Selain anggota Power Rangers utama di dalam setiap serial Power Rangers, pasti ada satu atau dua “Ranger khusus” yang memiliki kemampuan spesial. Peran yang dimainkan oleh anggota Rangers tersebut beragam, ada yang jahat dan melawan para Rangers, namun ada juga yang baik dan membantu para Rangers dalam membasmi kejahatan.

Di dalam artikel ini Geeks dapat melihat beberapa profil dari anggota Power Rangers yang memiliki kekuatan khusus, seperti Tommy sang Green Ranger dari Mighty Morphin: Power Rangers. Beberapa Power Rangers juga tidak bisa ditemukan atau tampil di layar kaca, namun dapat kalian temukan di media lain seperti komik. Baca terus artikel ini untuk mengetahui beberapa anggota Power Rangers yang harus kalian ketahui ya geeks.


DAGGERON (SOLARIS KNIGHT)


Daggeron adalah salah satu Ancient Mystics, wujud dari kebaikan yang kekuatannya dipakai oleh para Mystic Rangers dari Power Rangers: Mystic Force. Ia adalah murid dari Leanbow, ayah dari Mystic Ranger merah, Nick Russel. Pengorbanannya selama Great Battle (Perang Besar) menyebabkannya hilang selama 19 tahun. Namun, ternyata Daggeron tidak hilang, melainkan mengurung dirinya sendiri di sebuah gua. Hal ini dilakukannya agar Calindor, yang nantinya berubah menjadi antagonis utama Mystic Ranger, tidak kabur. Selain terjebak di dalam gua, ia dikutuk sehingga menjadi seekor katak. Namun ia kembali ke wujud manusianya setelah Madison Rocca, Mystic Ranger biru, menciumnya dan melepaskan kutukannya.

Daggeron secara pribadi bertugas untuk melatih para Mystic Ranger dalam menggunakan sihir mereka. Ia adalah guru yang sangat tegas, mengingat ia berharap agar para Mystic Ranger dapat mencapai potensi tertinggi mereka. Ia memiliki kemampuan untuk berubah menjadi Solaris Knight, yang memiliki kekuatan matahari. Ia juga memiliki jin kucing bernama Jenji, yang tinggal di dalam senjata bernama Laser Lamp. Transportasi pribadinya adalah karpet terbang bernama Mystic Carpet. Daggeron adalah pilot dari Zord berbentuk kereta: Solar Streak. Enam gerbong kereta ini lantas dapat bergabung menjadi satu untuk berubah menjadi Solar Streak Megazord.


JASON (GOLD ZEO RANGER)


Siapa sih yang tidak mengenal Jason? Ia adalah Power Ranger merah pertama yang menjadi favorit banyak anak-anak, sebelum Tommy Oliver datang dan menggantikan kepopulerannya. Jason meninggalkan kekuatan Ranger merahnya karena ia, Trini, dan Zack terpilih untuk mengikuti konferensi perdamaian. Namun, alasan “kepergian” sesungguhnya adalah karena aktor Austin St. John, dan tiga aktor lainnya, meninggalkan serial Mighty Morphin: Power Rangers karena alasan bayaran yang kurang memuaskan. Namun, Jason kembali dengan penampilan barunya di Power Rangers Zeo sebagai Gold Zeo Ranger.

Ketika Trey dari Triforia, Gold Zeo Ranger asli, tiba ke bumi, ia terluka dan tidak bisa menggunakan kekuatan Gold Zeo. Karena takut kekuatannya hilang selamanya, Tommy Oliver memilih Jason untuk mengambil kekuatan Gold Zeo Ranger untuk sementara. Sebagai Gold Zeo Ranger, Jason memegang senjata Golden Power Staff. Tongkat emas ini berfungsi sebagai senjata jarak jauh dan dekat. Jason juga memegang kendali dari Zord berbentuk segitiga, bernama Pyramidas. Ia juga memegang kendali dari Zord bernama Warrior Wheel, ketika Pyramidas rusak dan tengah diperbaiki.


MAGNA DEFENDER


Seorang ksatria penyendiri dan musuh bebuyutan dari Scorpius, Magna Defender adalah salah satu partisipan yang mengikuti peperangan yang terjadi 3,000 tahun lalu. Ia dipercaya sebagai penjaga dari Lights of Orion. Pada saat yang sama, dunia tempat tinggal Magna Defender diserang oleh Scorpius dan para monsternya. Anak lelakinya, Zika, ditawan agar ayahnya tidak menyerang pasukan Scorpius. Sayangnya Zika mati ketika ia hendak menyerang sang panglima perang serangga ini. Setelah kematian anaknya tersebut, Magna Defender berubah dari seorang ksatria yang bertarung demi keadilan dan perdamaian, menjadi seorang yang haus akan dendam. Aksi balas dendamnya ini dilakukan tanpa mempertimbangkan baik atau buruknya tindakannya dalam mencapai tujuan.

Magna Defender memiliki senjata bernama Magna Sword. Pedang ini dapat berubah bentuk menjadi senjata api bernama Magna Blaster. Ia juga memiliki Zord berbentuk banteng bernama Torozord. Zord satu ini loyal terhadap tuannya, namun ia tidak selalu setuju dengan tindakan tuannya yang menghalalkan berbagai cara untuk balas dendam. Magna Defender lantas menyerahkan kekuatannya pada Mike Corbett, kakak lelaki dari Leo sang Ranger merah dari Power Rangers: Lost Galaxy.


