Seperti yang kita ketahui, film Avengers : Infinity War meraih sukses besar setelah dirilis pada 25 April kemarin.  Film yang merupakan bagian dari Marvel Cinematic Universe  ( MCU ) ini masih akan melanjutkan cerita dahsyatnya tahun depan di Avengers 4, diselingi dengan 2 film lainnya terlebih dahulu yaitu Ant-Man & The Wasp dan Captain Marvel, pastinya cerita dari MCU ini akan jauh lebih luas lagi.

Tapi mungkin diantara para Geeks disini masih samar-samar dengan Marvel Cinematic Universe. Nah, untuk menjelajahi MCU lebih dalam lagi, yuk simak pembahasannya dibawah ini Geeks!


Apa itu MCU?


MCU atau Marvel Cinematic Universe, merupakan sebuah franchise film yang dibuat oleh production house Marvel Studio . Namun berbeda dari franchise film lain yang hanya membuat sekuel dari film tertentu, franchise di MCU kaya akan berbagai film & karakter yang saling terkait. Misalnya film Iron Man ( 2008 ) yang menjadi franchise pertama Marvel Cinematic Universe, dilanjutkan dengan The Incredible Hulk yang ternyata terkait dengan karakter Tony Stark dari film Iron Man. Tony Stark juga melanjutkan kisahnya sendiri dalam Iron Man 2 & 3. Karena kaya dengan karakter dan film solo masing-masing, franchise dari Marvel Studios ini pun disebut dengan istilah Marvel Cinematic Universe dan konsep ini mulai diaplikasikan oleh studio-studio film lainnya.


Marvel Cinematic Universe Phase


Deretan film dari MCU ini lalu terbagi menjadi beberapa kelompok yang dikategorikan menjadi beberapa Phase. Setiap phase di akhiri dengan film Avengers dimana karakter-karakter yang sebelumnya berjalan sendiri-sendiri, berkumpul dalam satu film. Setiap phasenya, MCU dipastikan berkembang semakin luas. Dari Phase pertama yang lebih berfokus pada cerita earth bound ( berlatar belakang di Bumi ) sampai saat ini dimana MCU telah menjalani Phase ketiga yang mulai merambah dunia kosmik. Tapi berbeda dengan dua phase sebelumnya, phase ketiga ini akan memiliki 2 ‘puncak’, yaitu Avengers : Infinity War dan Avengers 4.

Dibawah ini merupakan deretan film dari Phase 1 sampai ke phase 3, setiap list ini juga berjalan berurutan, artinya jika kamu menonton Iron Man 3 lalu melanjutkannya ke film Thor : Ragnarok tentu akan ada beberapa cerita dari film yang terlewat. Nah ini dia listnya Geeks :

Phase 1 :

  • Iron Man
  • The Incredible Hulk
  • Iron Man 2
  • Thor
  • Captain America : The First Avengers
  • The Avengers

Setelah Marvel Studio rampung dengan deretan film di Phase 1, mereka terus melanjutkan kisah petualangan para karakter superhero-nya di MCU Phase 2 yang dimulai dari tahun 2013 sampai 2015. Marvel Studio dan Disney terus menjalin kerjasama guna merilis ke-enam film Marvel di Phase 2. Jadi seluruh film di Phase ini merupakan hasil garapan Disney dan Marvel Studio, dan pendapatan dari deretan film ini berhasil mengalahkan Phase sebelumnya yaitu dengan meraup $5.2 Miliar diseluruh dunia. Geeks, inilah deretan film di MCU Phase 2 :

Phase 2 :

  • Iron Man 3
  • Thor : The Dark World
  • Captain America : The Winter Soldier
  • Guardians of The Galaxy
  • Avengers : Age Of Ultron
  • Ant-Man

Dengan meningkatnya pendapatan, Marvel Studio pun terus melanjutkan cerita panjang di Universe ini. Nah, pada saat ini kamu sedang berada di MCU Phase 3 yang dimana deretan film di Phase ini lebih banyak dibanding dua phase MCU sebelumnya. Deretan film di MCU Phase 3 berjumlah sepuluh film, tiga diantaranya masih belum dirilis. Phase 3 dibuka oleh pertarungan sengit antara kubu Captain America dan kubu Iron Man pasca kejadian di film Avengers : Age of Ultron (2015), pasti kamu langsung tahu film apa yang dimaksud, yup! film tersebut adalah Captain America : Civil War (2016). Sepertinya, MCU Phase 3 ini akan menjadi Phase tersukses MCU, pasalnya salah satu film yang saat ini sedang tayang dibioskop yaitu Infinity War mampu menyedot masa yang besar menjelang minggu pertamanya. Geeks, inilah deretan film di MCU Phase 3 :

Phase 3 :

  • Captain America : Civil War
  • Doctor Strange
  • Guardians of The Galaxy Vol.2
  • Spider-Man : Homecoming
  • Thor : Ragnarok
  • Black Panther
  • Avengers : Infinity War
  • Ant-Man & The Wasp
  • Captain Marvel (Unreleased)
  • Avengers 4 (Unreleased)

