Superman dari DC dikenal sebagai superhero yang super kuat, karena Clark Kent diyakini memiliki kekuatan yang kumplit. Superman bisa terbang dengan cepat, kekuatan yang super, mampu menjelajahi waktu, serta disegani baik kawan ataupun lawan. Popularitas superhero yang satu ini pun begitu tinggi, hingga membuat banyak pihak yang berusaha untuk menjiplaknya. Tidak terkecuali Marvel.

DC dan Marvel memang kerap memiliki superhero yang punya kemiripan. Sebut saja Plastic Man dengan Mister Fantastic, Green Arrow dan Hawk Eye, ataupun Aquaman dengan Namor. Nah, secara khusus, Marvel ternyata memiliki segudang superhero yang bisa dibilang kekuatannya seperti rip-off dari Superman. Biar lebih jelasnya, berikut adalah 16 superhero Marvel yang punya kekuatan over power mirip seperti Superman. Check this out, Geeks!

 


Thor


Putra dari Odin ini menjadi cikal bakal kehadiran superhero over power yang diharapkan bisa menyaingi popularitas Superman. Bahkan, Stan Lee pernah menyebutkan Thor sebagai Superman. Namun, dengan kekuatan lebih besar, mengingat dia juga dipersenjatai dengan palu sakti yang bisa mengeluarkan kekuatan petir.


Sentry


Sentry boleh dibilang sebagai versi dark hero dari Superman. Karakter yang memiliki nama asli Robert Reynolds ini mendapatkan kemampuan super setelah meminum formula eksperimen super soldier. Berbeda dengan Superman yang tampil dengan kostum merah biru, Sentry hadir dengan kostum berwarna kuning, membuat banyak pencinta komik Marvel menyebutnya sebagai versi emas emas dari Superman milik Marvel.


Wonder Man


Wonder Man pertama kalimuncul dalam The Avengers #8. Karakter yang dikenal sebagai anggota awal dari Avengers ini memperoleh kekuatannya karena eksperimen yang dilakukan oleh Baron Zemo. Dari percobaan tersebut, superhero yang bernama asli Simon Williams ini menjadi makhluk menyimpan energi ionic dalam tubuhnya.

Keberadaan energi ionic itu membuat Wonder Man punya kemampuan yang tak kalah dibandingkan dengan Thor. Dia mampu terbang, punya indera yang tajam, memiliki daya tahan tubuh yang tinggi, punya mata yang bisa bersinar merah, dan yang tidak kalah menarik, merupakan sosok immortal.


Hyperion


Superheri over power selanjutnya dari Marvel adalah Hyperion yang menjadi anggota Squadron Supreme dan Avengers. Superhero yang satu ini kerap disebut sebagai salah satu sosok terkuat di Marvel Multiverse. Pada awal kemunculannya, Hyperion adalah sosok villain yang ingin menantang Thor. Namun, pada akhirnya, dia menjadi sosok pelindung bumi.

Marvel mengungkapkan beragam versi dari Hyperion yang datang dari dunia paralel. Namun, semuanya memiliki kemampuan super, seperti heat vision, terbang, serta super human strengh. Satu lagi yang membuat karakter ini sangat mirip dengan Superman, dia bisa bertambah kuat ketika tubuhnya terpapar radiasi matahari.


Blue Marvel


Adam Brashear, sosok di balik superhero Blue Marvel menjadi karakter mirip Superman selanjutnya dari Marvel. Hanya saja, Adam bukanlah sosok alien, tapi manusia bumi yang memperoleh kekuatan super setelah terkena radiasi horizon dari Negative Zone.

Secara penampilan, kostum yang dipakai oleh Blue Marvel sangat mirip dengan Superman. Dia juga punya kekuatan besar, disebutkan sebagai ancaman Alpha-Level yang mampu menghancurkan seisi planet dengan muda. Dengan kekuatannya itu, dia bisa mengalahkan Sentry serta Ultimate Hulk dengan sekali pukul.


