Oscar Tambah Kategori Baru Yang Kontroversial

1
2140

Di sepanjang 9 dekade ajang penghargaan Academy Awards aka Oscar, jarang sekali kita melihat adanya kontroversi ketika pihak akademi memperkenalkan kategori terbaru ke dalam daftar kategori penghargaannya.

Salah satu contohnya adalah ketika memperkenalkan kategori Best Animated Feature tahun 2001. Kategori ini justru disambut dengan sangat baik oleh seluruh audiens dan insan perfilman Hollywood.

Akan tetapi, kontroversi penambahan kategori akhirnya muncul juga ketika beberapa jam lalu pihak akademi melalui akun Twitter resmi mereka, mengumumkan kategori terbaru yang nantinya akan diperkenalkan di 91st Academy Awards tahun 2019 mendatang.

Yap. seperti yang kamu lihat di screenshot tweet di atas. Di ajang penghargaan Oscar tahun depan, pihak akademi telah resmi menambahkan kategori bertajuk: Best Achievement in Popular Film.

Ini artinya, kategori terbaru ini akan memberikan Oscar kepada film-film super populer. Populer disini adalah film-film (tidak harus superhero atau sci-fi) yang ngetop di kalangan audiens dan memang pantas untuk mendapatkan piala tertinggi industri perfilman tersebut.

Walau tidak dijelaskan alasannya. Rasanya kita tahu banget mengapa kategori ini diperkenalkan. Semenjak beberapa tahun terakhir institusi Academy Awards dengan piala Oscar-nya, kerap dirundung akibat tidak memberikan film-film populer seperti contohnya Deadpool (2016) atau Logan (2017), nominasi film terbaik (Best Picture).

Dan seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ketika pihak akademi mengumumkan kategori terbarunya ini, lumayan banyak warganet yang tidak setuju dengan kehadiran  kategori ini. Namun di saat yang sama, tak sedikit juga yang setuju dan excited dengan perubahan yang dilakukan oleh pihak akademi ini.

Selain mengumumkan kategori baru, pihak akademi juga mengumumkan bahwa untuk perhelatan 92nd Academy Awards tahun 2020, perhelatan ini akan dilaksanakan lebih awal dari penghargaan-penghargaan sebelumnya yaitu, 9 Februari 2020.

Dan terakhir, pihak akademi juga mengumumkan bahwa ke depannya durasi perhelatan Academy Awards akan dikurangi menjadi 3 jam saja sehingga bisa “terjangkau” secara global.

Nah setelah mengetahui update-update ini, bagaimana tanggapan kalian terutama, terkait kontroversi kategori film populer ini? Apakah menurut kalian keputusan-keputusan yang telah diambil oleh pihak akademi ini sudah tepat?

Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)

1 KOMENTAR

  1. rata-rata film pemenang oscar adalah film seni yang kurang menghibur & cenderung membuat ngantuk pas nonton, makanya film-film tersebut kurang digemari masyarakat termasuk di amrik sana, ada bagusnya penambahan kategori ini karena justru film-film box office lah yang membuat hollywood besar bukan film pemenang oscar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here