Penulis mengetahui film Kong : Skull Island sekitar 1 tahun kemarin saat trailer pertamanya keluar. Penulis cukup tertarik dengan film ini karen memiliki universe yang sama dengan film Godzilla pada tahun 2014, yang akan berujung pada film Godzila vs King Kong. Jajaran pemeran dalam film Kong : Skull Island inipun tidak main – main. Terdapat nama – nama seperti Samuel L. Jackson yang sudah membintangi banyak film lalu Tom Hiddlestone atau yang terkenal menjadi karakter jahat di Marvel Cinematic Universe (MCU) yaitu Loki, lalu adapula pemenang piala Oscar yaitu Brie Larson dan masih banyak aktor dan aktris terkenal lainnya. Memang bintang pada film ini adalah King Kong itu sendiri, tetapi dengan aktor dan aktris berkelas juga sangat berperan untuk menghidupi universe ini.

Penulis tidak sadar bahwa film Kong: Skull Island sudah ada di bioskop karena penulis berfikir bioskop sendiri masih dikuasai oleh film Logan. Beruntung penulis diajak menonton oleh saudara dan akhirnya menonton Kong: Skull Island. Penulis tidak berekspetasi terlalu tinggi dan juga tidak menilai terlalu rendah,meskipun ratingnya cukup bagus. Tidak seperti Logan yang memang ditunggu-tunggu penulis tidak terlalu berekspetasi bermacam-macam hanya untuk menghabiskan waktu libur saat menonton film Kong: Skull Island.

Sebelumnya penulis mengingatkan akan adanya spoiler untuk yang belum menonton. Film dimulai dengan cukup menarik, langsung dimunculkan sosok King Kong tersebut. Berbeda dengan film King Kong arahan Peter Jackson dimana sekumpulan kru sebuah film mendatangi pulau untuk shooting sebuah film, disini yang datang adalah para peneliti yang ditemani oleh militer Amerika Serikat yang baru selesai berperang di Vietnam. Selanjutnya terungkap bahwa para peneliti tersebut datang bukan untuk meneliti pulau melainkan untuk memancing King Kong itu sendiri untuk keluar. Oya, peneliti tersebut datang dari tempat yang sama dengan peneliti di film Godzilla yaitu Monarch. Di Pertengahan film terungkap bahwa King Kong justru melindungi penduduk pulau tersebut dari serangan monster – monster seperti kadal raksasa yang hidup di bawah tanah yang sering menyerang penduduk dan binatang – binatang diatasnya. Disanalah terjadi konflik antara yang membela Kong dan yang ingin menghabisi Kong.

Secara garis besar seperti itu jalan ceritanya, sekarang sedikit uneg-uneg penulis yang akan dituangkan disini. Karakter Tom Hiddlestone, disini ia diceritakan sebagai jagoan perang dsb. Ekspetasi penonton ia akan menjadi jagoannya, tetapi hanya sedikit saja adegan Tom Hiddlestone bertarung hebat, lebih banyak scene dimana ia memimpin rute jalan dengan kru yang lain ditambah adanya scene Tom bertarung menggunakan pedang yang memakai efek CGI yang sedikit aneh dan juga menjadi tidak natural karena untuk keperluan 3D. Penulis cukup kecewa melihat adegan di bagian tersebut karena terlalu aneh untuk film berbudget besar seperti ini.  Kemudian, akting pemainnya yang entah mengapa penulis merasa seperti terlalu kaku dan terlalu terscript, terutama terlihat saat dimana mereka berkonflik terlihat seperti mereka menunggu giliran untuk berdialog. Mungkin itu saja uneg – uneg awam dari seorang penggemar film, sebenarnya cukup menarik terutama untuk pecinta multiverse jadi cukup layak ditonton,terimakasih. Ups, jangan keluar dulu setelah post-credit masih ada lanjutannya seperti film-film Marvel hehe.

Bagi para movie geek yang ingin mengirim artikel berupa opini atau review film apa pun dan di tayangkan dalam rubrik ‘ MOVIE TALK’, kirim karya tulis kalian minimal 350 kata beserta biografi diri, foto diri ( opsional ) dan akun sosmed ( opsional ) dalam bentuk MS.Word melalui email redaksi Greenscene : support@greenscene.co.id