Komedi adalah suatu karya yang lucu yang pada umumnya bertujuan untuk menghibur, menimbulkan tawa, terutama di televisi, film, dan lawakan. Dalam seni teater, terutama teater Barat, komedi juga merupakan salah satu genre teater yang berasal dari Yunani Kuno.Satir atau satir politik yang menggunakan jenis komedi ironi untuk menggambarkan seseorang atau sebuah institusi. Parodi menggunakan gaya ironi untuk memberikan kritikan dari dalam.

Sampai sekarang komedi masih banyak di sukai oleh setiap orang terutama dalam dunia perfilman.Setiap orang yang ingin menyaksikan film bergenre komedi pasti ingin di buat tertawa lepas,tapi bagaimana jika kita menyaksikan film komedi tapi malah di buat sebaliknya, kita malah di buat menangis setelah menyaksikan film komedi. Nah, kali ini Greenscene akan merangkum 5 film komedi yang dapat membuat kalian tertawa sekaligus menangis, check this out :

 


1.Inside Out (2015)


insideUntuk pertama kita mulai dengan sebuah film animasi karya Pete Docter. Sebuah film animasi dengan konsep yang sebenarnya cukup rumit untuk dieksekusi, apalagi untuk menghasilkan tontonan semua umur. Di film ini kita akan di bawa ke dalam pikiran manusia, dengan beberapa karakter yang menunjukan 5 emosi yang berada di dalam pikiran manusia. Inside Out merupakan sebuah film yang sebenarnya merupakan film bergenre komedi namun dapat membuat penonton larut dalam 5 emosi sekaligus. Tema film ini cukup membuat kita terhanyut dan bisa membuat para penonton menitikan air mata sekaligus tertawa dengan tingkah karakter yang unik dalam film ini.

Add Friend
Film keluaran Pixar ini berkutat di sekitar Riley, seorang anak perempuan yang baru pindah dari Minnesota ke San Fransisco bersama orang tuanya. Perubahan mendadak tersebut membawa perubahan dinamika emosi-emosi yang ada di dalam otak Riley —yang diwakilkan oleh Joy (Amy Poehler), Sadness (Phyllis Smith), Anger (Lewis Black), Fear (Bill Hader), dan Disgust (Mindy Kaling).

Para emosi berusaha mengatasi pergolakan akibat perpindahan tersebut, namun mereka harus menghadapi sebuah malfungsi sistem yang membuat Joy dan Sadness tersesat dalam semesta luas pikiran Riley, dan mereka harus segera kembali untuk keselamatan keduanya serta kondisi psikologis Riley.

 


2.P.K (2014)


pkBisakah anda bayangkan menjadi orang yang baru pertama kali menginjak bumi dan tidak mengetahui apapun tentang apa yang ada didalamnya? Hal tersebut terjadi dalam film P.K,  film yang mengisahkan tentang sesosok alien yang baru pertama kali menginjak bumi. Film bergenre komedi ini mengangkat tema tentang manusia dengan dogma agama yang sudah tertanam di masyarakat India. Kepolosan dan tingkah jenaka P.K yang di perankan oleh Amir Khan bisa membuat penonton terhibur dan tertawa lepas ketika menyaksikan film ini. Namun hubungannya dengan Juggu (Anushka Sharma) adalah sisi yang bisa membuat anda menangis.

Film ini sendiri mengisahkan tentang seorang alien yang dijuluki P.K. (Aamir Khan). Pria yang dianggap orang-orang aneh dan sedikit gila sehingga di selalu jauhi oleh masyarakat dan menjadi omongan masyarakat bahkan yang mengenalnya cukup dekat. Setiap hal yang ia lakukan akan ditertawakan dan dicemooh oleh masyarakat yang melihatnya. Tetapi P.K. memiliki rasa ingin tahu seperti anak kecil.

Kemudian P.K. melakukan sebuah perjalanan spiritual untuk menjawab segala rasa ingin tahunya. Pada akhirnya ia menyadari tentang arti persahabatan yang dimilikinya, yang berawal dari dua orang asing yang ditemuinya dari dunia yang berbeda.

 


3.Forrest Gump (1994)


qi7g86d“Run, Forrest, run!” kata-kata ini terus terngiang di telinga para penggemar Forrest Gump (1994), film drama komedi romantis yang diangkat dari novel berjudul sama karya Winston Groom.

Sekalipun telah dua dekade berlalu, film garapan Robert Zemeckis ini tetap diperbincangkan terutama cara berbicara dan suara yang keluar dari mulut Tom Hanks selaku pemeran Forrest Gump. Semua pasti akan setuju bahwa tingkah polos Gump bisa membuat orang tertawa. Tetapi tingkap polosnya juga malah bisa membuat orang meneteskan air matanya. Terutama kondisi internal dirinya sampai berbagai kejadian yang menimpanya.

