Quantum Realm atau dunia Quantum pertama kali diperkenalkan oleh Marvel pada film Ant-Man di tahun 2015 lalu. Dunia Quantum sendiri adalah sebuah dimensi misterius yang berada di luar hukum waktu dan ruang. Di film tersebut, Hank Pym adalah orang yang pertama kali menemukan dunia Quantum tersebut. Dia menemukan dunia Quantum ketika dirinya sedang melakukan uji coba dengan Pym Particles. Dia percaya bahwa orang yang masuk ke dimensi tersebut akan hilang selamanya.

Seperti yang sudah banyak diketahui fans, dunia Quantum dipercaya akan memiliki peran penting di film Avengers 4 nanti. Yang paling populer adalah Scott Lang akan lolos dari sana melalui time vortex dan kembali berkumpul bersama Avengers. Tony Stark akan memiliki ide untuk menggunakan dunia Quantum untuk kembali ke masa lalu, menulis kembali sejarah demi tidak terjadinya apa yang kita lihat di film Infinity War. Apakah dunia Quantum bisa muncul di film Captain Marvel?


Captain Marvel Akan Terhubung Dengan Quantum Realm


Dunia Quantum sebenarnya merupakan hasil pemikiran dari Dr. Spiros Michalakasi, seorang ahli fisika quantum yang direkrut oleh Marvel di tahun 2014 lalu. Dia menjadi konsultan Marvel dalam membuat film Ant-Man. Menururt mekanisme kuantum, jika kita mengecil pada titik tertentu maka hukum tentang waktu dan ruang tidak akan berlau lagi. Disanalah dunia Quantum berada. Jika kita mampu melewati “gerbang” tersebut kita bahkan mampu untuk melakukan perjalanan waktu. Bahkan, Michalakis adalah orang yang mencetuskan ide tentang nama dari dunia tersebut karena “microverse” tidak bisa digunakan, dengan alasan hukum.

Di tahun 2017 lalu, Michalakis diwawancarai tentang potensi cerita dari dunia Quantum. Secara krusial, sang ilmuwan memberikan petunjuk bahwa dunia Quantum akan emiliki peran penting bagi film Captain Marvel. “ini (dunia Quantum) sangat menarik untuk masa depan. Ada beberapa cara untuk mengeluarkan ide ini dalam beberapa tahun. Bukan hanya untuk Ant-Man tapi, juga untuk Captain Marvel dan juga untuk Marvel Cinematic Universe.


Kekuatan Captain Marvel Bisa Berasal Dari Dunia Quantum


Dalam trailer resmi Captain Marvel yang dirilis Marvel beberapa hari yang lalu, kita bisa melihat origin story dari seorang Carol Danvers. Meskipun diketahui bahwa Carol Danvers memperoleh kekuatan dari sebuah energi setelah sebuah ledakan dari alat bangsa Kree meledak di dekatnya. Hal itu sama seperti di komiknya, dimana Carol bertransformasi ketika dia Carol berdiri disamping Psyche-Magnetron miliki Kree ketika akan meledak.

Tapi ada kemungkinan bahwa ledakan tersebut bukan berasal dari Psyche-Magnetron. Warna dari energi yang dilihat di trailernya mirip seperti energi ledakan yang ada di dunia Quantum pada film Ant-Man & the Wasp. Adegan lainnya juga memperlihatkan bagaimana setelah Carol terkena ledakan tersebut. Dimana tangan Carol memiliki energi yang sama.

Dalam film Ant-Man & the Wasp, disebutkan kalau exposure energi dari dunia Quantum bisa memberikan sesorang kekuatan super, contohnya adalah Janet Van Dyne dan Ghost. Ada kemungkinan kalau Carol terkena semacam kekuatan Quantum milik bangsa Kree. Menurut Kevin Feige, Captain Marvel akan menjadi superhero terkuat MCU. Mungkin hal tersebut karena dia memiliki kekuatan dari dunia Quantum yang tidak terbatas.

Dalam komiknya, Carol memiliki kemampuan untuk berubah menjadi “biner”, mengeluarkan energi yang mampu menerobos sebuah interdimensi yang disebut “White Hole.


Apa Artinya Bagi Avengers 4 Nanti?


Jika, memang kekuatan dari Captain Marvel berasal dari dunia Quantum, maka tanpa diragukan lagi dia merupakan pahlawan yang paling kuat saat ini. Tidak ada batasan kekuatan yang bisa dikeluarkan oleh Carol. Kita tahu kalau Infinity Stones bisa dihancurkan dan kekuatan seperti milik Captain Marvel yang bisa menandingi kekuatan dari Infinity Stones.

Satu-satunya batasan dari kekuatan seorang Carol Danvers adalah tubuhnya sendiri. Tubuhnya memiliki keterbatasan dari energi yang mampu disalurkan. Dalam cerita komiknya, Carol pernah menggunakan kekuatannya secara berlebihan. Hal tersebut berakibat hilangnya ingatan dari Carol Danvers. Pertarungan melawan Thanos mungkin akan membahayakan nyawa dirinya karena, dia beresiko kehilangan identitas dirinya lagi.

Tapi, selain melawan langsung dengan Thanos Captain Marvel juga bisa memiliki peran penting lain di film Avengers 4 nanti. Jika dia mampu untuk membuat “White Hole” maka, dia bisa menjadi kunci agar para Avengers bisa masuk ke dunia Quantum. Hal tersebut juga bisa menjadi kunci bagaimana Scott bisa selamat dari dunia Quantum tersebut. Para Avengers mungkin tidak akan mengecilkan tubuh mereka dan masuk ke dunia Quantum, melainkan Tony akan mencoba mempelajari kekuatan dari Carol dan membuat sebuah gerbang agar bisa masuk ke dunia tersebut. Kembali, dalam cerita komik, Carol terbukti mampu untuk membuka sebuah portal menuju dimensi lain.

 

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.