Setelah Hela menghancurkan Mjolnir dalam Thor : Ragnarok, tentu kalian langsung bertanya-tanya apakah Thor akan mendapat senjata baru guna menyalurkan kekuatan petir yang dimilikinya? Banyak spekulasi bermunculan menanggapi pertanyaan tersebut dengan menyebutkan bahwa para Asgardian akan menciptakan senjata baru untuk ‘God of Thunder’ bernama Janborn. Namun, spekulasi tersebut seolah terbantahkan setelah dimedia sosial tersebar foto action figure yang diduga menjadi senjata baru Thor dalam Avengers : Infinity War yang disebut Stormbreaker.

Lantas, bagaimana Thor mendapatkan senjata terbarunya ini? Mengingat, kota asalnya Asgard sudah hancur dan ditinggalkan Thor bersama adiknya Loki dan bagaimana asal usul Stormbreaker? Nah Geeks, kali ini kita akan mengulas lebih dalam tentang Stormbreaker yang akan digunakan oleh Thor untuk melawan Thanos dalam Avengers : Infinity War nanti. Yuk simak pembahasannya dibawah ini Geeks!


History


Senjata besi ini ditempa oleh seorang kurcaci bernama Eitri yang berasal dari planet Nidavellir dengan menggunakan metal Uru layaknya Mjolnir. Penciptaan Stormbreaker ini diawali setelah Odin mengadakan pertarungan tangan kosong antara Thor dan Beta Ray Bill di Skartheim, duel itu pun dimenangkan oleh Beta Ray Bill dan Bill tidak memutuskan untuk membunuh Thor karena merasa bahwa Thor sangat layak untuk memegang Mjolnir dan membuat sepanjang cerita komik Thor edisi #339 (1984), Stormbreaker menjadi senjata utama dari Beta Ray Bill. Tak lama Beta Ray Bill menggunakan Stormbreaker, senjata ini dianugerahi kekuatan cosmic yang diberikan oleh Silver Surfer guna menyelamatkan nyawa Beta Ray Bill dan mampu mengubah penampilan fisik Stormbreaker layaknya menyerupai kapak.

Suatu saat Beta Ray Bill sempat ditangkap oleh Skrulls yang mengakibatkan dirinya terpisah dengan Stormbreaker dan mampu dipegang oleh Skrull untuk dimanfaatkan membunuh dewa-dewa Asgard. Tentu ini masih menjadi misteri mengapa Skrull layak untuk memegang Stormbreaker, karena selama ini yang layak untuk mengangkatnya hanya Beta Ray Bill, Thor dan Odin. Skrull pun hampir menghancurkan skota Broxton dengan melemparkan Stormbreaker dan untungnya Thor dapat menghentikannya, lalu memberikan Stormbreaker ke tangan yang benar yaitu Beta Ray Bill.


Properties Of Stormbreaker


Secara keseluruhan kekuatan Stormbreaker hampir menyamai Mjolnir, baik dari bentuk maupun material yang dibuatnya sehingga Stormbreaker sulit untuk dihancurkan. Stormbreaker mempunyai unsur kekuatan utama, seperti apa kekuatannya, inilah pembahasannya :

  • Worthiness : Sejauh ini belum ada bukti nyata tentang kelayakan untuk mengangkat Stormbreaker di MCU, terkecuali Mjolnir. Namun baru diceritakan dalam komik Thor saat salah satu anggota Thor Corps bernama Eric Masterson mampu menggunakan Stormbreaker dalam pertempuran melawan Loki. Thor Corps ini juga diperkuat oleh Beta Ray Bill sehingga anggotanya juga diberi kelayakan mengangkat senjata ini.
  • Power of Recall : Sama seperti Mjolnir, Stormbreaker dapat kembali lagi ke tangan Stormbreaker dengan kekuatan yang besar. Selain itu, Bill juga dapat memanggil Stormbreaker yang sedang disimpan.
  • Transformation : Dengan cetakan yang ada dalam Stormbreaker memungkinkan untuk Beta Ray Bill berubah ke bentuk manusia bernama Simon Walters.
  • Force Projection : Selain digunakan menjadi senjata, Stormbreaker juga bisa digunakan menjadi senjata lempar layaknya boomerang. Tak berbeda jauh dari Mjolnir, senjata ini bisa menyerap, memperbesar, maupun mengembalikan seluruh kekuatan yang ada. Stormbreaker juga dapat menghasilkan getaran tanah, samapi angin puyuh saat diayunkan.
  • Energy Projection : Senjata ini bisa menghasilkan ledakan energi mistik yang sangat luar biasa. Selain itu, senjata ini mampu bertahan dari kondisi buruk saat penggunanya berada diluar angkasa, salah satu contohnya seperti kekurangan oksigen.
  • Energy Sense : Sesuai dengan namanya, kekuatan ini dapat mendeteksi berbagai tipe energi besar yang datang dan mampu bereaksi sangat kuat terhadap energi jahat.

How Thor Get Stormbreaker in MCU?


Sementara bisa dipastikan bahwa Thor akan menggunakan Stormbreaker sebagai senjata pengganti Mjolnir dalam Avengers : Infinity War. Namun, yang masih menjadi pertanyaan bagaimana Thor bisa menemukan Stormbreaker ini ? Kali ini kita berspekulasi dari trailer Avengers 3, kita tahu bahwa Thor dievakuasi oleh Guardians of The Galaxy saat setelah pesawat yang ditunggangi oleh Thor beserta penduduk Asgard diserang oleh pesawat Thanos (Post-credit Thor : Ragnarok). Setelah Thor bergabung dengan Guardians of The Galaxy dan sementara Star Lord dan Gamora memutuskan untuk meninggalkan mereka karena mengetahui keberadaan Thanos, Rocket Racoon dan Groot sepertinya menemani Thor menuju planet Nidavellir untuk mendapatkan Stormbreaker.

Mungkin pembuatan Stormbreaker ada sangkut pautnya dengan Groot, karena dari tampilan action figure terlihat bahwa gagang dari Stormbreaker terbuat dari ranting yang diduga disumbangkan dari tubuh Groot. Namun bila kita melihat dari segi desain metal-nya, senjata baru Thor ini lebih mirip dengan Ultimate Mjolnir atau bisa jadi versi dalam MCU nanti merupakan penggabungan dari dua senjata Asgardian yang terkenal seperti Janborn dan Stormbreaker.

Lantas, bila Thor menggunakan Stormbreaker, apakah Beta Ray Bill akan melakukan debutnya di MCU dengan berinteraksi dengan Thor dalam Avegers : Infinity War? Mengingat dalam komiknya, Beta Ray Bill mempunyai cerita yang panjang dengan Stormbreaker. Pastinya teori ini menjadi salah satu diantara banyak teori menarik tentang alur cerita Avengers : Infinity War nanti. So, jangan lewatkan perilisan Avengers : Infinity War pada bulan April tahun ini ya Geeks!