Setelah pada tahun 2017 lalu Jake Gyllenhaal membintangi film Okja dan Southpaw kini, di tahun 2018 dia tengah bersiap untuk membintangi sebuah film biopic baru, The American, garapan sutradara Cary Fukunaga. Selain bermain sebagai pemeran utama, Jake juga akan memproduseri film ini. Film The American akan menjadi film biopic kedua Jake setelah sebelumnya dia membintangi film Stronger yang menceritakan tentang salah seorang korban bom di lomba marathon Boston.

Seperti yang dilaporkan oleh Deadline, The American dikembangkan oleh Gyllenhaal sendiri, Nine Stories  dan produksi film yang berbasis di New York, Riva Marker. Dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada Deadline, Jake mengungkapkan bagaimana awal ide pembuatan film ini. selain itu juga diamengungkapkan kekagumannya terhadap sosok Leonard Bernstein yang menjadi tokoh cerita di film ini.

“seperti kebanyakan orang, Leonard Bernstein menemukan jalannya untuk masuk ke dalam hati dan kehidupanku melalui West Side Story ketika aku masih kecil. Tapi, ketika aku beranjak dewasa dan mulai belajar tentang pekerjaanya, aku mulai mengerti kontribusinya dan kebudayaan modern Amerika berhutang banyak kepadanya. Sebagai seorang pria, Bernstein benar-benar figure yang mengagumkan dan akan sangat terhormat untuk menceritakan kisahnya dengan seorang talenta dan teman seperti Cary (Fukuji).

Film The American akan mengadaptasi karya biografi seorang Leonard Bernstein yang ditulis oleh Humphrey Burton pada tahun 1994. The American akan mengikuti kisah perjalanan Leonard Bernstein dari mulai ia menjadi seorang konduktor untuk New York Phillarmonic ketika masih berumur 25 tahun, hingga kisah melejitnya karirnya di industri hiburan yang diikuti oleh dirinya yang berjuang secara pribadi dan public untuk menjadi apa yang orang inginkan, yaitu dirinya sendiri.

Jake Gyllenhall dan Cary Joji Fukunaga memang bukanlah orang asing bagi keduanya. Mereka berdua adalah teman dekat dan film ini juga menjadi film pertamanya untuk bisa bekerja sama dalam hal directing. Meski begitu, film ini bukan film pertama bagi Jake untuk diarahkan oleh temannya tersebut. Film The American juga akan ditampilkan di festival film Cannes mendatang.

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.