ORION (SILVER RANGER)


Orion adalah alien dari planet Andresia, yang mendarat ketika planetnya dihancurkan oleh Armada. Ia adalah seorang penggali tambang di planet asalnya, yang tinggal dengan keluarganya di sebuah desa. Ketika ia melakukan penggalian, ia menemukan kotak Kristal yang berisi Legendary Silver Morpher dan Silver Ranger key. Ketika Armada menyerang Andresia, Orion segera pergi menuju desanya. Sayang desanya telah dihancurkan oleh pasukan Armada. Berniat untuk membalas dendam, ia berhasil berubah menjadi Silver Ranger di Power Rangers: Super Megaforce.

Super Megaforce Silver adalah wujud utama dari Orion. Melalui wujud ini ia dapat menggunakan Legendary Ranger Keys miliknya untuk berubah wujud menjadi Power Rangers dari seri sebelumnya. Ia juga dapat berubah wujud menjadi Gold/Silver Ranger dengan menggabungkan kunci peraknya dengan warna emas. Wujud unik lainnya adalah Super Megaforce Gold. Dengan wujud ini Orion dapat memiliki enam kekuatan Ranger dari masa lalu. Senjata utama Orion sebagai Silver Ranger adalah tombak Super Silver Spear. Sementara Zord miliknya adalah Q-Rex Drill, Zord berbentuk bor dan T-Rex.


TOMMY (GREEN RANGER)


Tommy Oliver adalah Ranger paling populer diantara fans. Ia diperankan oleh Jason David Frank, yang dalam beberapa seri selanjutnya memerankan Ranger lain. Namun, sebelum ia menjadi Ranger lain, Tommy dikenal dengan wujudnya yang paling populer sebagai Green Ranger di Mighty Morphin: Power Rangers. Ia dipilih oleh antagonis utama Mighty Morphin, Rita Repulsa, untuk menghancurkan Power Rangers. Hal ini membuatnya menjadi Ranger jahat pertama di dalam franchise Power Rangers. Setelah Jason, Power Ranger merah, membebaskan Tommy dari sihir Rita, Tommy bergabung ke dalam tim secara resmi. Ia tidak hanya menjadi teman yang baik bagi para Rangers, namun juga sebagai pemimpin yang tepat bagi para Rangers. Oleh karena inilah Jason menyerahkan kepemimpinannya kepada Tommy, ketika ia meninggalkan tim bersama Trini dan Zack.

Sebagai Green Rangers, Tommy memiliki kendali atas Dragon Zord. Untuk memanggil Zord yang kuat ini, Tommy membutuhkan Dragon Dagger, salah satu senjata terpopuler di dalam serial Power Rangers. Setelah Tommy bergabung menjadi Power Rangers, Dragon Zord miliknya dapat mengaktifkan Battle Mode-nya. Dalam perjalanan, kekuatan Green Ranger miliknya menghilang, Tommy diberikan kekuatan White Ranger oleh Zordon dan Alpha. Dengan kekuatan White Ranger, Tommy memiliki akses terhadap pisau yang bisa berbicara, Saba, dan White Tigerzord.


LORD DRAKKON (BLACK DRAGON RANGER)


Lord Drakkon adalah salah satu karakter unik dari Mighty Morphin: Power Rangers. Pasalnya, ia adalah karakter yang tidak muncul di dalam serial televisi, namun di dalam serial komik Mighty Morphin. Ia adalah versi jahat dan lebih tua Tommy Oliver dari dimensi lain yang menguasai Bumi dengan tangan besi. Sejarah Lord Drakkon sama dengan Tommy Oliver aslinya setelah Jason menghilangkan sihir Rita dari ingatannya. Namun, daripada bergabung dengan Power Rangers, Tommy kabur dan berkelana dari kota ke kota. Ia bertemu Rita Repulsa yang mengatakan bahwa ia memilihnya menjadi Green Ranger untuk membawa perdamaian di bumi. Tertarik, ia pun mengikuti Rita kembali untuk menguasai bumi.

Pada akhirnya Tommy memimpin pasukan Rita untuk melawan Zordon dan Power Rangers. Setelah mengalahkan Zordon dan para anggota Power Rangers, Tommy langsung membunuh Rita yang dianggapnya sebagai halangan atas kepemimpinannya. Setelah bumi menjadi miliknya, Tommy diberikan nama baru: Lord Drakkon. Ia menggunakan Power Coins untuk membuat pasukan yang memiliki bentuk seperti Power Rangers, bernama Power Sentries. Orang-orang dan mantan anggota Rangers yang menolak kepemimpinannya, membentuk pasukan pemberontak bernama The Coinless.


KIMBERLY (THE RANGER SLAYER)


Semenjak kematian beberapa anggota Power Rangers di tangan Lord Drakkon, Kimberly Ann Hart sang Ranger Pink, berusaha membalas dendam kepada Lord Drakkon. Ia adalah salah satu anggota pemberontakan bernama “The Coinless” yang dibentuk oleh Trini Kwan, Ranger kuning yang asli. Sayangnya Kimberly ditangkap oleh Lord Drakkon dalam perjuangannya untuk membalas dendam. Ia diberikan kekuatan baru sebagai Ranger Slayer, yang didapat melalui Bow of Darkness ketika otaknya dicuci oleh Drakkon.

BACA JUGA: 15 Senjata Power Rangers Terkuat

Sebagai Ranger Slayer, Kimberly ditugaskan oleh Lord Drakkon untuk menghabisi Power Rangers, dengan cara kembali ke masa lampau. Senjata utamanya adalah Bow of Darkness, yang juga menjadi alat yang bertanggung jawab dalam mencuci otaknya. Panah kegelapan ini sebenarnya adalah versi panah Sword of Darkness, alat yang bertanggung jawab dalam mencuci otak Tommy di dalam serial Power Rangers asli. Ia juga mengendarai Gravezord, versi jahat Megazord yang dibuat dari sisa-sisa Megazord di dunia “World of the Coinless.”