Seperti yang kita ketahui Geeks, sangat banyak film anak-anak dengan berbagai genre sebagai media hiburan untuk mereka. Cerita fantasi yang menyenangkan, memiliki cerita ringan dan mengajarkan beberapa hal baik dan sebagai edukasi.

Namun terkadang, ada beberapa film anak menyertakan adegan yang sepertinya kurang layak untuk disaksikan oleh mereka. Nah, berikut ini adalah 5 adegan dari film anak yang justru terlalu menyeramkan untuk ditonton anak-anak. Selengkapnya, dibawah ini Geeks:


1.Coraline (2009)

 

Coraline, sebuah film animasi 3D yang diadaptasi berdasarkan novel karya Meil Gaiman dengan judul yang sama. Film yang disutradarai oleh Henry Selick ini dirilis pada 6 February 2009 (USA), diminggu awal penayangannya ‘Coraline’ berhasil meraup $16.85 juta dan menempati urutan ketiga Box Office. Film bergenre fantasy family ini, para karakternya memiliki kesan yang ‘seram’ untuk ukuran anak kecil, didukung dengan visualisasi, cerita dan musik latar yang menegangkan.

Film animasi ini berkisah tentang karakter Coraline (Dakota Fanning), seorang anak berusia 11 tahun yang selalu ingin tahu tentang segala hal. Suatu ketika Coraline dan orang tuanya yaitu Mel Jones (Teri Hatcher) dan Charlie Jones (John Hodgman) harus pindah ke sebuah rumah baru dan meninggalkan teman-temannya. Saat itu, kedua orang tua Coraline sangat sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, dan ia merasa tidak diperhatikan. Pada malam hari, Coraline melihat sebuah pintu kecil yang tersembunyi dirumah barunya terbuka dan ternyata mengantarkannya kesebuah dunia misterius dan mendapati jika tempat itu sama dengan rumahnya. Kemudian, ia menuju dapur dan menemukan seorang wanita mirip ibunya sedang memasak namun ada kancing yang terjahit dibagian mata ‘ibu’nya. Ditempat lain, Coraline menemukan ayahnya sedang bermain piano yang memiliki wujud sama seperti ‘ibu’nya yaitu menyeramkan. Didunia tersebut Coraline melihat semuanya sempurna dan mempunyai ayah dan ibu yang perhatian dan sangat menyayanginya. Ia mulai berharap bahwa dunia nyata bisa sama membahagiakannya seperti dunia misterius ini. Namun, ia kecewa semuanya tidak seperti yang ia harapkan. Film ini memiliki pesan moral yaitu bahwa setiap anak kecil tentunya hanya ingin mendapat perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya walaupun dalam kesibukan apapun ya Geeks.


2. Frankenweenie (2012)

Geeks, Frankenweenie merupakan film bergenre comedy family dengan format 3D stop motion hitam putih pertama, yang dirilis pada tanggal 5 Oktober 2012 (USA), disutradarai oleh Tim Burton dan mendapatkan ulasan positif dari para kritikus. Film animasi Disney ini adalah remake dari film pendek Tim Burton dengan judul yang sama pada tahun 1984. Frankenweenie ini diadaptasi dari film Frankenstein tahun 1931 karya Mary Shelley.

Frankenweenie bercerita tentang seorang anak bernama Victor Frankenstein (Charlie Tahan) yang kehilangan anjing peliharaannya yang bernama Sparky, dalam sebuah kecelakaan. Victor menggunakan kekuatan sains dan kecerdasannya untuk membangkitkan Sparky kembali kedunia. Ketika akhirnya Victor mampu menghidupkan kembali Sparky, namun ia harus dengan susah payah menutupi kembalinya Sparky. Berbeda dengan film Frankenstein, film tersebut menghidupkan kembali sosok manusia. Film ini juga dibuat berwarna hitam putih untuk menguatkan kesan horror dan nuansa keluarga Frankenstein yang kental.

Geeks, untuk membuat film Frankenweenie dengan durasi 87 menit ini, para animator harus melakukan 24 kali gerakan foto untuk menghasilkan satu detik durasi film. Dan boneka pertama yang diciptakan untuk pembuatan film ini adalah karakter Sparky. Sparky juga lah yang menjadi tolak ukur skala pembuatan set dan properti lainnya dan boneka karakter Sparky pernah mengalami 60 kali reparasi bentuk dan warna.


