Marvel Cinematic Universe dan DCEU merupakan 2 publisher besar yang kerap bersaing dalam membuat cerita dari tokoh-tokoh superhero ikoniknya masing-masing (spin-off). Tak ayal, kedua publisher tersebut sering bersaing secara sportif untuk merebut gelar siapa yang terbaik sebagai pencipta tokoh superhero. Banyak asumsi bermunculan bahwa mereka memang saling bermusuhan, namun ditengah persaingan itu, entah disengaja ataupun tidak, beberapa superhero dari Marvel dan DC yang tampil dilayar kaca muncul dengan kemampuan yang nyaris sama. Geels apa saja superhero itu? Cek pembahasannya dibawah ini ya


The Flash (DC) & Quicksilver (Marvel)



Karakter The Flash mulai populer ketika tahun 2014 sampai dengan saat ini CW menayangkan serial TV-nya dengan judul The Flash. Sementara Quicksilver muncul di dua film berbeda yaitu The Avengers : Age of Ultron (MCU) dan X-men Apocalypse(20th Century Fox). Keduanya adalah superhero dengan kemampuan super cepat dan bahkan mereka dapat melewati kecepatan cahaya. Quicksilver yang memiliki kemampuan mutan hasil eksperimen, dan Flash yang memiliki kekuatan Speed Forcenya. Hal mencolok yang membedakan Flash dan Quicksilver adalah pakaiaan yang mereka kenakan. Flash tampil dengan pakaian serba merahnya sementara Quicksilver tampil dengan pakaian berwarna abu.


Hawkeye (Marvel) & Arrow (DC)



Kedua karakter ini mempunyai kemampuan yang sama, yaitu kemampuan dalam hal akurasi yang tinggi. Hawkeye dan Arrow adalah dua sosok manusia biasa yang sangat terlatih dalam menggunakan senjata busur dan panah. Hawkeye pertama kali muncul di film The Avengers (MCU) yang diperankan oleh Jeremy Renner, sementara Arrow muncul pertama kali dengan TV series berjudul sama yang diperankan oleh Stephen Amell. Hal yang membedakan dari kedua karakter ini adalah Arrow mempunyai kemampuan alami yang dia dapat semenjak ia lahir, sementara Hawkeye mendapatkan kemampuannya semenjak dia sering berlatih memanah.


Deathstroke (DC) & Deadpool (Marvel)



Kedua superhero yang sama-sama menggunakan topeng ini menjadikan pedang dan pistol sebagai senjata utamanya. Keduanya juga memiliki kemampuan dalam menyembuhkan diri dengan cepat, namun healing factor Deadpool lebih baik ketimbang Deadstroke. Healing factor Deadpool masih dapat bekerja disaat ia bertarung, sementara healing factor Deathstroke hanya dapat bekerja ketika dia beristirahat. Deadstroke pertama kali muncul di musim pertama dan kedua dalam serial Arrow. sementara Deadpool muncul sebagai sosok anti hero difilm X-Men Origins: Wolverine (20th Century Fox) dan di film solo Deadpool (20th Century Fox).


Ant-Man (Marvel) & The Atom (DC)



Ant-Man dan Atom memiliki kemampuan yang sama yaitu mampu menyusutkan tubuhnya hingga ke ukuran sub-atomik. Namun Ant-man mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki atom yaitu ia mampu memperbesar ukuran tubuhnya ke wujud raksasa dan ia juga dapat berkomunikasi dengan makhluk serangga. Begitu juga sebaliknya , kelebihan Atom yang tidak dimiliki Ant-man adalah Atom memiliki kemampuan untuk dapat terbang di udara dengan bantuan kostumnya. Ant-Man pertama kali muncul pada film solo pertamanya berjudul Ant-Man (MCU) sementara The Atom pertama kali muncul di TV series Legends of Tomorrow.


Martian Manhunter (DC) & Vision (Marvel)



Martian Manhunter dan Vision memiliki banyak kemampuan super yang sama antara lain mereka dapat membaca pikiran musuhnya, berkomunikasi jarak jauh secara telepati, menciptakan ilusi, dan kekuatan supernya yang utama adalah mereka dapat mengendalikan dan mendominasi pikiran musuhnya.
Martian Manhunter muncul pada film animasi Justice League sementara Vision muncul pertama kali di Film The Avengers : Age of Ultron dan muncul kembali di film Captain America : Civil War.

Itu dia Geeks para superhero Marvel dan DC yang mempunyai kemampuan yang sama. Siapa diantara mereka yang menjadi favorit kalian? Share pendapat Geeks di kolom komentar dibawah ini!