Captain Marvel


Captain Marvel sudah lama disebut-sebut sebagai jiplakan dari Superman. Apalagi, Mar-Vell yang dikenal sebagai Captain Marvel original, merupakan militia dari bangsa Kree. Karena sikapnya yang beralih menjadi pelindung planet bumi, bangsa Kree menganggapnya sebagai penghianat.

Captain Marvel jugapunya kemiripan dengan Superman pada penggunaan kostumnya yang memakai kombinasi warna biru dan merah. Hanya saja, kisah perjuangan Mar-Vell berakhir tragis karena meninggal karena penyakit kanker. Meski, pada akhirnya, kekuatan itu diwariskannya kepada generasi Captain Marvel berikutnya, tak lain adalah Carol Danvers.


Marvel Man


Marvel Man alias Michael Moran merupakan superhero yang diperkenalkan pertama kali pada awal tahun 1950-an. Keberadaannya dimaksudkan sebagai pengganti dari Captain Marvel, setelah Fawcett Comics memutuskan untuk berhenti merilis komik superhero. Kekuatannya pun tidak kalah dibandingkan Captain Marvel, dilengkapi energy blast, energy absorption, super strengh, telepati, kemampuan terbang, dan lain-lain.


Captain Universe


Hal yang unik bisa dilihat dari superhero bernama Captain Universe dari Marvel. Karakter ini bukan sosok manusia ataupun makhluk dari planet lain, melainkan manifestasi fisik dari Uni-Power yang berasal dari Enigma Force. Keberadaan Captain Universe merupakan representasi dari entitas kosmik Eternity.

Sebagai manifestasi fisik dari Uni-Power, kekuatan dari Captain Universe tak perlu diragukan. Kekuatan fisiknya jauh lebih kuat dibandingkan Hulk. Dia juga bisa memanipulasi sekaligus memproyeksikan energi. Belum lagi, ada kemampuan super healing, telekinesis, time travel, serta terbang. Komplet,dah.


Gladiator


Gladiator dikenal sebagai Imperial Guard dari Shi’ar Empire dan merupakan anggota dari spesies Strontian. Spesies ini dikenal sebagai salah satu ras terkuat dalam Marvel Multiverse. Menariknya, Gladiator ini punya alter-ego bernama Kallark, yang entah sengaja atau tidak, memiliki kemiripan dengan nama bumi dari Kal-El, yakni Clark Kent.

Makhluk Strontian ini memiliki kemampuan terbang mengelilingi galaksi dalam hitungan detik. Dia juga bisa menghancurkan planet cukup dengna satu pukulan. Tak cukup itu saja, Gladiator dilengkapi dengan kemampuan heat vision, dan tidak seperti Superman, Gladiator tak punya kelemahan. So, kalau head-to-head dengan Superman, bisa ketahuan deh siapa yang menang.


Ethan Edwards


Ethan Edwards muncul pertama kali dalam komik Marvel Knights Spider-Man #13 yang kemudian memperoleh julukan Virtue dan juga dikenal sebagai anak dari ilmuwan Skrull. Ethan memiliki kemiripan origin dengan Superman. Planet para Skrull didatangi oleh Galactus yang ingin memakannya, dan orang tua Ethan memutuskan untuk mengirimkan Ethan ke bumi sebagai sleeper agent.

Ketika sampai di bumi, Ethan dibesarkan di kawasan pertanian di Iowa. Setelah tumbuh besar, Ethan pindah ke New York City dan bekerja sebagai seorang reporter di harian The Daily Bugle. Alih-alih menjadi super villain seperti keinginan ayah kandungnya, Ethan tumbuh menjadi superhero. Apalagi, dia ditunjang dengan kekuatan mirip Superman.


Sun God


Sun God lahir di universe lain dan dikenal sebagai salah satu sosok terkuat di sana. Dengan kemampuan supernya itu, dia bisa mengalahkan Hulk cukup dengan dua kali pukulan. Dia juga bisa menghadapi sekelompok superhero seperti Black Panther, Doctor Strange, Mr. Fantastic, Beast, Black Bolt, Namor, serta Hulk. Hanya saja, dia tidak memiliki napas es seperti yang dijumpai pada Superman.