Meskipun MCU Phase 3 belum selesai, Marvel Studio telah mempersiapkan deretan film di MCU Phase 4. Untuk saat ini Marvel baru memastikan tiga film yang akan menjadi cerita babak baru MCU, dimana sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa cerita MCU akan memulai cerita kosmik untuk sepuluh filmnya di Phase 4. Marvel telah menargetkan bahwa Phase 4 ini akan berlangsung dari tahun 2019 hingga 2028 nanti. Berikut tiga film yang berada di MCU Phase 4 :

  • Spider-Man : Far From Home
  • Guardians of The Galaxy Vol.3
  • Black Widow
  • Eternals

 


Istilah Di Marvel Cinematic Universe


Mungkin bagi kamu yang baru tertarik atau mungkin mendalami tentang Marvel Cinematic Universe, tak ada salahnya untuk mengenal beberapa istilah tentang MCU. Nah, kali ini kita akan membahas lima istilah yang musti kamu ketahui, apa saja lima istilah tersebut? Yuk simak dibawah ini Geeks!

Live Action : Live action adalah adaptasi dari komik/animasi/novel dalam format real human. Nah Marvel Cinematic Universe ini adalah adaptasi dari karakter di Marvel Universe alias komik. Ga cuma karakter, beberapa elemen MCU di versi live action juga mengadaptasi elemen dari komiknya, namun dengan beberapa penyesuaian karena gimana pun cerita dalam versi live action belum sekaya versi komiknya.

Origin : Origin/Origin Story adalah cerita asal/awal mula. Kebanyakan origin story menceritakaan saat karakter tertentu menjadi superhero, misalnya awal mula Tony Stark menjadi Iron Man, Steve Rogers menjadi Captain America atau bagaimana Guardians of the Galaxy terbentuk. Origin story biasanya ada di film pertama karakter tersebut, tentu kita tidak melihat origin story Iron Man di film Iron Man 3 bukan? Meskipun terkadang origin story suatu karakter ‘nyelip’ di film lain, seperti Vision yang lahir di Avengers : Age of Ultron.

Universe :  Ada dua penjabaran istilah Universe, yang pertama jika menilik referensi dari komik, Universe adalah satu semesta dari beberapa semesta yang jumlahnya ribuan ( multiverse ). Jadi katakanlah Bumi dan seluruh semesta yang kamu tinggali ini adalah semesta A. Nah, di universe lain yang kita sebut semesta B, terdapat Bumi dan kamu dalam ‘versi yang berbeda ‘ dari semesta A.

Tapi dalam istilah film, Universe adalah karya dari satu studio yang sama ( dalam hal ini Marvel Studios ) yang merilis berbagai film dengan berbagai karakter yang hidup/tinggal di satu dunia yang sama. Sehingga mereka bisa berinteraksi ( crossover ) dengan karakter lain layaknya Avengers yang merupakan kumpulan karakter dari film-film solo yang berbeda. Tapi, terkadang meskipun beberapa karakter lahir dari publisher komik yang sama ( Marvel ) tapi lisensi untuk dibuat live action dipegang oleh studio yang berbeda. Jadi jangan heran kenapa Deadpool atau karakter X-Men & Fantastic 4 ga ada di Avengers, karena lisensi mereka di pegang studio lain, yaitu 20th Century Fox yang otomatis membuat universe mereka berbeda dari universe Avengers. Btw, fyi aja nih, kepemilikan 20th Century Fox saat ini udah dipegang sama Walt Disney yang juga induk dari Marvel Studios, jadi kedepannya ga menutup kemungkinan karakter-karakter yang terpisah universe bisa gabung di satu universe yang sama.

Timeline : Sekilas dari namanya, tentu kamu bisa menyimpulkan bahwa istilah ini berkaitan dengan waktu. Timeline adalah alur waktu dari suatu Universe. Patokan waktu di MCU di mulai dari film Iron Man pertama ( 2008 ). Setelah itu semua film di MCU memiliki latar belakang waktu yang berjalan maju pasca event Iron Man. Meskipun beberapa film memiliki latar belakang waktu yang mundur seperti Captain America : The First Avengers, dimana kita diceritakan dengan origin story dari Steve Roger menjadi Captain America, namun di akhir film ia terjebak di bongkahan es selama puluhan tahun sampai kembali ‘bangkit’ di zaman Iron Man berada.

Infinity Stones : Infinity Stones atau yang dalam komik disebut Infinity Gems adalah salah satu artifak terkuat di Marvel Cinematic Universe. Ada 6 jenis Infinity Stones ( Reality Stone, Space Stone, Time Stone, Soul Stone, Mind Stone dan Power Stone ) yang masing-masing memiliki kekuatan berbeda. Jika keenam batu tersebut digunakan bersamaan, maka pemiliknya akan memiliki kekuatan yang tidak terbatas. Oleh karena potensinya yang luar biasa, banyak tokoh Marvel yang memperebutkan keenam batu tersebut dan salah satunya adalah Thanos.

