Dimulai dengan kemunculan Daredevil pada tahun 2015 dalam saluran Netflix, Marvel Sudios dengan cepat menyadari bahwa serial Daredevil memiliki kekuatan yang dapat diperhitungkan dalam acara TVDaredevil season pertama banyak mendapatkan respon yang sangat baik dari para kritikus dan movie geek, sehingga catatan sukses dari Daredevil, membuka jalan untuk serial Marvel lainnya seperti Jessica Jones, Daredevil season 2 dan Luke Cage.


Movie geek tinggal menunggu waktu untuk melihat aksi dari Jessica Jones, Daredevil dan Lukas Cage dalam serial TV The Defenders, namun sebelum itu kita akan menyaksikan sebuah serial yang lebih dulu dirilis yaitu Iron Fist. Ia merupakan bagian dari The Defenders yang sampai saat ini belum melakukan debutnya. Serial TV Iron Fist menceritakan Danny Rand ( Finn Jones ) seorang pewaris kerajaan bisnis yang kembali ke kota New York City setelah 15 tahun menghilang dan diduga tewas. Danny Rand kembali dengan seni beladiri yang sangat tangguh dan mendapatkan kekuatan mistik dari Iron Fist. Sayangnya penempatan aktor inggris Finn Jones sebagai pemeran utama mendapatkan beberapa kritikan dari para fans.

Mitologi Iron Fist begitu kental dengan budaya Asia, sehingga banyak fans yang berharap Marvel dan Netflix menggaet aktor keturunan Asia untuk mengisi peran dari Danny Rand, menanggapi hal tersebut, Finn Jones kemudian terlibat debat argumen dengan beberapa hardcore fans dalam akun Twitternya, kemudian ia menghapus akun Twitternya selama sekitar satu hari, dan mengkatifkannya kembali beberapa waktu yang lalu. Setelah situasi mulai mereda, ia kemudian memberi statement mengenai situasi yang terjadi pada media Deadline:

“Ada manfaat yang sangat besar untuk terlibat dan membantu percakapan pada media sosial, terutama untuk memberikan suara mengenai masalah sosial. Niat awal saya adalah untuk memperkuat pidato yang dibuat oleh Riz Ahmed di House of Commons tentang diversity. Itu adalah pidato yang sangat mengartikulasikan dan representasi bahwa saya sepenuhnya setuju. Kemudian posting saya dibanjiri oleh orang-orang yang tidak mengizinkan saya untuk berbagi suara, dengan asumsi bahwa acara kami akan bermain ke masalah ketidaksetaraan ras di layar. Saya terlibat argumen dengan sopan, diplomatis dan berusaha untuk menjembatani kesenjangan tersebut. Saat ini saya di tengah-tengah jadwal syuting dan saya harus tetap fokus pada ke kehidupan karakter ini tanpa penilaian, jadi saya memutuskan untuk menghapus diri dari twitter untuk saat ini.”

Finn Jones tampaknya peka terhadap isu keragaman dalam casting, pernyataan di atas bukan yang pertama kalinya, Finn Jones baru-baru ini mengatakan pada Buzzfeed bahwa ia menemukan tuduhan terhadap Danny Rand yang menjadi “penyelamat kulit putih” itu tidak berdasar, dan bagi mereka yang kritis harus menunggu sampai mereka melihat hasil sebelum membuat penilaian. Finn Jones saat ini sedang bekerja keras pada set The Defenders, wajar bila dia ingin menghindari gangguan. Finn Jones belum memposting sesuatu yang berhubungan dengan masalah tersebut dalam akun Twitternya.

Iron Fist akan tayang perdana pada 17 Maret 2017.

Berlangganan berita terbaru seputar film setiap harinya melalui LINE official account Greenscene.co.id, klik disini untuk bergabung > @greenscene.co.id.