Warning! Artikel ini berisi SPOILER, stop membaca artikel ini jika kamu belum menonton Avengers : Infinity War!


Bagi kamu yang sudah menonton Avengers : Infinity War, pertanyaan besar yang pastinya membayangi adalah ending dari film ini. Tidak sedikit direct message via instagram atau email ke redaksi Greenscene yang menanyakan apa yang terjadi pada para superhero di babak akhir film tersebut.

Nah, untuk menjawab hal itu, mari kita ingat motivasi Thanos mendapatkan seluruh Infinity Stones. Thanos memiliki idealisme bahwa untuk membawa keseimbangan di semesta, ia harus memusnahkan sebagian makhluk yang hidup dari eksistensinya. Ia tidak tebang pilih siapa yang ia musnahkan, entah itu kaya atau miskin, superhero atau bukan.

Dan dengan memiliki seluruh Infinity Stones, tugasnya akan jauh lebih mudah. Kedahsyatan Infinity Stones ( jika dikumpulkan bersama ) tidak mampu di lawan oleh siapa pun, bahkan dengan hanya jentikan jari saja sebagian makhluk di alam semesta akan hilang, di akhir film, misinya terwujud. Setelah ia hampir dikalahkan oleh Thor, Thanos menjentikan jarinya hingga mimpi buruk pun terjadi, Black Panther (Chadwick Boseman), Spider-Man (Tom Holland), Doctor Strange (Benedict Cumberbatch), Star-Lord (Chris Pratt), Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) dan bahkan Nick Fury (Samuel L. Jackson), yang muncul dalam adegan kredit-akhir hilang menjadi debu.

Jadi, pertanyaannya apakah mereka mati? Ataukah mereka beralih ke alam lain? Bisakah mereka kembali? Well, untuk saat ini, jika mengambil referensi dari komik, jawabannya adalah mereka benar-benar mati. Meskipun demikian, mereka masih bisa kembali dan tampaknya ini akan menjadi bab yang ditunggu di Avengers 4 nanti. Bagaimana caranya?


Doctor Strange


Saat di Planet Titan, Doctor Strange menyerahkan Time Stone pada Thanos dengan begitu mudah, padahal sebelumnya The Sorcerer Supreme menegaskan jika dirinya tidak akan ragu untuk mengorbankan Iron Man dan Spider-Man selama itu demi melindungi Time Stone dari Thanos. Setelah itu Strange menggunakan sihirnya untuk memainkan setiap skenario dimana Avengers berhadapan melawan Thanos dan hanya satu skenario dimana para pahlawan menang.

Sesaat mungkin kita berpikir jika skenario tersebut adalah rencana yang dibuat oleh Star Lord, tapi mungkinkah skenario yang dipikirkan Strange sedangkal itu? Pada satu titik, Thanos bahkan mempertanyakan mengapa Dokter Strange tidak pernah menggunakan kekuatan Time Stone terhadapnya, sedangkan Thanos menggunakan batu tersebut dengan segera untuk memulihkan Vision sehingga dia dapat mengambil Mind Stone.

Maka satu-satunya penjelasan logis mengapa Doctor Strange menyerahkan Time Stone dengan mudah adalah karena semua ini skenario yang ia buat. Kemenangan Thanos dan matinya para Avengers mungkin adalah skenario panjang yang ia ramalkan. Lalu dimana ujung dari skenario ini? Simak bagian kedua di artikel ‘Inilah Penjelasan Ending Avengers Infinity War! ( Part 2 )’ .