Siapa sih yang tidak mengenal Tony Stark alias Iron Man? Tony memang tidak memiliki kekuatan super, namun berkat kejeniusannya, ia mampu membuat armor yang membuatnya menjadi superhero. Pastinya itu patut diperhitungkan.

Namun bukan hanya Tony sendiri yang memiliki kecerdasan luar biasa. Baik superhero atau supervillain, memiliki karakter-karakter yang mengandalkan kecerdasannya sebagai jalan untuk merealisasikan tujuan mereka. Kali ini, kita akan membahas siapa saja karakter komik dari DC dan Marvel yang memiliki tingkat kejeniusan yang tinggi. Simak selengkapnya di bawah ini Geeks!


Braniac 5


Pada abad ke-30, telah lahir anak dari Brainiac dan Vril Dox II yang bernama Querl Dox di planet Colu. Selama berabad-abad lamanya gelar Bariniac telah digunakan oleh ayah Querl, lalu pada saat Querl menginjak umur 12 tahun gelar tersebut di berikan kepadanya. Setelah ia mendapatkan gelar tersebut, Querl membuat sebuah terobosan baru tentang ilmu perjalanan waktu, dengan ajaran dari mentornya Circada Senius, Querl di undang kebumi untuk bergabung dengan Time Institute yang bertempat di Metropolis.

Pada saat belajar dibumi, ia menemukan suatu teori tentang Time Bubble, yang menjadi metode perjalanan waktu untuk Legion of Super-Heroes. Sesaat setelah ia melakukan percobaan dengan alat Time Viewer, Querl diserang oleh pasukan Green Lantern Corp. Namun pada penyerangan tersebut ia diselamatkan oleh Legion of Super-Heroes yang baru dibentuk. Dengan kepintarannya ia mencoba bergabung dengan Legion yang dipimpin oleh Supergirl, dengan bergabungnya ia dengan tim tersebut ia menyandang gelar ‘Brainiac 5.’


Mr. Terrific


Michael Holt adalah seorang yang memiliki IQ diatas rata-rata manusia dan mempunyai bakat atlit alami. Tak lama setelah ia menginjak umur 6 tahun, Michael holt sudah bisa memahami teori mengenai time and space dan dapat mengimprovisasi karya-karya dari Niels Bohr, Albert Einstein, Max Planck, dan Richard Feyman. Setelah kehilangan kakaknya Jeffrey yangmengalami tantangan mental pada usia 15, Michael terus melanjutkan kehidupannya dengan mendapatkan gelas doctor dan gelar lainnya yang lebih tepatnya ada 14 gelar yang ia dapatkan. Kemudian ia bertemu dengan Paula dan menikahinya, namun naas istrinya mengalamai kecelakaan mobil bersamaan dengan anak yang masih dalam kandungan.

Sesaat ia mempunyai niat untuk bunuh diri, Spirit of Devine Vengeance  Spectre mendekati Michael dan menceritakan tentang kisah seorang pria bernama Terry Sloane yang menyandang nama Mr. Terrific. Karena terinspirasi oleh Terry yangmemiliki asal usul serupa, Michael memutuskan untuk mengambil mantelnya.


Lex Luthor


Mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Lex Luthor, karakter satu ini adalah musuh bebuyutan superman, ia mempunyai kecerdasan dan seorang miliader. Dengan kombinasi  kecerdasan dan kekayaan ini menjadikanya vilain yang sangat berbahaya, selain mempunyai dendam pribadi kepada orang-orang  yang selalu menggagalkan rencananya. Dia paling membenci Man of Steel karena ia memandang Superman itu sangat bertentangan dengan kaum Manusia. Semasa ia menjadi pemimpin dari LexCorp, di kabarkan bahwa perusahaan itu penuh dengan scandal korupsi, namun ia tetap bisa mempertahankan kepopulreran politiknya.

Dengan bermodalkan kecerdasannya saja Lex Luthor mampu membuat Superman kewalahan. Dengan kemampuan yang bisa mengendalikan situasi apapun, banyak penemuan yang ia ciptakan salah satunya adalah B-Zero ‘Bizzaro’, yaitu sebuah kloningan dari Dna Superman, dan masih banyak lagi penemuan aneh lainnya maupun itu hal baik sampai yang terburuk.


Reed Richards


Reed Richard lahir di Centar City, California. Putra dari Nathaniel dan Evelyn Richards ini mewariskan kepintaran dari ayahnya, dengan cepat ia menyelesain kan sekolah nya dan pada umur 14 tahun dia diterima di universitas. Setelah lulus ia terus melanjutkan petualangannya untuk menimba ilmu ke berbagai universitas, saat menghadiri EMU ia bertemu dengan Ben Grimm yang pada saat itu mereka menjadi teman akrab. Saat ia sedang berada di Columbia, Reed bertemu dengan Sue Strom dan tak berapa lama mereka benkencan.

Setelah itu ia mendaftarkan diri ke Harvard dan meraih gelar P.H.D dalam fisika dan penguasaan ilmu mekanik. Setelah selesai dengan sekolahnya, Reed memulai proyek membuat pesawat luar angkasa di Central City. Sue pun pindah ke tempat yang sama dan mendapati berkencan kembali dengan Reed. Karena pemerintah menolak ia untuk pergi ke luar angkasa, Reed, Sue, Ben, dan Johnny memutuskan untuk diam diam menyelinap ke kapal. Reed kala itu salah akan perhitungannya akan kelainan radiasi cosmic, kapal itu hancur dan mereka mendarat kembali ke bumi dengan selamat, namun karena terpapar radiasi Reed sadar akan perubahan pada tubuhnya dan pada saat itu ia menyandang nama Mr. Fantastic.


Ryan Choi


Ryan Choi disebut-sebut anak ajaib dari hongkong. Karena kepintarannya tersebut pada usia yang relatif masih muda ia telah menerima gelar Doctor. Dengan menjadi ahli fisika, Ryan menjadi rekan dari Dr. Palmer, keduanya selalu membicarakan tentang teori yang mereka ciptakan, setelah itulah Ryan telah menjadikan Palmer sebagi mentornya. Setelah kematian dari ibunya, ia memutuskan untuk pergi ke Amerika dan diterima di Ivy Universitas untuk melanjutakan studinya.

Namun, saat Ryan berkeinginan bekerja untuk Palmer. Palmer telah dikabarkan telah menghilang karena identitasnya sebagai superhero yang menyandang nama Atom terungkap ke dunia. Setelah Dr. Palmer menghilang, Choi bersikeras untuk ditempatkan di rumah lama Palmer, dan disetujui oleh kerabat Palmer. Saat berada disana, Choi menemukan sebuah alat yang ditinggalkan Dr. Palmer, alat tersebut bernama Bio-Belt yang dapat merubah ukuran seseorang menjadi kecil. Ryan terus mempelajari sabuk tersebut dan akhirnya ia mengikuti jejak Palmer menjadi Atom.

Itulah beberapa karakter DC dan Marvel yang memiliki kegeniusan yang tinggi, apakah karakter yang di favoritkan diatas. Jika kalian ada yang memiliki pendapat karakter yang tingkat kegeniusannya tinggi, kalian bisa menulis pendapat di kolom komentar di bawah ini ya Geeks!