Visi pembuat film Lana dan Lilly Wachowski masuk ke Hollywood pada film action sci-fi di tahun 1999, The Matrix, yang dibintangi Keanu Reeves sebagai Neo, seorang pria yang mempelajari bahwa manusia diperangkap oleh mesin dan hidup dalam realitas simulasi yang dinamakan Matrix. Film pertamanya begitu dicintai oleh kritikus dan fans, Matrix berhasil menuai pujian karena sederetan aksi sci-fi yang inovatif dan kompleks, dan meraup keuntungan $ 460.000.000 dengan budget $ 63.000.000. Setelah itu The Matrix diikuti oleh dua sekuel, The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions, hanya saja sayangnya kurang diterima dengan baik dibandingkan dengan yang seri pertama dan bisa dibilang hanya menjadi film dengan kualitas ‘pas-pasan’.

Terbaru, dikabarkan Warner Bros tengah mengembangkan reboot dari The Matrix, dengan Michael B. Jordan (Black Panther, Creed) yang menjadi kandidat untuk membintangi film tersebut. Pro dan Kontra memang menyeruak kala itu, namun penulis skenario yang dipersiapkan untuk film ini , Zak Penn (The Incredible Hulk, The Avengers) mengatakan “tidak ada yang bisa atau harus di reboot dari Matrix.” ¬†Dia melanjutkan ungkapannya dengan membuat lebih banyak cerita yang menarik dalam dunia Matrix yang bukanlah remake atau reboot, sedikit misteri apakah film ini nantinya akan menjadi reboot total atau justru spin off dari franchise originalnya.

Namun misteri mengenai cerita reboot The Matrix tampaknya sedikit terbuka dengan kabar dari Birth Movies Death, media ini melaporkan bahwa reboot The Matrix tampaknya akan bercerita prekuel kisah dari karakter Morpheus yang dimainkan oleh Laurence Fishburne dalam trilogi asli. Menurut sumber mereka, peran muda Morpheus adalah bagian yang akan Jordan mainkan. Berita lainnya mengatakan¬†bahwa Warner Bros memiliki rencana untuk mendirikan sebuah ‘writers room’ khusus untuk Matrix, yang mungkin menunjukan studio ingin membangun semesta sinematik seperti halnya Marvel dengan Marvel Cinematic Universe, DC dengan DC Extended Universe, dan kisah prekuel Morpheus adalah salah satu dari banyak ide yang dieksplorasi.

Dalam The Matrix trilogy, Morpheus adalah pembimbing dari Neo yang beroperasi melawan mesin di Zion. Sebelum bertemu dengan Neo, Morpheus menghabiskan hidupnya untuk mencari The One dari Nubuat (kitab) Oracle yang akan membebaskan manusia dari mesin. Jika Warner Bros tidak berhenti mengembangkan film prekuel Morpheus, itu dapat berpotensi mengikuti masa dalam kehidupan karakter atau penemuannya dari keberadaan The Matrix.

Tentu saja, mengingat respon yang beragam untuk reboot Matrix, masih harus dilihat apakah potensi film muda Morpheus akan diterima oleh movie geek. Plus, sebuah prekuel yang berfokus pada karakter seperti Morpheus adalah langkah yang cerdas dan layak untuk ditunggu para movie geek