Seperti yang Geeks ketahui dalam beberapa minggu kedepan DCEU akan merilis salah satu film mereka dengan skala yang lebih luas yaitu Justice League, tentunya sebelum mencapai hal tersebut DCEU harus mengawalinya dengan beberapa film solo untuk membentuk karakterristik superhero yang akan terlibat, contohnya seperti film solo Superman di tahun 2013 dan berlanjut ke dalam film sekuel Batman Vs Superman : Dawn of Justice di tahun 2016.

Selain itu DC juga memiliki beberapa film superhero solo lainnya yang akan mendukung film Justice League ini salah satunya seperti Wonder Woman yang dirilis pada bulan Juni lalu, serta beberapa spin-off dari beberapa superhero lainnya yang akan datang. Sebagian Geeks mungkin bingung mengenai timeline yang saat ini sedang di bentuk oleh DCEU, mengingat plot yang kita lihat saat ini masih membingungkan karena semuanya masih menjadi rangkaian awal dari universe ini. Oleh karena itu di bawah ini Geeks bisa melihat timeline yang dibentuk oleh DC Extended Universe.


Man of Steel 2013


Sumber Gambar : DC Comic

Man of Steel ini merupakan film pertama dari DCEU yang mengisahkan pertempuran yang terjadi antara Superman melawan Jendral Zod seorang pembunuh dari Jor-El, sebenarnya Zod dan para pengikutnya sudah di buang ke zona bayangan, namun dengan meledaknya planet Krypton mereka pun ikut terbebas.

Singkat cerita, Zod datang ke bumi dan bertarung dengan Kal-El alias supermen karena Zod memiliki tujuan untuk mengubah bumi menjadi planet Krypton baru. Sebagian besar kota Metropolis hancur karena pertarungan mereka berdua sehingga membuat ribuan nyawa tidak bersalah melayang. Karena dampak yang di timbulkan inilah Batman merasa merasa jika Superman tidak layak di anggap sebagai pahlawan.


Batman VS Superman 2016


Sumber Gambar : youtube.com

Dampak dari pertarungan Superman dan Zod menjadi salah satu alasan mengapa Bruce Wayne alias Batman tidak menyukai Superman, mengingat pertarungan yang terjadi sebelumnya membuat kehancuran yang sangat besar di Metropolis, selain itu ada juga faktor lain yang membuat Bruce menjadi semakin dendam adalah akibat ledakan yang terjadi saat persidangan, Bruce sangat yakin jika Superman bisa melihat sebuah bom yang terpasang di sana, namun ledakan tetap terjadi dan membuat orang-orang yang berada di area persidangan meninggal.

Meski pertarungan antara Batman dengan Superman sempat berlangsung, pada akhirnya mereka berdua bekerjasama untuk melawan Doomsday, villain yang di ciptakan oleh Lex Luthor dengan DNA dari dirinya dengan Zod, belum lagi kemunculan Wonder Woman juga berhasil membantu mereka berdua untuk mengalahkan mahluk yang diciptakan oleh Lex Luthor tersebut. Namun nasib buruk menimpa Superman karena ia harus tewas setelah mendapatkan pukulan. Karena kematian Superman inilah Batman dan Wonder Woman memutuskan untuk membentuk Justice League dengan tujuan untuk melindungi Bumi dari serangan yang bisa terjadi setiap saat.


Suicide Squad 2016


Sumber Gambar : amazonaws.com

Film Suicide Squad merupakan salah satu film yang dirancang untuk memperluas universe dari DCEU, selain itu film Suicide Squad ini juga merupakan salah satu film yang unik karena melibatkan para villain utama DC seperti Joker, Slipknot,Captain Boomerang, Killer Croc, Deadshot, El Diablo, Rick Flagg, Enchantress dan Harley Quin yang di paksa untuk menjadi seorang pahlawan atau mati karena sebuah micro bom yang tertanam di tubuh mereka.

