Dengan perilisan trailer kedua Jurassic World : Fallen Kingdom, pastinya kalian sudah tidak sabar untuk menunggu perilisan film yang dibintangi oleh aktor Chris Pratt di tahun ini. Berbicara tentang Jurassic World, tentu tak terlepas dari kawanan hewan purba yang berhasil dihidupkan kembali untuk menghibur para pengunjungnya dan sampai suatu saat beberapa spesies ganas Dinosaurus mengancam para pengunjung tama hiburan tersebut.

Kali ini, editor akan memberi pembahasan tentang spesies Dinosaurus yang muncul dalam trailer Jurassic World : Fallen Kingdom yang baru saja dirilis oleh Legendary Pictures. Penasaran apa saja Dinosaurusnya Geeks? Simak pembahasannya di bawah ini.

 


Carnotaurus “Meat-Eating Bull”


Carnotaurus merupakan salah satu spesies Karnivora atau pemakan daging yang memiliki bentuk agak unik namun tetap berbahaya. Ukuran Carnotaurus bisa tergolong ke dalam spesies yang pendek dengan dilengkapi duri dibagian atas tubuhnya dan terdapat tanduk tepat diatas kedua matanya sehingga mirip seperti  Banteng. Selain itu, perawakannya hampir menyerupai T-rex, dimana kedua tangan Carnotaurus sangat pendek. Carnotaurus pertama kali ditemukan di negara Argentina dengan tinggi 3-3.6 meter dan lebar 5-9 meter dengan berat 1 ton sehingga tak memungkinkan bagi Carnotaurus memangsa spesies Dinosaurus pemakan tumbuhan yang memiliki ukuran yang lebih besar. Namun dengan tubuhnya yang pendek, Carnotaurus memiliki kecepatan yang luar untuk memburu mangsanya yang lebih kecil bahkan seukuran dengan tubuhnya.


Brachiosaurus “Arm Lizard”


Dinosaurus besar ini merupakan salah satu spesies Herbivora yang paling terkenal diantara spesies pemakan tumbuhan lainnya. Selama satu abad lamanya, Brachiosaurus ini dianggap sebagai spesies tertinggi dari semua Dinosaurus dengan memiliki tinggi lebih dari 9 meter, lebar 27 meter dan berat hampir 30 ton. Brachiosaurus diciptakan kembali oleh InGen di Isla Sorna, dimana para pekerja dalam pulau tersebut bertugas untuk mengasuh spesies ini. Brachiosaurus memiliki ciri aneh dengan letak lubang hidung yang berada di sekitar dahi bukan disekitar atas mulutnya dan spesies ini terbagi  dua warna yaitu abu-abu coklat dan berwarna krem dengan garis hijau dan merah tua diatas tubuhnya. Warna garis hijau pada tubuhnya menandakan bahwa spesies Brachiosaurus tersebut merupakan spesies jantan.


Velociraptor “Speedy Thief”


Di cerita nyata, Velociraptor termasuk dalam kelompok Dinosaurus berukuran kecil atau yang dinamakan Dromaeosaurid Theropod. Selama periodenya yaitu Late Cretaceous, spesies ini hidup di perbatasan antara China-Mongolia. Ukurannya bisa disetarakan dengan seekor serigala dengan tinggi 0.5-2 meter, lebar 2-5 meter dan berat hanya 150 pound, serta memiliki cakar yang sangat tajam berukuran 8cm di kedua jari kakinya. Dalam Jurassic World pertama, empat ekor Velociraptor menjadi teman Owen Grady (Chris Pratt) yang diberi nama Blue, Charlie, Delta dan Echo dan membantu Owen untuk memburu Indominus Rex dengan memamerkan insting kepintaran yang dimiliki spesies ini. Dalam trailer Jurassic World : Fallen Kingdom menandakan Velociraptor akan memiliki anggota baru, saat adegan Owen sedang memberi makan satu spesies Dinosaurus kecil.


Pteranodon “Toothless Wing”


Spesies reptil terbang bernama Pteranodon ini berhasil diciptakan kembali oleh InGen di laboratorium mereka yang berlokasi di Isla Sorna sama seperti Brachiosaurus. Kloning spesies ini terdapat tiga jenis dimana semuanya memiliki ciri abnormal yang tidak tertarik terhadap pasangan mereka karena para ilmuwan InGen menginginkan spesies ini terlahir dengan jenis kelamin betina saja. Pteranodon ini memiliki bentang sayap yang menyamai panjang dari sebuah bus dengan tinggi tubuh 2 meter dan berat hanya 25 kilogram atau 55 lbs saja dengan makanan utama mereka adalah ikan atau disebut Piscivore. Dalam film Jurassic Park maupun Jurassic World, Pteranodon digambarkan memiliki genggaman yang sangat kuat, sehinga mangsanya sulit untuk bisa kabur setelah Pteranodon mencengkramnya dan membawa terbang.


Tyrannosaurus Rex “Tyrant Lizard King”


Spesies Dinosaurus yang dikenal dengan nama T-Rex ini merupakan spesies Theropoda yang hidup 66 sampai 68 juta tahun yang lalu. Kehadirannya dalam film Jurassic Park maupun Jurassic World selalu menjadi ancaman karena tergolong spesies Karnivora yang sangat besar, sampai pada akhirnya spesies buas ini membantu mengalahkan ancaman Indominus Rex dalam film Jurassic World pertama (2015). T-Rex merupakan spesies pertama yang di kloning InGen pada tahun 1990 dengan berjenis kelamin betina yang diberi nama Roberta sebagai daya tarik utama pengunjung Jurassic Park. Tinggi dari spesies Dinosaurus mengerikan ini 4 meter dengan lebar 12 meter dan berat 7 tons, senjata mematikan T-Rex adalah deretan gigi tajamnya yang dengan mudah melumpuhkan mangsanya dengan sekejap.


Indoraptor 


Indoraptor adalah spesies Dinosaurus baru yang akan diperkenalkan dalam film Jurassic World : Fallen Kingdom mendatang. Belum ada ringkasan yang lebih spesifik tentang spesies baru ini, akan tetapi Indoraptor ini pengembangan dari Indominus Rex yang ada dalam film Jurassic World pertama. Tampilannya sangat mirip dengan Indominus, perbedaannya adalah dari warna kulit yang berwarna hitam dengan ukuran yang lebih ramping. Bila dilihat dari trailer terbaru Jurassic World : Fallen Kingdom, Indoraptor diperkirakan penggabungan antara T-Rex dan Velociraptor dengan gigi serta kuku panjang yang sangat tajam, ditambah dengan kepintarannya menyusup ke dalam sebuah rumah. Dalam sekuel Jurassic World nanti, Indoraptor akan menjadi ancama utama bagi manusia. Lantas, seperti apa ancaman dari Indoraptor ? Tentu, kalian bisa saksikan Jurassic World : Fallen Kingdom pada tanggal 22 Juni 2018 (USA) ya Geeks.