Film Pokémon live-action, Detective, kembali kedatangan cast baru yang akan terlibat dalam film ini. Adalah aktris muda bernama Kathryn Newton, yang dikenal melalui perannya dalam Supranatural dan Halt and Catch Fire, kabarnya telah menyepakati negosiasi untuk bergabung dalam Detective Pikachu.

Belum ada rincian apa pun mengenai peran yang akan dimainkan oleh Newton. Namun dalam versi video game, Pikachu akan berpetualang untuk menyelidiki seorang pencuri perhiasan dari gadis belia. Namun jika melihat potensi dari Newton, kemungkinan studio akan mengubah alur cerita agar Newton bisa menjadi co-lead dari film ini.

Film ini akan didasarkan dari video game Detektif Pikachu dengan judul yang sama. Permainan berpusat pada seorang anak laki-laki bernama Tim Goodman, yang bertemu dengan seorang Pikachu yang cerdasDan mengaku sebagai detektif hebat. Duo ini mulai mengejar dua orang yang telah mencuri perhiasan, dan terus menangani kasus lain juga.

Sutradara Rob Letterman (Goosebumps) dipastikan akan bergabung dalam film ini, ia akan bekerja dari naskah yang ditulis oleh Nicole Perlman (Guardian of the Galaxy, Captain Marvel) dan Alex Hirsch (Gravity Falls). Dengan jadwal produksi yang akan dimulai pada bulan Januari 2018, mungkin saja filmnya dipersiapkan untuk diluncurkan pada awal 2019, atau, mungkin, akhir 2018, tergantung pada berapa lama produksi berjalan.