Michael Bay selaku sutradara dari Bad Boys 1 dan Bad Boys 2 berkata bahwa produksi film ketiga dari Bad Boys harus segera dilakukan. Bay beranggapan film ini harus segera dibuat, jika tidak, seluruh persiapan yang telah dilakukan akan sia-sia . Bad Boys merupakan film pertama yang membawa seorang Michael Bay dikenal sebagai seorang sutradara film handal yang sebelumnya hanya mengerjakan music video untuk para musisi seperti Styx, Tina Turner, Lionel Richie dan Meatloaf.

Diperankan oleh Will Smith dan Martin Lawrence sebagai pasangan polisi divisi narkotika , Bad Boys merebut hati para pecinta film dengan berbagai respon positif , terbukti dari pendapatan global sebesar $141,4 juta yang berbanding terbalik dengan ongkos produksi yang hanya mengeluarkan budget sebesar $19 juta. Kesuksesan film ini juga menjadi awal bagi seorang Will Smith untuk memerankan film blockbuster lainnya seperti Independence Day dan Man In Black . Larisnya Michael Bay menjadi bukti kenapa Bad Boys 2 harus memiliki jeda selama 8 tahun karena kesibukandirinya, sampai akhirnya Bay bisa melakukan reuni dengan Will Smith dan Martin Lawrence pada 2003 .

Bad Boys 2 yang juga mendapatkan kesuksesan besar dengan mendapatkan pendapatan global sebesar $273 juta , dengan biaya produksi hanya $130 menjadi bukti bahwa duo detektif ini begitu dinantikan kelanjutan nya. Namun Bad Boys 3 yang nantinya akan berjudul Bad Boys For Life belum bisa menemukan cara untuk bisa memulai produksi. Meskipun Sony Picture sudah berencana untuk membuat Bad Boys 3 dan Bad Boys 4 namun sepertinya banyak hal yang membuat film ke 3 ini mengalami banyak masalah , salah satu contohnya adalah Joe Carnahan yang meninggalkan kursi director pada bulan Maret lalu, dengan begitu jadwal rilis Bad Boys 3 dan 4 mengalami penundaan menjadi pada November 2018 untuk Bad Boys 3 dan tahun 2019 untuk Bad Boys 4.

Ditemui untuk perilisan film terbarunya Transformer The Last Knight , Bay berkata pada CinemaBlend bahwa Bad Boys For Life harus segera menemukan cara utuk memulai produksi

“Tidak lama lagi mereka akan menjadi tua bukan ? tidak lama lagi mereka akan menjadi pensiunan polisi, bukan sebagai polisi aktif lagi. Butuh waktu lama untuk mewujudkannya, dan saya tidak terlibat dalam mewujudkannya. Mereka harus segera melakukannya. Anda pasti bisa membuat Martin dan Will menjadi lucu lagi – itu adalah film yang menyenangkan untuk dilakukan. “

Meskipun menyatakan tidak tertarik untuk menggarap Bad Boys For Life , namun pernyataan yang dibuat Bay memberikan tanda bahwa dia memang perduli pada film yang telah membesarkan namanya di dunia perfilman . Meskipun banyak kritikus film yang keberatan dengan gaya visual Bay yang terbilang berat, Tapi tidak diragukan lagi Bad Boys Franchise memang membutuhkan cara berfikir Bay untuk membuat film ke 3 ini bisa segera terwujud dan meraup kesuksesan kembali .

Smith dan Lawrence mungkin memang tidak muda lagi, seperti apa yang dikatakan oleh Bay, namun tetap saja inti dari cerita Bad Boys terletak pada kelucuan mereka berdua, terlepas dari film terakhir Smith sebagai peran pendukung dalam Suicide Squad dan Lawrence yang tidak aktif bermain film sejak Bad Boys 2, memang tidak akan memberikan jaminan bahwa Bad Boys For Life akan meraup kesuksesasan, namun sepertinya campur tangan Bay akan menjadi suatu hal berbeda jika memang dia bersedia duduk dibelakang kursi sutradara.