“Go Down Swinging” dengan salah satu pertarungan paling menegangkan yang pernah dilakukan Spider-Man melawan musuh bebuyutannya yaitu Green Goblin. Setelah Norman Osborn terkena symbiote Carnage dan mengetahui Peter Parker sebagai Spider-Man sehingga dia memaksa Spidey untuk bertikai dengan kehidupannya sendiri dan orang-orang yang dicintai.

Sungguh masuk akal mengingat sudah lebih dari 50 tahun pasangan ini menjadi salah satu persaingan paling ikonik dalam komik superhero, bahkan melebihi persaingan antara Batman dan The Joker. Tidak ada musuh yang sangat merusak kehidupan Peter selain Green Goblin. Maka dari itu artikel ini akan membahas tentang pertarungan terbaik Spider-Man vs Green Goblin.

 


Bring Back My Goblin To Me


Image result for Bring Back My Goblin To Me 1000px

Ini bukan penampilan pertama Green Goblin dalam komik Spider-Man, namun penggambaran luar biasa dari Steve Ditko seakan mengangkat karakter Goblin sangat berbahaya .Penampilan Goblin membuat dirinnya memiliki tempat di hati para fans, tidak seperti Crime-Master yang kemudian berlalu begitu saja.

 


How Green Was My Goblin


Best Spider-Man Green Goblin Fights - Unmasked

Pada event ini, Green Goblin mulai menjadi musuh bebuyutan dari Spider-Man. Setelah kepergian Steve Ditko, Stan Lee memutuskan identitas Goblin adalah Norman Osborn, ayah dari sahabat Peter Parker. Hal lain yang begitu menyebalkan bagi spidey adalah Goblin merupakan musuh yang sangat berbahaya, sehingga Goblin harus dia musnahkan sebelum memulai kekacauan lainnya. Disini juga diceritakan bahwa Norman Osborn mengalami Amnesia yang mengakibatkan dia lupa tentang jati dirinya sebagai Green Goblin, tetapi hanya tinggal masalah waktu sajalah sebelum ingatannya kembali.

 


In The Grip Of Goblin


Image result for In The Grip Of Goblin

Ketika penerbit memilih untuk menunjukan Harry Osborn sebagai seorang pemakai narkoba, hal ini menjadi sebuah masalah bagi Marvel Comic dengan Comics Code Authority. Mereka juga membawa karakter Green Goblin yang diperankan Norman Osborn menjadi lebih baik. Perasaanya juga terpecah antara perasaan pribadi untuk putranya dan perasaan jahat akibat Goblin Serum. Karena itu Peter Parker harus menyelamatkan Ayah temannya dan tentu menjadi sebuah kesalahan terbesar yang pernah ia lakukan.

 


Goblin Nation


Image result for Goblin Nation

Akhir dari Superior Spider-Man menjelaskan bahwa setidaknya ada satu penjahat yang hanya bisa ditangani oleh Peter Parker sebagai Spider-Man. Bahkan Doctor Octopus bukan tandingan Norman Osborn. Dia begitu licik dan memperjelas bahwa persaingan antara Green Goblin dengan Spider-Man seakan tidak dapat digantikan oleh penjahat lainnya.

 


Death Of Spider-Man


Image result for Ultimate Spider-Man (vol. 1) #156-160

Saat diumumkan bahwa versi terakhir dari Peter Parker akan mati, fans tidak ragu untu menyalahkan Green Goblin sebagai biang keladinya. Di pertarungan terakhir mereka, Spider-Man dan Green Goblin memiliki pertarungan dalam berbagai bentuk yang dimiliki oleh karakter masing masing. Pertarungan ini merupakan salah satu kemenangan terbesar Spider-Man karena ia mampu mengalahkan musuh yang jauh lebih hebat untuk menyelamatkan orang orang yang paling ia cinta. Sungguh berbeda dengan “The Night Gwen Stacy”, karena disini kematian Spider-Man menjadi sesuatu yang dapat fans banggakan.

 


New Ways To Die


Image result for Amazing Spider-Man (vol. 1) #568-573 new ways to die

Ketika Norman Osborn hidup kembali, dia menjadi terkenal kemudian mengambil kendali atas keamanan nasional dan memimpin tim-tim penjahat. Cerita terbaik yang dimana Green Goblin mulai menggunakan berbagai macam strategi untuk mengancam Spider-Man. Spider-Man pun harus melawan kejeniusan Osborn yang dikombinasikan dengan kekuatan dan daya tahan tubuh Green Goblin sehingga dia harus berjuang mati matian untuk mengalahkannya.

 


A Death In The Family


Image result for Peter Parker, Spider-Man (vol. 2) #44-47

Sebagian besar komik yang menceritakan tentang kebangkitan Norman Osborn dari kematian, bukan sesuatu yang patut disyukuri. Namun cerita ini memiliki kisah yang sangat tenang sampai dua tragedi menjadi masalah dari Green Goblin dan Spider-Man untuk kembali bertikai sebagai musuh abadi.


The Child Within


Image result for Spectacular Spider-Man (vol. 1) child within

Permasalahan bermula ketika Harry Osborn mendapati peninggalan ayahnya yaitu Green Gobli yang telah merennggut kehidupannya. Selain menjadi kisah Spider-Man yang memilukan karena harus melawan sahabatnya sendiri. Tetapi juga menjadi salah satu kisah superhero terbaik. Saat Harry tidak bisa melepaskan diri dari apa yang telah dilakukan oleh ayahnya, ia harus membagi antara meneruskan keinginan ayahnya untuk membunuh sahabatnya atau membiarkan sahabatnya hidup. Sungguh sebuah pilihan tersulit yang harus dijalani oleh Harry Osborn.

 


The Night Gwen Stacy Died


Image result for The Night Gwen Stacy Died

Sebuah momen dimana Green Goblin begitu kejam dan jahat bagi Spider-Man. Sebuah kisah terbaik yang telah diangkat ke layar lebar sehingga membuat banyak penonton merasakan kesedihan yang dialami Peter. Dia harus melihat orang yang dicintai harus mati tentu menjadi hal tragis dan membuatnya kehilangan semangat hidup.

 

Spider-Man dan Green Goblin adalah musuh abadi. Rivalitas tinggi yang mmebuat mereka terus menerus bertarung dengan berbagai macam sebab. Apalagi Green Goblin yang gemar menganggu kehidupan pribadi Spider-Man. Namun kisah pertarung mereka berdua adalah salah satu pertarungan yang seru dan kisah ikonik dari semua seri komik Spider-Man.