Batman adalah superhero paling terkenal milik DC, namun terlepas dari itu, ia digambarkan sebagai sosok superhero terapuh karna cerminan kekuatan manusia biasa ada pada dirinya berbeda dengan superhero lain yang memiliki kemampuan meta human atau pun dewa. Meskipun demikian, hampir setiap tokoh DC menghormatinya, karena kecerdikan, kelihaian dan kemampuannya sebagai manusia ‘biasa’ yang mampu memproteksi kota Gotham bahkan dalam luang lingkup yang lebih besar yaitu bumi dari berbagai ancaman. Tetapi ternyata Batman juga pernah tampil diluar dari batas kemampuan aslinya loh Geeks. Mulai  dari kekuatan meta sampai dewa, bahkan ia menjadi jauh lebih kuat dari tokoh superhero mana pun sampai membantai rekan-rekannya. Nah berikut ini beberapa moment ketika Batman ‘menggila’ di DC Universe, check this out!


1.Batman : The Merciles


Apa jadinya ketika Batman yang selalu digambarkan sebagai sosok manusia biasa yang selalu melindungi bumi berubah menjadi sosok dewa perang? Apa pun mungkin terjadi di dunia Komik DC. Di dalam komik Batman : The Merciless #1 ini diceritakan bahwa Ares sang raja perang berhasil menciptakan sebuah helm yang dapat meningkatkan kekuatannya hingga 100 kali lipat. Bahkan karena helm itu, Ares terus membuat perang berkecamuk di bumi secara terus menerus.

Batman dan Wonder Woman yang dalam universe ini diceritakan sebagai sepasang kekasih akhirnya dapat berhadapan langsung dengan Ares. Dalam pertempuran hebat itu, Keduanya dapat melepas helm itu dari kepala Ares, namun karena Diana kala itu terluka parah, Diana pun akhirnya tewas dalam pertempuran tersebut. Mengetahui bahwa diana telah tewas oleh Ares, Batman yang sangat marah itu kemudian memakai helm Ares dan berhasil membunuhnya. Sebenarnya cerita baru dimulai ketika Ares berhasil dibunuh oleh Batman. Batman yang karena helm itu mendapat kekuatan dewa perang, malah merubahnya menjadi sosok yang haus akan kekuatan dan membuatnya tidak dapat mengontrol diri untuk menyerang dunia yang seharusnya ia lindungi. Kemampuan helm itu juga membuat Batman kini mampu menyerap energi, Pathokinesis, dan mengendalikan pikiran.


2. Batman Who Laughs


Diceritakan dalam komik Batman Who Laughs #1 , pasca peristiwa Batman yang berhasil membunuh Joker, Superman yang mengetahui ada kejanggalan dalam prilaku Batman menanyakan tentang apa yang telah terjadi padanya. Bruce mengungkapkan sebelum ia membunuh Joker, sebuah racun keluar dari tubuh Joker dan meracuninya sehingga membuat tingkah lakunya mirip seperti Joker.

MUST READ : Mengenal Agent Venom, Dari Pembully Sampai Guardians of The Galaxy

Tiga hari setelah itu, seluruh anggota Bat Family seperti Nightwing, Batgirl, Red Hood dan Red Robin pergi ke Batcave untuk menemui Batman. Para anggota Bat Family itu tau tentang hal buruk yang menimpa Bruce dan mulai memikirkan cara untuk menyebuhkan Bruce. Namun tiba-tiba Bruce menembaki mereka semua dan akhirnya Bat Family dibantai olehnya. dalam komik dark universe ini juga diceritakan bahwa Batman membunuh semua anggota Justice League.


3. Batman God of Knowledge


Dalam cerita komik Justice League : Darkseid War, tim Justice League terjebak dalam pertempuran kosmis antara dua penjahat multiverse yang paling hebat, Darkseid dan Anti-Monitor. Bagian terburuknya ketika para anggota Justice League ini tidak tahu harus bagaimana untuk dapat mengalahkan 2 super-villain tadi. Saat ditengah pertarungan, tiba tiba datanglah Metron dan membawa seluruh anggota Justice League ke pusat dunia sihir yaitu Rock of Eternity. Motron datang untuk memberi peringatan pada Justice League bahwa bumi yang mereka tinggali akan segera hancur.