Film Sucide Squad ini berseting setelah kejadian Batman VS Superman karena saat itu banyak kerusuhan terjadi setelah Superman meninggal. Meski film ini menceritakan para penjahat, namun respon yang di dapat benar-benar luar biasa sehingga Warner Bross memutuskan untuk membuat sekuel Suicide Squad 2


Wonder Woman 2017


Sumber Gambar : hdqwalls.com

Penampilan Wonder Woman alias Price Diana pada film Batman Vs Superman benar-benar mendapatkan respon yang sangat positif sebelum film solonya di rilis pada bulan Juni 2017 kemarin, mengingat penampilannya bersama Batman dan Superman menghadapi mahluk Doomsday sangat mengagumkan. Namun pada film solonya Wonder Woman terfokus untuk kisah prekuel, dimana saat itu perang dunia pertama sedang berlangsung.

Pada awalnya Diana merupakan seorang ksatria wanita biasa sebelum ia menyadari kekuatan yang ia miliki sebenarnya sebagai God Killer karena Ares yang di anggap sebagai dalang di balik pertempuran yang terjadi selama ini. Namun pada akhirnya ia menyadari bahwa peperangan memang sifat dasar dari mahluk hidup, selain itu ia memiliki tujuan lain untuk melindungi umat manusia dari ancaman. Seperti yang di katakan sebelumnya jika Batman dan Wonder Woman akan menjadi superhero yang akan membentuk tim Justice League, oleh karena itu saat di film solonya ia sedang berada di Paris, tepatnya sebuah perusahaan Wayne Enterprises.


Justice League 2017


Sumber Gambar : MLD Spot

Justice League merupakan salah satu film yang paling di tunggu oleh para Geeks yang menyukai cerita dari DC, mengingat film ini akan di rilis dalam beberapa minggu kedepan. Yang membuat menarik dalam film Justice League adalah para superhero DCEU ini akan bergabung melawan Steppenwolf yang berambisi menguasai Bumi untuk mendapatkan Mother Box. Selain menampilkan Batman dan Wonder Woman, pada film Justice League nanti juga akan menampilkan beberapa superhero lainnya yang akan memiliki film solonya sendiri seperti Aquaman, The Flash dan Cyborg.

Film Justice League ini sebelumnya di suturadarai oleh Zack Snyder yang merupakan sutradara dari film Man of Steel dan juga Batman VS superman, namun ia mundur dari kursi sutradara setelah anaknya meninggal. Meskipun ia mengundurkan diri tapi proyek film Justice League ini tetap berlangsung setelah Josh Whedon menggantikan posisi sutradara. Geeks tidak perlu terlalu khawatir karena Justice League tetap menggunakan alur cerita sebelumnya walaupun sempat mengalami proses reshoot yang cukup banyak.


Aquaman 2018


Sumber Gambar : Batman News.com

Aquaman merupakan karakter yang menjadi salah satu superhero yang tergabung dalam tim Justice League, walaupun ia baru memiliki film solo-nya di tahun 2018 mendatang, tapi kemunculannya sudah pernah di sebutkan pada film Batman VS Superman dan membuatnya menjadi salah satu karakter ikonik yang dipilih DC.

Film solo Aquaman akan menjadi sebuah sekuel dari penampilannya di Justice League dan membuat para Geeks harus menyaksikan film Justice League terlebih dahulu untuk memahami alur cerita selanjutnya dari superhero yang satu ini. Film yang menceritakan petualangan Arthur Curry itu kabarnya sudah merampungkan proses syuting-nya dan yang pasti film Aquaman menjadi satu-satunya film DCEU yang akan rilis di tahun 2018 mendatang.


Shazam 2019


Sumber Gambar : flickreel.com

Meskipun Shazam alias Captain Marvel tidak terlibat dalam film Justice League nanti, namun ia tetap menjadi salah satu karakter superhero yang dimiliki DCEU. Belum banyak informasi ataupun sinopsis yang di bagikan untuk proyek film satu ini, yang pasti di awal penampilannya ini akan menceritakan asal mula kekuatan yang dimiliki karakter Billy Batson setelah menerima warisan dari seorang penyihir misterius.

Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bahwa Captain Marvel/ Shazam akan berhadapan dengan Black Adam dalam film spin-off-nya nanti. Film Shazam saat ini sedang memasuki tahapan pra produksi untuk memenuhi tanggal rilis pada bulan April 2019 mendatang.