Wundarr the Aquarian


Wundarr mungkin jadi karakter yang kurang begitu familier di telingamu. Namun, jangan meragukan kekuatan dari superhero yang satu ini. Wundarr dikenal sebagai seorang pacifist dengan kekuatan yang besar. Menariknya, dia memiliki profil yang mirip dengan Superman.

Ayah kandung Wundarr, seperti halnya Superman, juga seorang ilmuwan menemukan kalau planetnya bakal mengalami kehancuran. Seperti yang menimpa Superman, Wundarr dikirim ke bumi agar terhindar dari bencana tersebut. Agak lucunya sih, planet asal Wundarr bernama Dakkam dan penduduknya disebut Dakkamites. Nah, dalam DC Universe, Daxxam merupakan planet tempat tinggal Daxamites yang tak lain adalah spesies keturunan krytonian.


Superior


Diciptakan oleh penulis Mark Millar, Superior menjadi karakter superhero mirip Superman berikutnya dari Marvel. Tidak hanya dari segi kemampuannya. Superior juga memiliki kemiripan kostum dengan Clark Kent. Dia mampu bergerak lincah, kuat, cepat, mengeluarkan hawa dingin dari mulut, serta terbang. Benar-benar over power deh.

Marvel juga berulang kali memperlihatkan kemampuan Superior dalam menyelamatkan nyawa manusia dengan cara yang hampir mirip dilakukan Superman. Dia pernah menghentikan satelit yang akan bertabrakan. Pernah pula mencegah bencana nuklir. Bahkan, pernah pula menggeret kapal selam sampai ke pantai.


Count Nefaria


Count Nefaria sejatinya bukan superhero, melainkan supervillain. Namun, kemampuan over power yang dimiliki oleh karakter ini jelas-jelas rip-off dari Superman. Tengok saja, dia memiliki kemampuan terbang, superhuman strenght, stamina tinggi, daya tahan tubuh yang super, optic blast, dan yang tidak kalah keren, umur panjang serta kemampuan menyembuhkan diri dalam waktu cepat.


Omega The Unknown


Omega The Unknown menjadi karakter superhero yang secara rutin dirilis oleh Marvel pada tahun 1970-an. Kamu bisa mendapati komik cerita Omega The Unknown sebanyak 10 seri. Dalam cerita ini dikisahkan kalau Omega merupakan mechanoid yang diciptakan dengan kecanggihan bio-engineer dari penduduk planet Protaris.

Menjadi manusia buatan, Omega punya kemampuan super human yang membuatnya tidak kalah kalau dibandingkan dengan Superman. Dia juga punya sedikit kemampuan psycho kinetik, kemampuan mengeluarkan energi psionic, serta telah mempelajari ilmu beladiri dari warrior yang berasal dari planet Srenesk.


Captain Power


Terakhir, Captain Power yang boleh dibilang merupakan superhero yang unik dari Marvel. Captain Power pertama kali muncul dalam The Amazing Spider-Man #9. Nah, ada hal unik terkait superhero yang satu ini. Nama aslinya adalah Christina Carr, seorang cewek yang lumpuh. Namun, dia bisa berubah menjadi Captain Power yang notabene adalah laki-laki dengan kemampuan super.

Captain Power diperlihatkan memiliki kemampuan terbang secepat kilat. Kekuatannya juga tidak kalah kalau dibandingkan dengan Superman. Apalagi, Captain Power juga punya kemampuan untuk menembakkan sinar laser yang berkekuatan besar secara langsung dari mata serta tangannya.

Geeks, itulah 16 Superhero ‘Over Power’ Marvel yang kekuatannya bisa disetarakan dengan Superman di DC Comics. Jadi, manakah karakter favorit kamu? Atau kamu punya karakter lain selain ke-enam belas hero tadi? Beri pendapat kamu dibawah ini ya Geeks.