Untuk saat ini genre Sci-fi sendiri, tengah digandrungi banyak penikmatnya, apalagi untuk genre itu dari film sampai tv series selalu menjadi hit. Series Netflix Stranger Things yang memulai debutnya tahun 2016 lalu ini, sangat disukai oleh para penikmatnya, dengan nuasa yang kental di era tahun 80’an dan berbagai hal mistis.

Seiring dengan kesuksesan film tersebut, baru-baru ini Matt dan Ross Duffer telah terkena hujatan dari Charlie Kessler karena telah melakukan plagiarisme pada filmnya yang berjudul Montauk. Namun, Duffer Brother memiliki bukti untuk membebaskan mereka dari gugatan tersebut.

Dilansir dari TMZ.com, mereka menerima sebuah email yang membuktikan bahwa Duffer Brother tidak melakukan tindak plagiarisme terhadap kisah Kessler. Pada dua email tahun 2010 yang dimana Montauk belum rilis saat itu. Mereka juga memaparkan bahwa ide mereka itu menggambarkan sebagai acara Tv yang nyata, mistis, dan 80’an. Duffer Brother juga mengatakan bahwa mereka sempat memakai Montauk sebagai referensi mereka.

Hasil gambar untuk matt and ross duffer stranger things

Pada dokumen tahun 2013 lalu, setahun sebelum dugaan-dugaan Charlie Kessler muncul. Matt dan Ross Duffer telah mengeluarkan ide mereka yang pada akhirnya menjadi Stranger Things bahkan lebih mendetail lagi. Dan ada dua lagi email yang ditulis pada awal tahun 2014, sebelum pertemuan antara Duffer Brothers dan Kessler, yang membicarakan tentang acara Long Island 1980an dan mengacu kepada ‘Vintage Stephen king’. Pada salah satu email juga menjelaskan tentang lokasi Montauk, yang acara itu beralih ke Indiana. Pengacara dari Duffer Brothers juga menyatakan

“Dokumen-dokumen ini membuktikan bahwa Mr. Kessler, tidak ada hubungannya dengan penciptaan Stranger Things. Proyek itu telah dikembangkan oleh Matt dan Ross Duffer beberapa tahun kebelakang sebelum pertemuan dengan Kessler”

Sepertinya kedua proyek tersebut memiliki referensi yang sama, ini juga bukan pertama kalianya suatu kesamaan referensi terjadi. Bahkan film Shape of Water besutan Guillermo Del Toro, tengah dalam kasus yang sama. Menurut kalian bagaimana Geeks tentang kesamaan ide ini? Share pendapat kalian di kolom komentar dibawah ini ya Geeks!