Para fans Marvel masih belum bisa menerima kematian dari Loki, di film Avengers: Infinity War. Tapi, ada beberapa alasan yang memungkinkan Loki bisa kembali (lagi) hidup di Thor 4. Pada dasarnya, Loki merupakan seorang dewa yang sesungguhnya, sama seperti Thor, dimana kematian tidak berfungsi untuknya.

Jadi, meskipun Chris Hemsworth dan Taika Waititi belum memutuskan kemana arah film Thor setelah Avengers 4 nanti, tidak ada jaminan kalau Loki tidak akan kembali. Perlu dicatat ini hanyalah sebuah teori yang mungkin saja dipraktekan oleh Marvel, demi kembalinya Loki ke MCU.


Loki Benar-benar Mati


Ada beberapa teori yang bisa dilipih, tentang kematian dari Loki ini di Infinity War. Yang paling menarik adalah yang mati di film tersebut merupakan stuntman dari Loki. Juga yang menarik lainnya, dia bahkan selamat dengan berubah menjadi Bruce Banner alias Hulk. Namun, kita anggap saja kalau Loki benar-benar mati.

Ada kemungkinan juga Loki akan kembali, mengingat di Avengers 4 nanti, beberapa karakter yang mati akan kembali hidup. Tapi, untuk para pembuat film Thor 4 nanti, sepertinya mereka tidak akan menemukan kesulitan berarti dalam cerita. Mereka tidak perlu membalikan cerita atau apapun hal yang bisa mencegah kematian Loki. Dalam mitologi Nordik, bagi dewa seperti Thor atau Loki, kematian hanyalah sebuah fase baru dari sebuah kehidupan.


Loki Mendapat Tempat Di Valhalla


Yang tragis dari kematian Loki di Infinity War adalah dia berusaha melindungi kakaknya, dan juga sisi baik dirinya sendiri. Dalam film Thor: Ragnarok dibandingkan memilih untuk egois, Loki lebih memilih jalan heroisme. Hal ini tentunya memberikan Loki tempat di Valhalla atas apa yang dia lakukan.

Loki memang tidak mati dalam keadaan dimana dirinya bertarung dalam sebuah pertempuran besar untuk melindungi Asgard, tapi dia ingin membuktikan dirinya bahwa dia memang seorang pangeran Asgard, seorang putera dari Odin. Kata-katanya kepada Thor “matahari akan kembali bersinar pada kita”  mungkin menutupi maksud dari Valhalla tapi, juga bukan hanya sebuah akhir yang baik untuk Loki. Jika Loki berhasil pergi ke Valhalla, Thor mungkin bisa mendapatkan kesempatan untuk kembali menghidupkan rakyatnya. Dan Loki juga bisa mendapatkan posisi yang dia inginkan selama bertahun-tahun.


Thor Harus Pegi Ke Hel Demi Menyelamatkan Rakyatnya


Karena konsep mitologi Nordik di kehidupan setelah mati tidak begitu jelas, Marvel bisa memiliki keleluasaan dalam menulis cerita tentang Thor, Loki, dan rakyat Asgard di neraka. Marvel juga sepertinya mencoba untuk memberikan sebuah gambaran perbedaan dari siapa yang mati dalam cerita. Di film The Dark World, jiwa Frigga berubah menjadi serbuk bintang emas, sama seperti Odin di film Ragnarok.

Yang paling dikenal dalam mitologi Nordik di komik adalah para pasukan terhebat Asgard akan dibawa jiwanya menuju surga di Valhalla. Sisanya akan dikirim ke Hel, yang tidak terlalu buruk seperti namanya. Di komiknya, jiwa-jiwa tersebut memiliki pelindung. Seorang raja kematian. Namanya adalah Balder the Brave. Dia adalah saudara dari Loki dan Thor. Ide yang bagus bagi Marvel untuk bisa membawanya ke MCU. Balder juga merupakan orang yang tepat untuk ditemui Thor, jika ingin mengambil kembali jiwanya yang terkena Infinity Stones.

Memimpin para jiwa-jiwa yang sudah mati sebagai seorang ratu merupakan tugas asli dari Hela. Namun, versi MCU memberikan kita impresi yang berbeda. Di film Ragnarok, ambisi Hela untuk mencabut nyawa warga Asgard dianggap keterlaluan oleh Odin. Akhirnya dia dikirim Odin untuk pergi ke sebuah penjara yang tidak diketahui selama beribu-ribu tahun. Hal tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan, siapa yang berkuasa saat itu?

Dalam cerita komik, Blader adalah orang yang menerima tugas tersebut menerika kekuatan tambahan ketika Hela dikirim ke penjara. Jika Thor 4 tidak menampilkan apa yang tersisa dari buku komik, tentunya akan banyak lagi pertanyaan yang muncul.


Loki Jadi Raja Baru Hel?


Loki bisa mendapatkan kedudukan yang sudah dia ingin sejak lama. Tapi, dengan karakternya yang terus berkembang, berkembang pula alasan mengapa dia memang pantas mendapatkan kedudukan tersebut.  Loki bisa menggantikan posisi Balder dan mengembalikan Balder ke kehidupan di dunia. Masih belum diketahui kemana arah dari film Thor selanjutnya. Tapi, hal ini bisa membuat Taika Waititi, berkreasi seperti apa yang dia inginkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.