenger. Kecepatan yang dimiliki oleh Hermes pun jauh lebih cepat dibandingkan The Flash. Para dewa lainnya di DC Universe, tidak punya kecepatan yang bisa melebihi gerakan dari Hermes. Sebagai tambahan, Hermes memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, menjadikannya sebagai salah satu dewa tercerdas. Kecerdasannya itu pun sering dipakai dalam pertarungan.


13. Swamp Thing



Alec Holland sebelum menjadi Swamp Thing adalah seorang ahli botani. Karena sebuah kecelakaan, Holland bertransformasi menjadi Swamp Thing dan merupakan dewa yang mengabdikan diri kepada The Green, kekuatan elemental yang menghubungkan semua jenis tanaman di DC Universe. Karena kekuatan elementalnya itu, Swamp Thing bisa mengontrol serta memanipulasi beragam jenis tumbuhan sekehendak hati.


12. Takion



Josh Saunders merupakan sosok yang berada di balik Takion. Dia merupakan seorang psikologis buta yang kemudian dipilih oleh Highfather untuk menjadi elemental dari The Force. Alhasil, Saunders memperoleh kekuatan dewa. Dia bisa memanipulasi energi secara langsung dari The Source.

Seberapa besar kekuatan dari Takion? Pada awal transformasinya, energi yang berasal dari Takion menarik perhatian beberapa superhero Justice League. Captain Atom, Green Lantern Kyle Rayner, serta The Flash Wally West mendatanginya. Namun, dia berhasil mengalahkan semua superhero itu dalam waktu singkat dan kemudian meninggalnakn planet bumi.


11. The Wizard Shazam



Shazam dikenal sebagai superhero yang memperoleh kekuatan petir. Nah, ternyata, ada dewa bernama The Wizard Shazam yang memberikan kekuatan tersebut. Menariknya, dulu, The Wizard Shazam juga dikenal sebagai seorang bocah seperti halnya Billy Batson. Kemudian, enam forgotten gods memilihnya menjadi superhero. Sejak itu, Wizard Shazam terus bertambah kuat dan akhirnya menjadi anggota dari Council of Eternity dan penjaga Rock of Eternity.


10. Zeus



Tak perlu mempertanyakan keputusan DC untuk membuat karakter yang satu ini sebagai salah satu dewa terkuat dalam DC Universe. Apalagi, Zeus dikenal sebagai pemimpin dari Greek Pantheon. Kekuatan yang dimiliki oleh Zeus tidak sekadar petir. Dia juga mampu menghentikan waktu, mengontrol cuaca, membangkitkan orang mati, berubah wujud, energy blast, dan secara fisik jauh lebih kuat dari superhero, termasuk di antaranya adalah Superman.


9. Athena



Menjadi pemimpin dari Greek Pantheon, bukan berarti membuat Zeus sebagai dewa terkuat di sana. Alih-alih, gelar tersebut menjadi milik dari Athena. Dewa yang satu ini dikenal sebagai Goddes of Wisdom and Warfare yang merupakan sumber kekuatan dari Wonder Woman. Kecerdasannya dalam membuat strategi perang pun jauh lebih baik dibandingkan Ares. Tidak hanya itu, Athena juga dikenal sebagai sosok dewa tak terkalahkan.


8. Highfather



Di DC Universe, Highfather memang tak begitu populer. Namun, hal itu tidak membuatnya memiliki kekuatan yang lemah. Bahkan sebaliknya. Highfather dikenal sebagai musuh bebuyutan dari Darkseid. Pertarungan antara 2 kubu ini telah berlangsung selama ribuan tahun. Highfather yang memiliki nama asli Izaya merupakan pimpinan dari New Gods of Genesis yang ada di Fourth World.


7. Darkseid



Darkseid menjadi villain yang paling terkenal dalam DC Universe. Kekuatannya membuat Darkseid sulit dikalahkan oleh para superhero Justice League. Apalagi, dengan kekuatan dewanya, Darkseid mampu mengalahkan beberapa sosok terkuat di jagat raya DC, termasuk di antaranya adalah Zeus. Kekuatan dari Darkseid sangat lengkap, mulai dari immortality, telekinesis, super strength, manipulasi massa dan energi, dan lain-lain.


6. Trigon



Penampilannya yang sangar, membuat Trigon menjadi salah satu dewa paling menakutkan di DC Universe. Trigon merupakan interdimensional demon yang menguasai banyak dunia. Dia juga dikenal sebagai ayah dari Raven. Kekuatan yang dimiliki Trigon juga mampu membuat para superhero kelabakan, seperti telepati, telekinesis, dan bahkan manipulasi reality.


5. Rama Kusha



Rama Kusha mungkin terlihat sebagai dewa yagn lemah. Namun, siapa sangka kalau Rama Kusha punya sumber kekuatan dari karma dari seluruh jagat raya. Rama dikenal sebagai guardian spirit dari Nanda Parbat yang dikenal sebagai tempat paling misterius di DC Universe. Rama memang tidak punya kemampuan bertarung. Namun, kekuatannya membuat Nanda Parbat terlindungi dari beragam ancaman yang ada.


4. S’ivva



S’ivva dikenal sebagai salah satu makhluk tertua yang ada di DC Universe. Dewa yang satu ini dikenal sebagai elemental shadow dari old world. Dia memiliki julukan sebagai Old Gog Dancer of Destruction mampu menghadapi Orion bersama dengan Superman tanpa luka sedikitpun. Bahkan, S’ivva bisa dengan mudah menghancurkan Source Wall dan punya kemampuan kebal terhadap kekuatan Omega Sanction dari Darkseid ataupun Source milik Highfather.


3. Morpheus



Morpheus yang juga dikenal dengan nama Dream of the Endles merupakan personifikasi dari konsep mimpi. Dia tinggal dalam realm of dreaming. Di situ, Morpheus punya kekuatan penuh dalam mengontrol aspek realita dan fantasi dari jagat raya. Tak ada yang mampu mengalahkan Morpheus kecuali dirinya sendiri.


2. Lucifer



Nama lengkapnya Lucifer Morningstar memang bukan sosok yang sering muncul dalam DC Universe. Seperti halnya kisah dalam Alkitab, Luciver versi DC Comics merupakan sosok malaikat yang memberontak dari perintah Tuhan, dalam hal ini Presence hingga akhirnya dimasukkan ke neraka. Di sana, dia memiliki kekuatan sebagai penguasa nightmarish dimension. Kekuatan yang dimiliki oleh Lucifer membuatnya sebagai sosok dewa terkuat kedua setelah Presence di DC Universe.


1. Presence



Sosok dewanya para dewa, itulah Presence. Seberapa besar kekuatan yang dimiliki oleh Superman, Wonder Woman, Darkseid, ataupun Zeus, tidak bisa mengalahkan Presence. Apalagi, dalam DC Universe, Presence merupakan entitas Tuhan yang membuatnya benar-benar tidak terkalahkan. Tidak hanya itu, dia juga memiliki pasukan malaikat yang punya kesetiaan penuh.

Nah, dari 20 dewa terkuat itu, mana yang menjadi favoritmu, Geeks?

3 KOMENTAR

  1. Dan Grail yang seketika naik daun lewat Darkseid War..
    Mantap nih..
    Perbanyak ya konten tentang DC Universe.. biar semuanya tau konten komik yang berkualitas ya kayak gini 😁

Comments are closed.