Kini setelah sekian lama menunggu, film Gears of War akhirnya telah bekerja sama dengan salah satu Production House terbesar yaitu Universal Studio pada bulan Oktober lalu, yang pada akhirnya proyek film ini akan memulai bekerja sama dalam proses produksi. Universal Studio akan memperkerjakan seorang penulis skenario Shane Salerno, yang juga menulis untuk keempat sekuel Avatar yang akan datang di bantu dengan James Cameron untuk mengerjakan naskah film tersebut  dan Dylan Clark akan memproduksi film ini melalui perusahaan Universal-nya, meskipun belum ada Sutradara yang akan menangani Gears of War ini.

Pada saat Universal Studio mengumumkan kemitraan mereka dengan The Coalition yang merupakan rumah produksi dari game Gears of War telah mengungkapkan bahwa film ini tidak akan menyamai alur cerita seperti yang ada pada game asli dari Gears of War, untuk di filmnya nanti akan dibuat sebuah cerita baru tanpa mengenyampingkan tema game yang sudah ada. Film Gears of War yang di angkat dari sebuah Game ini sebelumnya telah mengalami proses perjalanan yang cukup panjang dalam menuju tahap produksinya, dan pada akhirnya untuk proses film ini sudah ada titik terang untuk melanjutkan ke tahap pengambilan gambar pertamanya.

Game Gears of War pada awalnya di kembangkan oleh Epic Studio, semenajak dirilis pada tahun 2006 game ini telah melahirkan berbagai macam sekuel yang telah menghasilkan pendapatan sebesar $ 1 miliar dolar. Hal ini dianggap sebagai salah satu kesuksesan dari video game yang paling ikonik, dimana game ini mendefinisikan game HD generasi pertama dan telah dimainkan oleh lebih dari 45 juta gamers di seluruh dunia.

Pada akhirnya Microsoft mengakuisisi game ini di tahun 2014, ketika sang pembuat game ini Rod Fergusson kembali memimpin perusahaan The Coalition studio yang bekerja sama dengan Microsoft untuk pengembangan yang menjadikannya game Gears of Wars ini lebih ekslusif dari sebelumnya. Dengan belum di tentukannya produser untuk film ini, tentunya movie geek yang menantikan film ini agar lebih bersabar untuk mengikuti kabar perkembangan terbaru film Gears of War ini.