Setelah dalam beberapa bulan terakhir, beredar berbagai foto bocoran dari set lokasi  shooting film tentang pahlawan dari alter ego seorang Billy Batson, Shazam. Kemarin, akhirnya kita bisa melihat foto resmi dari film ini yang menampilkan Zachary Levi dalam kostum Shazam bersama temannya yaitu Freddy Freeman. Tapi, selain memberikan kita foto resmi dari Shazam dengan kostumnya, dari foto tersebut juga ternyata mengkonfirmasi sesuatu.

Berdasarkan foto tersebut, David F. Sandberg, sutradara film Shazam, ternyata mencoba untuk mengadaptasi cerita Shazam dari komik New 52. Meskipun dia dikenal sebagai salah satu superhero dari DC, Shazam dulunya bukanlah bagian dari karakter DC. Dia memulai hidupnya sebagai Captain Marvel, seorang superhero yang muncul di halaman Whiz Comics di tahun 1940 dan 1950.

Karakter Shazam pernah hiatus selama beberapa dekade, setelah DC menuntut penerbit Whiz Comics, Fawcett Comics, yang mengklaim bahwa Captain Marvel meniru Superman. Sebenarnya DC memberikan lisensi untuk karakter tersebut tapi, akibat perseteruan dengan Marvel, akhirnya Captain Marvel diganti namanya menjadi Shazam. Komik Shazam #1 produksi DC, coba untuk membangun kembali apa yang sebelumnya diberikan di Whiz Comics. Yaitu cerita superhero panel per panel seperti dalam Whiz Comics #2, dan cerita asli ini kemudian diceritakan dalam peluncuran kembali New 52 oleh DC di tahun 2011.

Seperti yang diperlihatkan baik dari foto set lokasi maupun gambar resmi pertama, versi Shazam yang akan kita lihat nanti di filmnya adalah versi dari New 52. Foto tersebut memperlihatkan Shazam dan Freddy di depan sebuah mini market dengan jendela yang pecah. Keduanya terlihat sedang meminum minuman kaleng bersoda. Adegan ini diambil atau diadaptasi langsung dari halaman cerita masa lalu Shazam, yang hadir dalam peluncuran kembali Justice Leage New 52. Dimulai dari Justice League #7 dan ditutup di Justice League #21.

Dalam cerita ulang ini, Billy adalah seorang pembuat onar yang menjauh dari saudara angkatnya ketika saudara Billy berusaha untuk menjadi temannya. Tetapi, sang penyihir Mamaragan tidak mempunyai waktu banyak setelah dilepaskannya Black adam, dan melihat Billy memiliki potensi menjadi orang baik, sang penyihir tersebut memberikannya kemampuan untuk merubahnya menjadi seorang superhero dewasa ketika dia mengucapkan kalimat mantra, “Shazam!”

First look yang sudah kita lihat merupakan penampilan perdana Billy sebagai Shazam! dan setelah bertemu dengan Freddy, dan menjelaskan kekuatannya, kedua anak tersebut memutuskan mencoba kekuatannya dengan melakukan vandalisme terhadap sebuah mobil. Selain itu dia juga memungut bayaran kepada wanita yang dia selamatkan dari perampokan dan mencuri dari mesin ATM. Ya, awal pengalaman superhero Billy memang bukan benar-benar mencerminkan seorang pahlawan.

Billy dan Freddy kemudian pergi ke sebuah mini market membeli beberapa kaleng bir dengan uang curian. Di saat yang tak tepat, ia melihat toko tersebut sedang dalam kondisi dirampok, kemudian mereka mencoba untuk mengagalkan aksi perampokan tersebut dan berhasil menghentikan para perampok itu. Sebagai bentuk terima kasih (dan juga permintaan dari Billy) pemilik mini market tersebut memberikan mereka semua junk food yang bisa mereka bawa. Dan dalam foto di first look kita bisa melihat hal tersebut. Selain itu, menurut dari plot sinopsis film ini, sisanya akan memiliki kesamaan cerita dari New 52 Shazam.

“dalam film ini, Billy dikirim ke sebuah rumah singgah dimana dia berteman dengan Freddy yang merupakan seorang penggemar buku komik . suatu hari, kereta bawah tanah Billy diganggu oleh seorang penyihir misterius yang sudah berabad-abad mencari penerus yang tepat untuk mewariskan kekuatannya. Dia mengungkapkan Billy sudah dipilih untuk mendapatkan kekuatannya, yang hanya perlu Billy lakukan adalah mengucapkan “SHAZAM!”

Selain adegan di depan sebuah mini market, adegan lain yang diambil dari cerita asli New 52 adalah ketika Shazam sedang berada di sebuah Mall dengan dekorasi natal. Hal ini kita lihat dari foto bocoran beberapa waktu kemarin. Adegan tersebut merupakan pertarungan pertama Shazam dengan Black Adam. Tapi, tentu saja Black Adam tidak akan muncul dalam adegan tersebut. Karena, Warner Bros. sepertinya menyimpannya  untuk film solo Black Adam nanti. Sebagai gantinya, di adegan ini Shazam akan melawan Dr. Sivana yang diperankan oleh Mark Strong.

Fakta bahwa film ini mengadaptasi secara hampir sepenuhnya dari komik, rasanya keduanya bisa sangat menyatu. Dengan memperlihatkan Billy yang menjadi seorang anak yang bermasalah, kemudian menyalahgunakan kekuatannya akan memiliki kisah yang kuat untuk karakter Shazam. Grazer juga merupakan cast yang tepat untuk memerankan Freddy Freeman, yang bisa memberikan sedikit sentuhan komedi dan juga reaksi yang lucu terhadap situasi yang konyol.

Meskipun beberapa fans sangat skeptis terhadap proyek film ini, tapi Shazam! memiliki potensi untuk menjadi salah satu film terkuat yang dimiliki oleh DC Extended Universe yang pernah dirilis sampai saat ini. kita nantikan saja ya Geeks aksi dari Zachary Levi pada 5 April tahun depan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.