Perhelatan POP CULTURE berskala internasional, POPCON Asia akan kembali diselenggarakan pada 22-23 September mendatang di ICE, BSD, Tangerang. Dengan skala yang lebih besar, acara ini akan menjadi tempat yang spesial bagi para Cosplayer dan Costume Maker dari dalam dan luar negeri.

Karena berbeda dari tahun sebelumnya, POPCON Asia 2018 menghadirkan lebih banyak kategori, tentunya dengan hadiah yang lebih banyak.

Acara Cosplay di Indonesia, khususnya Jabodetabek saat ini sudah semakin berkembang. Hampir setiap minggu kita bisa lihat ada acara cosplay di mal, kampus, dan event-event lainnya. Kualitas kostum mereka juga terus meningkat.

Sebagai bagian dari kegiatan Pop Culture, POPCON Asia mendukung mereka untuk terus berkarya, serta memaksimalkan skill dan performa mereka. Dengan kategori dan hadiah yang lebih banyak, “POPCON Cosplay Challenge” ini diharapkan menjadi tempat berkumpulnya anak muda kreatif yang jago perform dan membuat kostum.

 

Tahun ini POPCON Asia menyediakan kategori Armor dan Non-Armor, dengan total hadiah masing-masing kategori @Rp.9.000.000,-. Kategori lainnya adalah Karakter Lokal dan Pembuat Kostum (Costume Maker). Untuk kedua kategori ini, POPCON bekerjasama dengan Bumi Langit. Yakni melombakan 15 karakter pahlawan super dari komik Bumi Langit untuk kategori Cosplay dan Costume Maker.

Kategori Costume Maker ini adalah kategori baru yang baru pertama kali dilombakan di Indonesia. Kategori ini menjadi pilihan tepat bagi para pembuat kostum yang selama ini masih malu-malu atau tidak berbakat perform, tapi kostum-kostumnya sudah banyak digunakan oleh para cosplayer lain.

“Bumi Langit punya banyak sekali karakter yang ingin diperkenalkan kepada publik selain penggemar komik, khususnya yang bergenre aksi dan super hero. Dan POPCON Asia merupakan ajang yang tepat. Kami juga memberikan kesempatan pada costume maker, yang selama ini sudah banyak terlihat karyanya, tapi masih belum terekspos, untuk bisa tampil, dan bangga dengan karya-karya mereka. Karena kami juga akan memberikan kesempatan pada kostum-kostum ini untuk tampil di film layar lebar,” terang Yenny Wangsawidjaja, Managing Director POPCON Inc.

Sama halnya seperti Marvel dan DC Comics dari Amerika, Bumi Langit juga mulai merintis kehadiran karakter-karakter pahlawan super mereka ke layar lebar. Diantaranya adalah “Gundala” yang disutradarai oleh Joko Anwar. Ajang ini tentunya bisa menghubungkan para costume maker ke industri hiburan yang lebih besar.

Seluruh kategori “POPCON Cosplay Challenge” ini sudah dibuka mulai 11 Juni 2018 dan akan ditutup pendaftarannya pada 15 Agustus 2018. Selanjutnya akan dipilih 5 finalis dari masing-masing kategori, diumumkan pada 7 September, dan aksinya bisa kita saksikan aksinya di panggung POPCON Asia 2018 pada 23 September 2018.

Bagi kamu yang ingin mendaftar, bisa langsung masuk ke https://challenge.popconinc.com/

Semua ketentuan dan persyaratan, termasuk daftar karakter dan referensi kostum dari Bumi Langit yang dilombakan, bisa dilihat di sana.

Ayo tunjukkan karya terbaikmu dan jadi pemenang!