Suicide Squad 2


Sumber Gambar : Youtube.com

Setelah keberhasilan film pertama Suicide Squad, Warner Bros memutuskan untuk memproduksi film sekuelnya yang di rencanakan rilis pada tahun 2019 mendatang dengan menampilkan beberapa sosok ikonik di film pertamanya. Namun sampai saat ini belum ada konfirmasi tentang proyek film ini. Selain itu para pemeran yang terlibat dalam film sebelumnya juga masih belum bisa memastikan untuk terlibat kembali dalam Sucide Squad 2, meskipun Warner Bross sudah menunjuk Gavin O’Connor untuk kembali memimpin proyek film ini.


Wonder Woman 2 2019


Sumber Gambar : HeyUGuys

Pada event San Diego Comic-Con 2017 yang berlangsung pada bulan Agustus kemarin Josh Whedon mengumumkan jika film solo kedua Wonder Woman akan segera di produksi setelah keberhasilan di film pertamanya yang mengagumkan dan memberikan dampak positif untuk DCEU. Selain itu sutradara film sebelumnya yaitu Patty Jenkins di kabarkan sudah sepakat untuk menjadi sutradara kembali di film sekuelnya kali ini bersama Gal Gadot yang memerankan superhero ikonik Woner Woman. Selain itu pihak studio juga menjadwalkan film ini untuk dirilis pada akhir tahun 2019 mendatang.


Cyborg 2020


Sumber Gambar : Youtube.com

Seperti yang Geeks ketahui Cyborg merupakan salah satu superhero yang akan ikut berjuang dengan superhero DC lainnya untuk melawan Steppenwolf pada film Justice League nanti, namun sampai saat ini ia masih belum memiliki film solonya sendiri. Proyek film Cyborg untuk saat ini masih dalam tahapan perencanaan meskipun pihak studio menjadwalkan film solo Cyborg dirilis pada bulan april 2020 nanti. Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut untuk plot film Cyborg, yang pasti Geeks akan melihat debutnya pertamakali di film Justice League mendatang.


Green Lantern Corps 2020


Sumber Gamabr : Screnerant.com

Mungkin Geeks tidak asing dengan karakter Green Lantern, mengingat ia sudah pernah merilis dua film solonya tedahulu. Namun DCEU mencoba untuk memproduksi kembali film Green Lantern untuk membentuk keterkaitannya dengan beberapa film DCEU lainnya. Meskipun saat ini proyek film Green Lantern masih dalam tahapan perencanaan, namun pihak studio menjadwalkan film ini untuk rilis di bioskop pada bulan July 2020 mendatang.

Meskipun karakter Green Lantern tidak di umumkan untuk tampil pada film Justice League, namun para Geeks berspekulasi jika salah satu Green Lantern akan tampil di film Justice League nanti karena dalam cerita origin-nya ia merupakan salah satu anggota asli dari Justice League.


Flash Point 2020


Sumber Gambar : Slfy

The Flash merupakan salah satu superhero yang akan terlibat dalam film Justice League mendatang, meskipun sampai saat ini The Flash belum memiliki film solonya sendiri. Namun sebagian Geeks pasti sudah mengenalnyam, mengingat jika ia sudah memiliki serial TVnya sendiri.

Tentunya film solonya kali ini akan berbeda dengan serial TVnya, karena saat ini DCEU sedang mencoba untuk membangun semesta yang lebih luas dengan beberapa film baru dari superhero DC. Sayangnya proyek film ini masih belum bisa di pastikan karena pihak Warner Bros sedang menunggu respon dari penampilannya di Justice League walaupun sudah direncanakan untuk rilis pada tahun 2020.

Geeks itulah rangkaian timeline yang saat ini sedang di bentuk oleh DCEU, tentunya masih banyak film lainnya yang akan dirilis oleh DCEU untuk memperluas semesta yang mereka miliki dalam jangka panjang seperti film solo Batgirl, The Batman, Gotham City Siren, Justice League Dark, Man of Steel 2 dan beberapa film lainnya yang semakin menarik lagi. Namun sebagian proyek dari film DCEU masih belum memiliki tanggal rilis ataupun informasi yang lebih lengkap. Oleh karena itu stay tune terus ya Geeks di Greenscene.co.id untuk infromasi lebih lanjut.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/