Bagi kalian yang lahir pada tahun 90-an, tentunya reboot film Jumanji: Welcome to the Jungle bisa menjadi ajang nostalgia kalian, film ini dirilis di Indonesia tepat pada tanggal 20 Desember 2017 kemarin. Jumanji sebelumnya pernah dirilis pada tahun 1995 silam, yang dibintangi oleh Robin Williams (Alan Parrish). Tentunya Jumanji: Welcome to the Jungle ini akan menyajikan tontonan yang lebih fresh, dengan menggabungkan unsur komedi, aksi dan petualangan yang diciptakan oleh para karakternya. Nah, berikut ini beberapa perbedaan antara Jumanji: Welcome to the Jungle dengan Jumanji (1995). Yuk langsung aja kita simak pembahasannya di bawah ini Geeks!


Bukan Permainan Papan


Jumanji: Welcome to the Jungle akan menampilkan sesuatu yang berbeda dari film pertamanya, dengan menawarkan properti modern. Menceritakan kisah petualangan empat siswa SMA yang tidak sengaja menemukan sebuah console video game yang sudah usang dan tua di sebuah gudang. Lalu, mereka langsung mencoba memainkan game tersebut, pertama masing-masing dari mereka harus memilih karakter mereka sendiri. Setelah itu, tiba-tiba mereka langsung ditarik ke dalam permainan tersebut yang berlokasi di sebuah hutan permainan. Dan secara langsung berubah menjadi avatar dewasa seperti yang mereka pilih.

Sesuai dengan genre nya yaitu action adventure comedy, mereka tidak hanya masuk ke dalam permainan Jumanji tetapi harus melakukan petualangan dan tentunya akan menghadapi tantangan dan rintangan yang berbahaya. Harus menemukan apa yang pernah Alan Parrish (Robin Williams) tinggalkan pada 20 tahun silam dan mengubahnya, jika tidak mereka akan terjebak di dalam permainan itu selamanya, sampai dimainkan kembali oleh orang lain tanpa jeda. Selain itu, mereka diceritakan memiliki 3 ‘nyawa’ dengan tanda barupa tato di bagian lengan dan mereka juga akan mati pada titik tertentu, yang tentunya mengurangi jumlah nyawa mereka.

Sedangkan, Jumanji 1995 mengisahkan papan permainan yang dapat mengeluarkan berbagai macam binatang, tanaman, banjir bahkan makhluk-makhluk aneh masuk ke dunia nyata, diikuti dengan ancaman yang buruk serta menimbulkan malapetaka. Dengan hanya melempar 2 dadu, berikutnya akan muncul sebuah pernyataan yang harus mereka selesaikan dan mengeluarkan makhluk aneh ke dunia nyata.


Perubahan Bentuk Fisik 


Sebelum memainkan console video game Jumanji, wujud dari fisik mereka masih normal seperti biasa. Namun, ketika mereka masuk dan terperangkap ke dalam permainan, bentuk fisik mereka secara otomatis berubah menjadi avatar yang mereka pilih dalam permainan tersebut. Seperti Spencer menjadi Dr. Smolder Bravestone (Dwayne Johnson), ia bertubuh besar, berotot dan memiliki pukulan yang sangat kuat, Fridge menjadi Franklin “Moose” Finbar (Kevin Hart), berbeda dengan Spencer, ia memiliki badan yang kecil dan lambat, kemudian Martha gadis pemalu menjadi Ruby Roundhouse (Karen Gillan), perempuan memiliki kemapuan bertarung yang hebat dan yang terakhir Bethany menjadi Professor Shelly Oberon (Jack Black), gadis cantik yang terperangkap dalam tubuh laki-laki gendut. Selain itu, ada Nick Jonas yang berperan sebagai Alex. Di film pertama karakternya tetap sama, hanya binatang dan makhluk-makhluk aneh yang masuk ke dunia nyata.


