Star Trek: Discovery merupakan sebuah prekuel dari film Star Trek dengan perbedaan waktu sejauh sepuluh tahun, sempat tersiar kabar jika dalam filmnya nanti mereka akan memasukan elemen yang pernah ada sebelumnya seperti yang di buat oleh sutradara Bryan Fuller, tapi mereka akan mengganti beberapa ide yang Fuller rencanakan sebelumnya karena ia pergi untuk memimpin proyek American Gods dan hal ini yang membuat produksi serial TV Star Trek mengalami penundaan.

Menjelang penayangan perdananya di TV mungkin sebagian Geeks bertanya-tanya apakah konsep antologi yang muncul dalam film sebelumnya akan di tampilkan kembali dalam Star Trek: Discovery. seperti yang dijelaskan oleh sutradara Alex Kurtzman kepada Digital Spy yang menyatakan jika konsep antologi pada film sebelumnya bisa di pertimbangkan untuk hadir kembali dalam film ini.

Selain itu Kurzman mencoba membayangkan Discovery akan menjadi sebuah serial yang terfokus pada Spinoff karakter lain seperti yang sedang di tulis oleh sutradara sekaligus penulis Star Trek Nicholas Meyer, yang saat ini dikabarkan sedang mencoba untuk mengembangkan sebuah prekuel yang tertuju pada karakter Khan yang merupakan villain terbesar dalam franchise ini. Geeks bisa melihat penyataan Kurtzman kepada Digital Spy di bawah ini :

Ini ide yang bangus, tapi saat ini saya sedang jatuh cinta dengan karakter yang ada di dalam film Discovery. Saya suka melihat mereka, sepertinya saya tidak akan membuat pertujukan baru dalam waktu dekat, tapi saya rasa akan ada lebih banyak seri Star Trek nantinya.

Sepertinya kekhawatiran Geeks sekarang sudah bisa teratasi, mengingat sebelumnya para penggemar di buat kebingungan tentang kelanjutan proyek Star Trek tanpa kehadiran sutradara Bryan Fuller. Tapi saat ini Sutradara Alex Kurtzman mencoba untuk membangun sebuah Generasi baru pada franchise ini. Star Trek akan tayang perdana di chanel CBS pada 24 september 2017 mendatang dengan Genre Sci-Fi(Sciense-Fiction) dan sepertinya Geeks akan melihat film ini akan terfokus pada spinoff dari karakter yang pernah ada pada film sebelumnya.