Diakhir tahun ini, Marvel akan merilis salah satu serial paling ditunggu oleh para movie holic, yaitu The Defenders. Bersama dengan Netflix, dalam The Defenders, Marvel akan menggabungkan empat ( atau mungkin lima ) para street level superhero seperti Daredevil, Jessica Jones, Luke Cage, Iron Fist dan kemungkinan The Punisher dalam satu frame yang berlokasi di kota fiksi, Hell Kitchen.

Add Friend
Sebelum The Defenders, masing-masing karakter diatas telah dibuat serialnya masing-masing, kecuali The Punisher yang pertama kali melakukan debut di serial Daredevil season 2, dan kemungkinan memiliki serialnya sendiri di tahun 2018. Bagi para movie holic yang sebelumnya telah mengikuti serial para karakter tersebut, tentu bertanya-tanya mengenai timeline dari cerita The Defenders. Selain tokoh Claire yang akan menjadi penghubung diantara mereka, kita belum mendapatkan informasi lebih detail mengenai pertemuan para superhero tersebut dan awal mereka membentuk The Defenders.

Namun baru-baru ini Charlie Cox sang pemeran Matt Murdock/Daredevil memberi kita jawaban mengenai timeline The Defenders, melalui interviewnya bersama Entertainment Weekly, ia berbicara mengenai pengalamannya dan bagaimana Daredevil bisa sampai ke titik saat ini. Berikut kutipannya :

( The Defenders ) bercerita beberapa bulan setelah Daredevil Season 2, saya pikir beberapa bulan terakhir cukup berat baginya ( Daredevil ), ia menyikapi kematian Electra dengan sangat buruk, ia merasa bertanggung jawab untuk itu. Dia merasa gagal untuk melindungi orang yang dia cintai dan mulai mencoba untuk merubah sudut pandang dirinya.

Hal yang diucapkan oleh Charlie sebetulnya cukup memberi kita petunjuk lain mengenai masa depan serial ini. Dimana timeline dalam Marvel Cinematic Universe ( MCU ) dari Netflix yang memiliki latar belakang waktu yang lebih lambat dibandingkan MCU versi layar lebar yang bersetting real time.


Seperti yang kita ketahui Daredevil season 2 dirilis pada tahun 2016 lalu, sehingga jika beberapa bulan dalam MCU versi Netflix sama dengan satu tahun, maka kemungkinan untuk karakter MCU versi layar lebar menjadi cameo dalam serial ini cukup tipis. Mengingat sebelumnya beredar rumor bahwa Doctor Strange akan menjadi cameo dalam serial Iron Fist yang akan rilis beberapa bulan sebelum perilisan perdana The Defenders.

Well, tapi tidak ada salahnya jika kita berharap akan menemukan cameo karakter lain dari MCU versi layar lebar selain Doctor Strange, melihat hubungan baik MCU Netflix dan Layar Lebar yang meskipun memiliki tone berbeda ( versi Netflix lebih gelap, kasar dan sadis ), namun MCU versi Netflix dianggap sebagai salah satu contoh sukses adaptasi Marvel terbaik.