Rintangan Yang Berbeda


Jika dalam film Jumanji 1995, para karakternya mendapatkan rintangan hanya dari binatang, tumbuhan, makhluk-makhluk aneh dan juga banjir yang terjadi di dalam rumah dan di sekitar kota. Kini, versi terbaru Jumanji dimana para karakternya di bawa masuk ke dalam hutan luas dan bukan hanya binatang juga makhluk-makhluk aneh yang akan mereka jumpai dan hadapi seperti dalam film pertama. Melainkan, akan berhadapan dengan sekelompok orang yang menggunakan kendaraan bermotor dengan senjata yang mereka bawa. Di sini lah kisah mereka akan dimulai dan harus bertahan dari kejaran musuh, demi mencapai tujuan yaitu titik Jumanji.


Kemampuan Setiap Karakter-nya


Berbanding terbalik sebelum masuk ke permainan Jumanji, kini para karakter memiliki kekuatan dan kelemahan seperti Spencer kini memiliki sejumlah kekuatan seperti bisa memanjat, kecepatan, dan kemampuan berkelahi, tanpa ada kelemahan. Franklin menjadi seorang ahli zoology, weapon valet (persenjataan) dan kelemahannya terdapat pada kue, kecepatan dan kekuatan. Kemudian Martha yang awalnya seorang gadis kutu buku, berubah drastis menjadi wanita nakal dan sexy yang memiliki kemampuan karate, dance fighting dan aikido, kelemahannya pada venom. Dan Bethany yang sebelumnya seorang cheerleader menjadi seorang ahli cartographer (pembuat peta), code-breaker (pemecah kode). Kekuatan baru mereka akan digunakan untuk melawan dan mengalahkan para musuhnya.


Penghormatan Untuk Aktor Robin Williams


Robin Williams dikenal berperan dalam Jumanji 1995 sebagai Alan Parrish. Sang aktor meninggal dunia pada tahun 2014 lalu. Meskipun sebagai film reboot, Jumanji: Welcome to the Jungle ini akan tetap mengangkat tema yang sama namun menjadi film action-adventure yang sedikit berbeda.

Melansir dari Screen Rant, Dwayne Johnson mengungkapkan bahwa Jumanji: Welcome to the Jungle ini menjadi film lanjutan dari Jumanji 1995 yang telah lama menjadi film favorit para penggemar setianya. “Saya melakukan dialog terbuka dengan dua orang produser yaitu Jake dan Matt Tolmach maupun pihak studio. Apa cara kita bisa memberi penghormatan kepada film aslinya dan kepada Robin Williams dengan cara yang menyenangkan. Saya berpikir kita menemukan beberapa cara bagus untuk memberi penghormatan kepada Robin Williams, bahkan keluarganya mungkin akan senang dengan hal itu.”

Pernyataan Dwayne Johnson tadi langsung ditanggapi oleh sang produser Matt Tolmach yang membenarkan pernyataan tersebut, bahwa Robin Williams maupun karakternya dalam film Jumanji pertama menjadi tujuan utama untuk film Jumanji: Welcome to the Jungle. Matt mengungkapkan bahwa film ini menjadi penghormatan kepada Robin Williams dengan karakternya sebagai Alan Parrish dalam film Jumanji tahun 1995.

_

Jumanji: Welcome to the Jungle ini disutradarai oleh Jake Kasdan didampingi Matt Tolmach sebagai produser, juga dibintangi oleh Dwayne Johnson (Spencer), Kevin Hart (Fridge), Jack Black (Bethany), Karen Gillan (Martha) dan masih banyak lagi. Nah, hari ini kalian sudah bisa menyaksikan Jumanji: Welcome to the Jungle di bioskop kesukaan kalian. Jumanji 2 ini mungkin bisa masuk ke dalam salah satu daftar film kalian minggu ini, jika kalian mempunyai ulasan mengenai Jumanji: Welcome to the Jungle, bisa menambahkannya di kolom komentar ya Geeks.