Untuk para fans yang selalu ingin melihat bagaimana para mutan X-Men dan Fantastic Four bergabung dengan para pahlawan Marvel, kabar mengenai kesepakatan antara Disney dan Fox tentu menjadi sebuah kabar yang membuat mereka excited. Namun, banyak juga dari para penggemar yang meragukan apakah mutan bisa “menyatu” dengan Marvel Cinematic Universe dimana karkater yang memiliki kekuatan super secara umum dianggap sebagai pahlawan.

Mengenai hal ini, Kevin Feige, presiden dari Marvel dalam wawancaranya bersama Comingsoon.net menuturkan bagimana X-Men kemungkinan bisa masuk ke dalam MCU. Feige juga menyatakan bahwa mereka belum memulai untuk mengerjakan debut X-Men di MCU. Namun, Feige memberi catatan bahwa film Thor adalah contoh bagaimana X-Men nantinya diperkenalkan. Berikut kutipan resminya.

“kamu benar, masih terlalu jauh untuk membicarakan apakah akan terjadi atau tidak. Kami belum memulai mengerjakannya. Kami mempunyai lima film yang sudah kami umumkan yang sudah banyak menghabiskan banyak waktu kami.”

 

Hasil gambar untuk fantastic four x-men

Selain itu juga masalah hak cipta menjadi alasan mengapa Marvel belum bisa memasukan karakter siapapun dari Fox uuntuk ditampilkan di MCU. Berikut kutipan wawancara Feige kepada The Playlist.

”kami memikirkan untuk memberikan apa yang sudah kami janjikan. Film apapun, terutama untuk karakter yang belum kita miliki hak ciptanya sampai seseorang mengatakan kita punya (hak ciptanya), kemungkinan juga akan lebih lama setelahnya.”

Dengan berasumsi bahwa Marvel melanjutkan pendekatan “Phase” mereka saat ini. Sepertinya Kevin Feige memasukan karakter-karakter Fox ke dalam MCU sebagai bagian dari Phase 5. Hal ini dikarenakan kesepakatan antara keduanya belum benar-benar selesai. Feige dan Marvel tentu saja akan terjerat masalah hukum karena hak cipta karakter tersebut.

Kesepakatan akhir antara Disney dan Fox diperkirakan akan rampung pada musim panas 2019 mendatang. Jadi, sambil menunggu kesepakatan keduanya beres tentu saja para fans harus melihat terlebih terlebih dahulu apa yang dibangun Marvel Cinematic Universe setelah Thanos menghajar para Avengers di Infinity War dan Avengers 4 mendatang sebelum melihat karakter laoin bergabung ke dalam MCU.

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.