Urang Bandung Yuk ‘Ngariung @Taman Film Festival 2017 ‘

0
8

Taman Film Festival yang diselenggarakan oleh Ruang Film Bandung, telah dilaksanakan sebanyak tiga kali. Tahun ini, ratusan film terdaftar sebagai peserta Taman Film Festival. Open submission yang dilakukan sejak 1 Maret sampai 30 April, diikuti oleh beberapa kalangan seperti pelajar, mahasiswa, dan umum. Film yang masuk ke Taman Film Festival ini tidak semuanya akan ditayangkan karena harus melalui proses kurasi terlebih dahulu. Aspek-aspek yang dilihat pada penilaian adalah ide cerita, sinematografi, dan kelayakan film untuk ditayangkan. Para kurator film Taman Film Festival di antaranya adalah Ridla An-Nuur, Tobing Jr, dan Ray Nayoan.

Film-film yang terpilih nantinya akan bersaing memperebutkan Jury Prize dan Best People Choice untuk kategori Movie Battle. Selama tiga hari, perharinya akan ditayangkan film-film yang lolos kurasi sesuai kategori masing-masing. Kategorinya meliputi Movie Battle, Premiere Movie, dan International Movie. Selain menyaksikan film-film, penonton juga turut andil dalam penilaian film sebagai voters. Tata cara voting akan disampaikan saat acara dilaksanakan. Untuk menyaksikan film yang telah lolos kurasi, disilakan untuk datang ke Taman Film Festival di Taman Film pada Kamis s.d. Sabtu, 11 s.d. 13 Mei 2017. Adapun jadwal film yang akan ditayangkan selama Taman Film Festival adalah sebagai berikut.

Di samping acara puncak pada tanggal 11 s.d. 13 Mei 2017, dalam Taman Film Festival terdapat kegiatan lain yaitu Ngariung@. Ngariung@ Taman Film Festival 2017 diadakan dengan maksud untuk membuka jejaring antar pelaku perfilman lintas kota atau bahkan lintas negara, untuk sama-sama mendiskusikan problema perfilman dan mencari solusi kegiatan perfilman dari segala sisi. Ngariung@ Taman Film Festival 2017 terbuka untuk kalangan produser film, investor film, komunitas film, pegiat produksi film, juga siswa/mahasiswa di seluruh Indonesia. Acara Ngariung@ ini dilaksanakan pada tanggal 10 s.d. 14 Mei 2017.

Kegiatan ini dapat terselenggara berkat fasilitasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, kegiatan ini mendapat dukungan dari Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Stream Coffee, Sei Sapi, IndiCinema, Warung Film, dan Medicus Foundation. Taman Film Festival terpublikasi dengan kerja sama dari relasi media yaitu Raka FM Bandung, Mave Magazine, Dapur Letter, Destinasi Bandung, Jakarta Banget, Greenscene, Indie Bdg Music, UMN Gate, Padapanik.com, nontoners.com, dan Macca Magazine. Press Conference dilaksanakan di 4eat Cafe.