10 tahun lamanya Marvel Cinematic Universe menemani kita. Selama itu juga kita disuguhkan dengan cerita berbagai villain yang berusaha untuk menguasai Bumi dan sekitarnya, juga para superhero yang berusaha mempertahankan Bumi dari serangan villain. Namun bagi para pecinta buku komik, tentunya mengetahui bahwa “Bumi kita” saat ini adalah satu dari beberapa Bumi yang ada di Marvel Universe atau yang disebut dengan multiverse.

Lalu apakah multiverse akan hadir di MCU? Pertanyaan itu telah ada selama 10 tahun MCU berjalan, dan baru-baru ini, pertanyaan tersebut akhirnya dijawab oleh Benedict Cumberbatch. Melalui fitur bonus Blu Ray Thor : Ragnarok, aktor yang memerankan tokoh Doctor Strange ini bicara mengenai kemungkinan multiverse yang akan membuat skala MCU semakin besar. Simak kutipannya dibawah ini :

“Apa yang telah kita lihat di Marvel Cinematic Universe adalah kisah superhero yang terus berkembang. Saya pikir kita saat ini berada di dunia yang sudah cukup ramai, dan akan meledak ke dimensi lain.”

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983, konsep multiverse awalnya dibuat sebagai cara untuk membedakan berbagai versi Kapten Brian Braddock di Inggris. Multiverse Marvel menawarkan banyak prospek menarik yang bisa membuat berbagai kisah lebih variatif. Menariknya, Marvel Cinematic Universe sendiri berada di Earth-199999, jauh dari multiverse yang menjadi alur utama di versi komiknya, yaitu Earth-616.

Berbagai ‘petunjuk awal’ menuju multiverse pun telah hadir di MCU, dimulai dari Ant-Man yang membahas tentang Quantum Realm, juga Doctor Strange yang mengunjungi Dark Dimension dimana Dormammu tinggal. Meskipun masih terlihat seperti MCU di satu semesta tunggal, siapa yang tahu kedatangan Thanos bisa memicu perubahan masif di MCU, terutama multiverse.

Namun jangan terlalu mengharapkan sesuatu yang radikal hadir di multiverse MCU. Seperti misalnya story arc Zombie yang sejak dulu telah di tolak oleh Kevin Feige. Selain itu sebagian besar kisah Multiverse mungkin akan terlalu membingungkan bagi penonton awam. Either way, mari kita berharap agar MCU mampu menghadirkan konsep multiverse dengan cara mereka sendiri, namun tetap menarik untuk disimak.