Salah satu film hits bergenre sci-fi terbesar sepanjang masa dimulai pada tahun 1999 ketika Warner Bros membawa Keanu Reeves menjadi pemeran utama dalam film The Matrix. Sutradara dari film The Matrix Lana & Andy Wachowskies memberikan gaya visual baru yang menjadi angin segar dalam film bergenre sci-fi pada masanya. Seri film pertama dari The Matrix berhasil masuk kedalam salah satu film terbaik dalam genre sci-fi, namun sekuel dari film The Matrix datang dengan membawa kekecewaan bagi para fansnya, karena akhir cerita pada kedua sekuel sangat membingungkan para penggemar. Namun kekecewaan penggemar terhadap kedua sekuelnya tidak menghapus kecintaan para penggemar pada seri pertamanya, yang membuat para penggemar ingin menyaksikan kembali dunia Matrix yang lebih luas.

Warner Bros tampaknya tertarik untuk mengeksplorasi kembali dunia Matrix, dan sudah memiliki kandidat yang akan memimpin jalannya film. Situs online THR melaporkan bahwa Warner Bros sudah masuk kedalam tahap awal untuk pengembangan reboot dari film The Matrix, Warner Bros dikabarkan sedang merayu penulis Zak Penn untuk menulis cerita dan memberi sentuhan baru pada film reboot The Matrix. Warner Bros pun dikabarkan sudah membidik aktor Michael B.Jordan untuk mengambil peran utama dalam film reboot The Matrix.

Rumor mengenai reboot dari film The Matrix tidak muncul kali ini saja, kira-kira tiga tahun yang lalu rumor mengenai reboot The Matrix pun pernah muncul, dan menunjuk sutradara bersaudara Wachowskis untuk memimpin trilogi baru dari The Matrix. Namun, laporan terbaru saat ini mengatakan bahwa duo sutradara tersebut tidak terlibat dengan proyek reboot dari film The Matrix.

Segala sesuatunya bisa berubah dan berkembang dari waktu ke waktu, tetapi proses pemikiran Warner Bros untuk memperluas franchise akan sangat menarik untuk dilihat, bagaimana konektivitas antara film aslinya dengan yang baru akan terjalin. Keanu Reeves baru-baru ini mengatakan bahwa ia akan terbuka untuk memerankan kembali tokoh utama dalam film yaitu Neo, namun tidak ada laporan yang mengarah pada Keanu Revees.