Film Forrest Gump ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Forrest Gump(Tom Hanks). Ia terlahir dengan kondisi kaki yang sulit bergerak dan keterbelakangan mental. Namun berkat bantuan dan didikan yang sangat luar biasa dari Ibunya, Forrest dapat tumbuh menjadi laki-laki yang kuat dan memiliki sifat yang sangat unik. Forrest memiliki teman masa kecil yang sangat amat ia sayang hingga ia beranjak dewasa, ia bernama Jenny(Robin Wright).

Keadaan memaksa Forrest harus meninggalkan Jenny. Forrest harus mengikuti wajib militer ke Vietnam. Selama perang di Vietnam, Forrest sangat merindukan Jenny. Ia selalu menyempatkan mengirim surat untuk Jenny. Sementara Jenny selalu menganggap jika Forrest hanyalah sebatas sahabat, tidak lebih. Jenny menjalani hidupnya dengan banyak mengalami patah hati dan hampir bunuh diri.

 


4. The Bucket List ( 2007 )


the-bucket-list02Bucket List merupakan salah satu film inspiratif sekaligus film yang bisa mengundang gelak tawa bagi siapapun yang menontonnya. Sifat dan kehidupan Carter (Morgan Freeman) dan Edward (Jack Nicholson) yang bertolak belakang akan membuat anda tersenyum lebar ketika menyaksikan film ini. Namun keadaan mereka lah yang akan membuat anda juga bisa menitikan air mata.

Ide cerita yang berbeda, tata sinematografi, ditambah narasi yang dilakukan oleh Morgan Freeman bisa membuat anda duduk betah untuk menyaksikan film ini. Bucket List berkisah tentang perjalanan keliling dunia yang dilakukan oleh dua orang Mereka adalah Edward Cole dan Carter Chambers yang sedang sakit keras.

Add Friend
Cole adalah pengusaha kaya, seorang penyendiri, telah bercerai sebanyak empat kali, dan satu-satunya kesenangannya adalah ‘menyiksa’ asistennya Mattew (Sean Hayes) yang selalu dia dipanggil Thomas. Sedangkan Carter hanya pegawai rendahan miskin, tipe “family man”. Dua orang beda dunia ini bertemu di rumah sakit setelah keduanya didiagnosa menderita kanker dan divonis tidak akan hidup lebih dari setahun. Mereka pun mulai berteman.

Carter iseng-iseng membuat bucket list atau hal-hal yang ingin dilakukan sebelum dirinya meninggal dunia. Cole yang melihat daftar itu mengajak Carter melakukan hal-hal yang ada di list dan bersedia membiayai perjalanan mereka.

Maka dimulailah petualangan mereka berkeliling dunia. Selama perjalanan itu, mereka banyak bercerita tentang keluarga dan diri mereka. Carter yang terlihat bahagia ternyata merasa bahwa cintanya pada sang istri tak sekuat dulu lagi. Begitu pula dengan Cole yang telah lama dianggap tidak ada oleh putri satu-satunya.Dari perjalanan yang mereka lakukan, mereka menjadi saling memahami dan belajar lebih dalam mengenai hidup ini.

 


5.Captain Fantastic ( 2016 )


captain_fantastic_ver2_xlgDarj judulnya pasti kita akan berpikir bahwa film ini merupakan film superhero. Tetapi ini bukanlah sebuah film superhero melainkan film tentang satu keluarga yang sangat aneh yang dipimpin oleh seorang ayah yang tentu paling aneh. Film bergenre drama komedi ini akan menawarkan anda premis drama komedi yang unik ,dan sangat berbeda dari film keluarga lainnya. Pada film ini anda akan di suguhkan tentang kelucuan satu keluarga dimana mereka harus hidup di tempat yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Walaupun film ini memiliki sisi komedi namun dalam film ini juga akan di suguhkan beberapa adegan yang bisa membuat Anda menangis,terlebih tentang hubungan sebagai seorang ayah yang memiliki ideology yang tinggi tetapi sangat menyayangi anak-anaknya tersebut.

Film yang di bintangi oleh Viggo Mortensen ini menceritakan tentang satu keluarga yang menanggalkan dunia modern segala sistem konsumerisme dan kapitalis yang menurut mereka memuakan. Namun sebuah tragedi memaksa mereka harus melakukan perjalanan kembali ke luar sana untuk memberikan penghormatan terakhir buat sang istri sekaligus ibunda tercinta yang baru saja mengakhiri hidupnya sendiri.