Quantum Realm : Quantum Realm adalah hal ‘baru’ di Marvel Cinematic Universe. Diperkenalkan pertama kali di film Ant-Man, Quantum Realm adalah dimensi alternatif yang dapat dikunjungi melalui energi atom. Dalam Quantum Realm, ruang dan waktu berjalan tidak relevan. Dan Btw, istri dari Hank Pym yaitu Janet Van Dyne saat ini masih terjebak di Quantum Realm dan akan lebih dieksplorasi di film Ant-Man & The Wasp.

Super Soldier : Super Soldier adalah tentara dengan kemampuan khusus hasil serum buatan. Super Soldier memiliki kemampuan diatas rata-rata manusia biasa. Captain America alias Steve Soldier adalah karya pertama dari super soldier.

Celestial : Celestial adalah ras alien yang dijuluki Space Gods karena dianggap bertanggung jawab atas evolusi peradaban di alam semesta. Di Marvel Cinematic Universe, salah satu sosok Celestial telah hadir, yaitu Ego, alias ayah dari Star Lord.

Inhuman : Inhumans adalah manusia yang telah melewati proses terigenesis dan akhirnya memiliki kemampuan khusus. Di film Marvel Cinematic Universe istilah Inhuman jarang digunakan, istilah ini lebih banyak di gunakan dalam serial tv nya seperti Agent of Shield atau serial Inhumans.

Mid-Credit : Nah, istilah ini sepertinya patut dicatat bagi kamu yang baru mengenal Marvel Cinematic Universe. Peran mid-credit ini bisa dibilang sangat penting, mengingat seluruh film MCU memiliki cerita yang saling berkaitan satu sama lain. Jadi setelah film selesai, sebaiknya kamu jangan tinggalin bangku bioskop dulu, soalnya mid-credit muncul setelah adegan pengenalan nama pemeran dan sutradara di akhir film. Mid-credit ini merupakan adegan singkat yang biasanya berdurasi sekitar 1 menit, hal ini dimaksud agar para penonton bisa mengetahui bahwa film tersebut akan memiliki ‘sesuatu yang baru’ untuk film sekuelnya sekaligus membuat penasaran.

Post-Credit : Beberapa film MCU biasanya memiliki dua credit scene atau cuplikan singkat di akhir film, lalu apa bedanya dengan Mid Credit? Untuk Post-credit ini biasanya muncul setelah pengenalan setelah suatu film menampilkan seluruh pemeran, studio, soundtrack, dan seluruh kru yang terlibat dalam penggarapan filmnya. Biasanya untuk film yang akan memiliki dua adegan singat ini, biasanya post kredit hanya berupa jokes setelah cerita beres, jadi bisa dibilang adegan ini hanya berupa hiburan saja sebelum kamu meninggalkan kursi bioskop. Jadi buat yang tak ingin ketinggalan credit scene MCU, kamu harus duduk lebih lama lagi di dalam bioskop ya Geeks!


Other Stuffs


Keberadaan MCU series ini sepertinya tak bisa dianggap remeh, meksipun disepanjang season TV Series Marvel kamu tidak akan melihat aksi Tony Stark (Robert Downey Jr) mengenakan kostum Iron Man dan Captain America (Chris Evans) menggunakan tameng andalannya. Jika kamu tertarik untuk mengikuti timeline panjang MCU, TV Series Marvel ini bisa dibilang menjadi cerita pelengkap deretan film MCU. Jadi, cerita series MCU ini juga masih satu timeline dengan cerita fim MCU, terkecuali series yang dirilis secara ekslusif oleh Netflix.

Saat ini, dua TV Series Marvel yang ceritanya tergabung dengan timeline film MCU, diantaranya adalah Agent of S.H.I.E.L.D dan Agent Carter. Cerita series Agent of S.H.I.E.L.D. masih berlanjut hingga Season 5, sedangkan Agent Carter hanya bertahan hingga Season 2 yang rilis pada tahun 2016 silam. Selain dua series tersebut, tahun lalu Marvel mengadaptasi cerita komik Inhumans menjadi TV Series yang disiarkan oleh Channel ABC. Namun, keberadaan series Inhumans sepertinya belum bisa memikat hati para penggemar Marvel, karena mendapat respon negatif dan saat ini hanya memiliki satu Season saja dengan delapan episode.

Sedangkan series Marvel versi Netflix juga melibatkan beberapa karakter dari komik, seperti Luke Cage, Jessica Jones, Daredevil, Iron Fist dan tergabung di series The Defenders. Tentu tak ketinggalan series yang menceritakan Frank Castle alias The Punisher yang mampu menarik perhatian para penggemar Marvel. Di tiga series selanjutnya, Marvel menyuguhkan cerita yang cukup unik karena mereka mengangkat superhero remaja seperti yang disajikan dalam series Runaways, Cloak & Dagger, dan New Warriors.

Dari pengenalah MCU hingga Istilah-istilah penting, itulah berbagai hal yang patut kamu ketahui tentang Marvel Cinematic Universe. Mungkin dengan menyimak artikel tadi, kamu akan lebih paham dan lebih mengerti bagaimana dunia MCU ini. Nah, bagi kamu yang ingin menambahkan atau memberi pendapat, langsung tulis dibawah ini ya Geeks!