Ms.Marvel atau Khamala Khan adalah seorang superhero perempuan dari Marvel Comics. Ms.Marvel adalah superhero wanita pertama yang beragama Islam dengan kebangsaan Pakistan – Amerika. Perlu kamu ketahui, pada awalnya Ms.Marvel adalah Carol Danvers namun Carol menjadi Captain Marvel dan sosok Ms. Marvel digantikan oleh Khamala Khan. Sedangkan Khamala Khan sendiri muncul pertama kali pada komik Captain Marvel #14 yang terbit pada bulan Agustus 2013 sebelum melakukan debut solo komiknya pada Februari 2014.

Nah, belum lama ini Kevin Feige (President of Marvel Studio) mengkonfirmasi bahwa suatu saat Ms. Marvel akan diperkenalkan di MCU, sehingga kita akan disajikan dengan aksi heroik dari superhero wanita beragama Islam ini. Lalu, Siapa sih Khamala Khan? Bagaimana origin story-nya sebagai Ms. Marvel? Yuk, simak ulasannya dibawah ini Geeks!

 


Superhero Muslim Pertama Di Komik Marvel


Sana Amnat, sebagai kreator memiliki keinginan untuk membuat karakter yang memiliki realita seperti yang terjadi di Amerika, salah satu realita tersebut adalah penyebaran penduduk muslim. Maka karakter ini dibuat untuk menjelajahi penyebaran penduduk Muslim di Amerika. Konsep dari Khamala Khan sebagai seorang Muslim berasal dari sebuah percakapan antara Sana Amanat dan Stephen Wrecker. Sana bercerita tentang kehidupannya yang tumbuh sebagai Muslim Amerika, dan Wrecker berujar bahwa hal itu sungguh menarik.

Namun tenang saja, walau Ms.Marvel beragama Islam dan memiliki sudut pandang Muslim bukan berarti cerita yang diusung bertemakan islami. Melainkan sebuah cerita aksi hebat yang membuat kalian tidak bosan. Islam hanya sebagai identitasnya bukan tema keseluruhan. Bahkan komik pertama Ms.Marvel berhasil memenangkan penghargaan Hugo Award untuk Best Graphic Story tahun 2015 dan mendapatkan pujian dari Presiden Barack Obama tahun 2016 karena gambaran positif tentang Islam di Amerika. Sebuah penghargaan yang luar biasa bukan?


Penggemar Berat Captain Marvel


Sebelum menjadi Ms. Marvel , Khamala Khan sangat mengidolakan sosok Carol Danvers yang merupakan Captain Marvel. Khamala mengetahui seluruh informasi tentang Captain Marvel dari berbagai media yang ia baca. Captain Marvel adalah sosok ideal bagi Khamala. Dia kuat, cantik dan berbeda dari perempuan lain. Khamala adalah penggemar berat Captain Marvel, sehingga saat dia mendapatkan kekuatan. Ia langsung menamai dirinya sebagai Ms. Marvel dan menggantikan posisi Ms. Marvel yang dulu digunakan oleh Carol Danvers.

Pernah suatu ketika saat Ms. Marvel berusaha untuk menyelamatkan New Jersey dari kehancuran dunia, dia mendapatkan bantuan tak terduga  dari sang idola yaitu Captain Marvel sehingga menimbulkan duet yang cukup unik mengingat Captain Marvel adalah panutan Ms. Marvel.


Memiliki Kekuatan Morphogenetic


Khamala adalah salah satu dari sekian karakter yang diketahui memiliki sel Inhuman dikarenakan dia adalah keturunan dari Inhuman. Dimana Inhuman adalah hasil percobaan genetika yang dilakukan Bangsa Kree, bangsa yang juga menyebabkan Captain Marvel memiliki genetik seperti bangsa Kree.

Kekuatan dari Ms. Marvel adalah Morphogenetic sehingga dia dapat memanjangkan anggota tubuhnya seperti karet. Kekuatan tersebut mirip dengan kekuatan Mr. Fantastic dan Monkey D Luffy serta Khamala dapat memperbesar anggota tubuhnya. Selain kekuatan tersebut, Ms. Marvel juga dapat menyembuhkan dirinya sendiri secara cepat dengan konsekuensi tenaganya terkuras.


Asal Mula Kekuatan Ms.Marvel


Suatu malam Khamala keluar rumah secara diam-diam untuk menghadiri pesta Jersey Waterfront, ia merasa perlu kesana agar tidak diasingkan oleh teman temannya mengingat dia terlihat aneh dan kutu buku sehingga tidak memiliki banyak teman. Sayangnya, kehadiran Khamala tidak disambut baik oleh teman temannya. Melainkan ia dibully habis habisan. Tak tahan dibully oleh teman temannya, dia pulang ke rumah sambil menangis. Saat perjalanan pulang ada sebuah bencana di kota yaitu kabut yang disebabkan oleh Black Bolt. Khamala pingsan dikarenakan paparan radiasi kabut.

Saat terbangun, ia merasakan perubahan drastis pada tubuhnya. Ia menjadi berani dan dapat mengehentikan pencuri saat mengunjungi rekannya. Tangannya memanjang dan bisa mengenggam pencuri tersebut hanya menggunakan satu tangan dengan mudah. Sejak itulah dia sadar bahwa dirinya telah berubah dan memiliki kekuatan.


Salah Satu Anggota Avengers


Image result for ms marvel kamala khan avenger

Penampilan pertama Ms. Marvel bersama dengan Avengers adalah saat dia bergabung dengan Iron Man,Thor,Vision dalam cerita “Secret Wars” setelahnya pada Maret 2015, Marvel mengumumkan bawa Khan akan bergabung dengan Avenger di “All- New, All – Different Avengers” yang ditulis oleh Mark Waid dan mengambil latar setelah “Secret Wars”.

Ms. Marvel adalah superhero termuda menggeser posisi Peter Parker sebagai sosok superhero paling muda di MCU. Setelah cerita “Civil Wars II” Ms.Marvel memutuskan untu keluar dan membangun tim superhero sendiri yang berisikan anak muda bernama The Champions.

Itulah beberapa ulasan tentang Ms. Marvel yang perlu kamu ketahui. Jika Ms. Marvel bergabung di MCU, siapa kira-kira aktris yang pantas memerankan superhero ini ya Geeks? Beri pendapat dan masukan kamu dibawah ini ya.