Penulis sekaligus sutradara film Avatar 2, James Cameron berbicara mengenai beberapa hal tentang filmnya saat diwawancarai oleh CineEurope, dia mengungkapkan kesan pertamanya mengenai sekuel Avatar ini bahwa film ini “ melebihi ekspetasinya”. Sebelumnya, Avatar 2, adalah salah satu dari empat sekuel yang direncanakan setelah film pertamanya pada Avatar 2009. Film pertama terus menjadi film terlaris sepanjang masa di dunia dengan $ 2,78 miliar dalam penjualan tiket. Plus, ia meraih sembilan nominasi Oscar , termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik , dan memenangkan piala untuk Sinematografi Terbaik, Art Direction Terbaik, dan Efek Visual Terbaik.

Cameron membutuhkan waktu hampir sembilan tahun setelah rilis Avatar yang pertama untuk akhirnya memulai produksi pada sekuel film ini pada bulan September 2017 lalu geeks, dia mengaku memiliki waktu istirahat yang panjang dalam pembuatan sekuel film ini. Dalam istirahatnya yang lama itu, Dia telah mengembangkan teknologi untuk meningkatkan kualitas efek visual yang lebih baik dibandingkan Avatar yang pertama. Kabarnya, Cameron  juga memperluas latar aksi dari sekuel ini, dia akan menambahkan latar film ini ke lautan bahkan sampai planet yang jauh.

Saat memperkenalkan video feed Cameron pada sekuel Avatar dalam acara pameran CineEurope di Barcelona, ​​Spanyol, mitra produksi Cameron, Jon Landau, mengatakan bahwa Cameron memiliki waktu 130 hari dalam produksi pengambilan gambar sekuel Avatar ini. Deadline melaporkan sutradara pemenang Oscar ini melakukan presentasi di mana ia mengatakan bahwa air dan lautan akan memainkan bagian yang besar dari sekuel film ini, Sekuel Avatar ini juga akan membawa penonton ke bagian atau tempat dari Pandora yang belum pernah ada sebelumnya.

Memang kualitas sutradara yang satu ini tidak perlu diragukan lagi ya geeks, pastinya jika bagi Cameron saja Avatar 2 di luar ekspektasinya, maka bagi kita mungkin Avatar 2 akan menjadi sesuatu yang benar-benar luar biasa. Jangn lupa, Cameron juga sukses ketika tahun 1997 merilis film Titanic dan mendapatkan $ 2,1 miliar di box office global dan memenangkan 11 Oscar, termasuk Best Picture and Best Director. Kemudian, ia melakukan hal yang tampaknya mustahil dengan melengkapi rekor box office domestik dan global yang dibuat oleh Titanic dengan Avatar 12 tahun kemudian.

Tentu saja kalian semua geeks yang akan menilai apakah Avatar 2 ini akan sesuai harapan tinggi Cameron saat film ini dirilis atau malah sebaliknya, well kita tunggu saja ya! karena film ini baru akan rilis pada tahun 2020 mendatang. Sedangkan Avatar 3 akan rilis pada 2021, serta sekuel keempat dan kelimanya yang telah direncanakan rilis pada 2024 dan 2025.