Siapa yang belum mengetahui Vibranium? tentu, bagi kalian yang mengikuti film film Marvel, kalian akan mengingat bahwa Vibranium dikenal sebagai bahan utama untuk pembuatan perisai Captain America. Nah, kali ini kita akan sedikit mengulas tentang Vibranium itu ya Geeks. yuk simak!

Vibranium merupakan salah satu jenis logam dari berbagai logam asli yang hampir tidak dapat di hancurkan. Logam fiksi milik Marvel ini diceritakan berasal dari meteor berukuran besar yang mengandung mineral langka Vibranium yang menabrak Bumi 10.000 tahun yang lalu dan pertama kali ditemukan di Antartika. Karena Vibranium terbentuk dari meteor langka, sehingga logam ini jumlahnya sangat terbatas dibanding Adamantium yang dapat dibuat oleh manusia. Vibranium juga lebih mudah ditempa dan dibentuk dibanding Adamantium. Sifat Vibranium sendiri dapat dikatakan sangat kuat karena mampu menahan getaran, Ikatan atom didalam Vibranium akan bertambah sangat kuat setelah menyerap getaran.

MUST READ : Deretan Armor Iron-Man Dari Mark I Sampai Avengers : Infinity War!

Artinya semakin kuat logam ini diserang makan akan semakin kuat pula logam Vibranium ini bertahan. Lantas bagaimana cara menghancurkannya? dalam dunia Marvel sebenarnya ada sebuah aturan tidak tertulis dimana hanya logam yang memiliki tingkat kekerasan yang setara atau lebih tinggilah yang dapat menghancurkan logam tersebut. Itu berarti Vibranium dapat dihancurkan oleh Vibranium lainnya atau unsur – unsur lain yang lebih baik dibanding Vibranium.

Dalam komik, sebenarnya Vibranium pertama kali muncul di Daredevil #13 pada tahun 1966 karangan Stan Lee. Dikomik inilah dikenalkan Vibranium sebagai sebagai unsur logam dengan karakteristik yang tidak biasa dan bersifat aneh. Semenjak itu Marvel mulai membagi Vibranium kedalam 2 versi. Pertama, Vibranium yang hanya dapat ditemukan di Antartika , lebih dikenal sebagai Anti-Metal yaitu Vibranium yang dapat memotong semua logam yang dibuat oleh Manusia. versi ini dapat kalian temukan di komik Daredevil #13. Setelah itu versi kedua yang kita lebih mengenalnya saat ini dalam versi film yaitu Vibranium yang terdapat di negara yang sangat terisolasi yaitu Wakanda. Versi ini unik, karena Vibranium dapat menyerap energi kinetik dan gelombang suara secara bersamaan. Versi, kedua ini muncul dalam komik Fantastic Four #53 ditahun yang sama juga (tahun 1966) dan dikarang juga oleh Stan Lee.

MUST READ : 5 Superhero DC & Marvel Ini Memiliki Kekuatan Yang Sama

Dalam versi MCU yang kita mengenalnya sekarang, Vibranium ditemukan oleh Raja pertama Wakanda, Black Panther Bashenga. Ia memanfaatkan mineral logam tersebut untuk membangun negaranya. Bahkan berkat Vibranium, beberapa ribu tahun kemudian di bawah pemerintahan raja Black Panther T’Chaka, pencapaian negara Wakanda dalam bidang teknologi dan ekonomi jauh melebihi negara negara lain. T’Chaka lah yang berperan ketika mengakhiri isolasi negaranya dengan membuat Vibranium diketahui dunia luar dan menjual sebagian kecil Vibranium kepada orang orang yang ia percaya demi mendanai dan memajukan negaranya. Bertahun tahun pasca meninggalnya raja T’Chaka, T’Challa putranya dibantu oleh para penduduk Wakanda bersatu guna melindungi Vibranium dari orang orang yang berusaha untuk mengusai logam itu. Ditahun 1940, seorang ilmuan muda bernama Myron Maclain yang memiliki Vibranium mencoba untuk bereksperiment menggabungkan Vibranium dengan bahan bahan lainnya untuk membuat sebuah senjata baru, namun ia gagal menggabungkannya. Pasca kejadian itu ia tidak sengaja menemukan unsur logam baru yang sekarang kita kenal dengan Adamantium.

Selain Captain America, ada beberapa tokoh Marvel yang menggunakan Vibranium sebagai bahan utamanya, salah satunya Ultron. Ultron dalam versi komik sebenarnya memiliki tubuh yang terbuat dari Adamantium, Namun dalam versi film Ultron terbuat dari Vibranium, itu dikarenakan Adamatium terdapat di film Wolverine dan X-Men yang dimiliki oleh studio Fox, sehingga penggunaan kata Adamantium dilarang digunakan oleh studio Marvel. Ada juga Black Panther mengenakan armor, cakar, dan sepatu yang terbuat dari Vibranium. Selain itu Agent Zero juga mengenakan armor Vibranium, dan yang terakhir Tower Avengers pun diperkuat oleh Vibranium.

_

itu dia Geeks ulasan singkat mengenai logam terkuat Vibranium milik Marvel. Di lain kesempatan kami juga akan mengulas beberapa unsur terkuat lainnya di Marvel. btw share tokoh Marvel yang menggunakan Vibranium dan menjadi favorit kalian ya Geeks!

 

 

 

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/