Ketika hampir satu tahun yang lalu Warner Bros mengumumkan bahwa mereka tengah mengerjakan Matrix 4, berbagai reaksi penggemar ‘menyerang’ studio ini. Sebagian besar merespon negatif apa yang Warner Bros lakukan dan menyatakan penolakannya pada penulis yang diutus studio, Zak Penn. Namun ternyata, sang penulis memberi petunjuk bahwa apa yang ia kerjakan bukanlah reboot atau remake.

Dalam wawancaranya bersama Screenrant, Zak Penn menjelaskan bahwa dirinya bukan membuat ulang cerita The Matrix, ia justru memperluas cerita Matrix dalam sebuah semesta atau bisa dibilang sebagai Matrix Universe. Semesta yang ia maksud layaknya Marvel Cinematic Universe atau DC Extended Universe, namun dengan konsep berbeda seperti apa yang ditunjukan dalam film Ready Player One. Usahanya saat ini masih terus berjalan dan Warner Bros pun menyukai ide yang ia buat. Seperti kutipan dibawah ini :

“Saya sedang mengerjakan Matrix sekarang, saya tidak bisa menjelaskan terlalu banyak, tapi saya telah melakukannya. Saya pikir konsepnya serupa dengan OASIS (ruang virtual yang saling berhubungan dalam film Ready Player One). Baik Matrix maupun OASIS, keduanya adalah ide cemerlang untuk dibuat menjadi cinematic universe”

Setelah berita digarapnya proyek The Matrix, ada rumor bahwa Michael B. Jordan akan menjadi aktor dalam film ini, dimana ia akan berperan sebagai Morpheus versi muda, karakter ikonik yang sebelumnya diperankan oleh Laurence Fishburne. Namun Zak tidak ingin membocorkan apa pun dari proyeknya, ia hanya menggoda bahwa film ini bisa menjadi prequel, sekuel atau sesuatu yang lain sama sekali, bahkan mungkin tidak menampilkan karakter yang telah dikenal oleh para penggemar The Matrix Trilogi.

Rumor lain mengatakan bahwa Lana dan Lily Wachowski, sutradara yang menggarap Matrix original akan terlibat kembali dalam film baru Matrix, tetapi rumor itu menguap begitu saja seiring waktu. Selain dari itu, belum ada kabar lain seputar film baru Matrix ini, namun stay tune terus di Greenscene.co.id ya Geeks, karena cuma disini kamu bisa mendapatkan update terbaru yang lengkap banget dari Matrix 4 dan film lainnya.