3. The Witches (1990)

Kali ini film The Witches, film fantasi family pada tahun 1990 yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Roald Dahl. Film yang disutradarai oleh Nicolas Roeg, ini diproduksi oleh The Jim Henson Company untuk Lorimar Film Entertainment dan Warner Bros. Dibintangi oleh Anjelica Huston (Miss Eva/Grand High Witch), Mai Zetterling (Helga Eveshim), Rowan Atkinson (Mr. Stinger), dan Jasen Fisher (Luke Eveshim). Film ini diterima dengan sangat baik oleh para kritikus namun tidak mendapat hasil baik di Box Office. Sang penulis Roald Dahl sendiri menganggap film The Witches sebagai “sangat mengerikan” karena akhir cerita yang kontras dengan buku tersebut.

Seperti dalam novelnya, cerita ini memfantasikan penyihir yang menyamar sebagai wanita biasa dan membunuh anak-anak, namun digagalkan dan dimusnahkan oleh seorang anak laki-laki (Luke) dan neneknya (Helga Eveshim) setelah anak itu berubah menjadi tikus. The Witches ini memiliki satu adegan yang bisa dibilang ‘mengerikan’ ketika penyihir tersebut melepaskan kulit wajahnya dan para pengikutnya yang juga sama mengerikan. Untuk anak-anak yang menontonnya mungkin akan sedikit ketakutan ya Geeks?


4. Toy Story (1995)

Tentunya kalian sudah mengenal karakter Woody kan? Salah satu mainan yang dimiliki oleh anak laki-laki bernama Andy. Toy Story adalah sebuah sebuah film animasi dengan teknologi CGI (Computer-generated imagery) pertama yang dirilis Disney pada 21 November 1995, berhasil meraih $ 356.800.000 juta di seluruh dunia. Bercerita tentang petualangan mainan yang digambarkan bisa hidup jika tidak ada orang.

Tidak semua mainan cukup beruntung bisa dimiliki oleh anak yang baik seperti Andy. Beberapa boneka malang mengalami nasib buruk ditangan karakter Sid Phillips, seorang anak yang nakal. Ketika Woody dan Buzz Lightyear disandera dan disimpan di rumah mengerikan Sid, mereka disambut oleh sekelompok pekerja mainan yang menakutkan termasuk kepala bayi bermata satu yang bergerak di atas enam kaki laba-laba berbahan logam. Salah satu adegan tersebut adalah momen yang menyeramkan, bahkan bisa dibilang merupakan hal paling mengerikan yang pernah dikerjakan Pixar.


5. Who Framed Roger Rabbit (1988)

Yang terakhir adalah Who Framed Roger Rabbit sebuah film animasi diproduksi oleh Amblin Entertainment dan dirilis pada 22 Juni 1988 (USA). Film yang disutradarai oleh Robert Zemeckis dan Richard Williams ini dibintangi juga oleh Bob Hoskins (Eddie Valiant), Charles Fleischer (Roger Rabbit), Christopher Lloyd (Jugde Doom), dan Joanna Cassidy (Dolores). Who Framed Roger Rabbit pun menampilkan beberapa karakter animasi dari Disney dan Warner Communications.

Film ini mengisahkan karakter kartun atau ‘toons’ yang dapat berinteraksi dengan manusia didunia nyata dan tinggal di toontown. Suatu hari, seorang kepala studio kartun R. K. Maroon (Alan Tilvern) menyewa seorang detektif yaitu Eddie Valiant (Bob Hoskins) untuk menyelidiki kasus perselingkuhan istri dari Roger Rabbit (Charles Fleischer) yang bernama Jessica dengan pemilik pabrik gag dan toontown yaitu Marvin Acme (Stubby Kaye). Dalam sebuah adegannya memperlihatkan karakter Judge Doom dilindas oleh mesin besar hingga menjadi tipis, namun ia masih hidup dan bisa berjalan. Kemudian menghirup udara, normal kembali hingga matanya terlepas dan menjadi merah. Mengerikan sekali ya Geeks?

_

Geeks, itulah film anak yang memiliki cerita, karakter dan adegan cukup ‘menyeramkan’ namun berkualitas, memberikan pesan moral didalamnya dan tentunya bisa masuk dalam list film kalian. Mana versi film anak yang menyeramkan menurut kalian? Tulis pendapat kalian di kolom komentar dibawah ini ya Geeks. 

Dapatkan berita terbaru seputar film & entertainment lebih cepat dan mudah dengan bergabung di line official Greenscene.co.id. KLIK DISINI untuk bergabung.