Mendengar ramalan bahwa bumi akan binasa merekapun tidak tinggal diam, lantas mereka menanyakan kepada Metron bagaimana cara mengalahkan Anti Monitor, namun Metron sang dewa ilmu pengetahuan berkat kursi Mobius Cair itu tetap enggan untuk menjawab. Wonder Woman yang kemudian dengan Lasso of Truthnya membelit Metron untuk mengintrograsinya. Berkat Lasso of Truth, Metron akhirnya menjawab bahwa caranya mengalahkan Anti-Monitor adalah dengan merebut kursi Mobius Cair itu. Tak perlu lama, Wonder Woman menarik Metron dari Mobius Cair. Melihat celah kosong, Batman akhirnya menduduki Mobius Cair dan mendapatkan kekuatan God of Knowledge. Sejak kekuatan itu di dapatnya, ia mampu menemukan siapa pelaku pembunuh orang tuanya, dan ia juga mampu mengetahui identitas Joker.


4. Batman Dengan Armor Hellbat


Moment berikutnya ketika Batman menjadi sangat kuat adalah ketika ia menggunakan Hellbat. Dalam komik Batman and Robin #37, Batman dengan bantuan Bat Family mendatangi markas Darkseid untuk menyelamatkan putra Batman, ‘Damian Wayne’ yang diculik oleh Darkseid. Pertarungan sengit pun tak terelakkan. Batman yang harus bertarung melawan Darkseid sendirian akhirnya memenangkan pertarungan epic itu. Walaupun konsekuensinya ia hampir tewas terkena dampak dari armor Hellbatnya yang menguras habis metabolisme tubuh si penggunanya.

MUST READ : Illuminati Dan Sepak Terjangnya Di Marvel Universe

Hellbat sendiri merupakan baju besi yang ditempa oleh Justice League hasil rancangan Batman untuk membantunya bertarung dalam pertempuran di luar tingkat kekuatannya. Karena Armor inilah Batman mampu bertarung dengan musuh musuh yang jauh lebih kuat, memungkinkan Batman memiliki kemampuan fisik yang meningkat, namun efek negatifnya menguras metabolisme dari tubuh batman sendiri, dan bisa membunuhnya jika digunakan terlalu banyak. Dapat dikatakan, berkat armor ini Batman malah jauh lebih kuat dibanding Superman.


5. Batman The Red Death


Dalam komik Batman The Red Death #1, Batman awalnya adalah sosok pahlawan di kota Gotham yang memerangi kejahatan dengan dibantu oleh para anggota Bat Family. Namun kejahatan disana terlalu banyak bahkan membuatnya tidak mampu untuk memproteksi Gotham, sampai akhirnya semua sidekick Batman harus menjadi korbannya. Bruce merasa kurang cepat. Ia melihat cara untuk bisa mengalahkan semua musuh musuhnya ia harus dapat memiliki Speed Force milik The Flash. Disamping untuk menyelamatkan Robin, ia ingin menggunakan travel waktu Flash untuk menyelamatkan orang tua Bruce. Ia pun merencanakan untuk memperoleh kekuatan Speed Force milik The Flash itu.

Ia kemudian mengambil senjata The Rogue yaitu para musuh Flash untuk melawan Barry Allen. dengan senjata itu Batman kemudian menyerang The Flash dan berhasil menangkapnya , dia mengikat Barry pada Batmobile miliknya dan membuat semacam skema cosmic threadmill untuk memindahkan kekuatan Speed Force Barry pada tubuhnya Batman. Batman pun bersatu dengan the Flash dan menjadi “Batman: the Red Death”. Setelah itu dia mulai membunuh semua kriminal yang ada di gotham termasuk Scarecrow hanya dengan 1 pukulan.

_

Itu dia Geeks beberapa moment epic ketika Batman berubah menjadi sangat – sangat kuat dari biasanya. Menurut kalian mana yang keren? Atau kalian punya referensi moment lainnya? Share di kolom komentar dibawah ini ya Geeks!